Lompat ke konten

Tempat Camping di Pangalengan Pilihan Wisata Alam Terbaik

Tempat Camping di Pangalengan Pilihan Wisata Alam Terbaik

Tempat Camping di Pangalengan – Bagi warga Bandung dan sekitarnya, sudah tidak asing bila mendengar kata Pangalengan. Tempat ini adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan ini jaraknya 51 KM dari Kota Bandung dan 23 KM dari Soreang, Ibukota Kabupaten Bandung.

Secara umum Pangalengan terletak pada ketinggian 1.000-1.400 meter di atas permukaan laut. Itu sebabnya kawasan ini berhawa sejuk, rata-rata 19 derajat Celsius.

Pangalengan terkenal dengan berbagai objek wisata yang layak dikunjungi karena hawanya yang sejuk tersebut, berupa wisata alam dan wisata sejarah. Sejak zaman Belanda, kawasan ini dikembangkan menjadi perkebunan teh-kopi-kina, sehingga ada jejak-jejak rumah pengawas perkebunan dan makam Bosscha di sana. Perkebunan peninggalan Belanda pun sudah beralih ke PTPN, perkebunan milik Pemerintah Indonesia.

Wisata alam yang sering dikunjungi adalah danau, sungai, dan kebun teh, yang mulai dikembangkan menjadi tempat-tempat camping populer. Ada beberapa danau-danau kecil di Pangalengan ini yang sekarang ini mulai dieksplor oleh penggemar wisata alam.

peta kawasan pangalengan
kiri: situ cileunca, kanan: situ cipanunjang

Objek wisata alam yang terkenal di Pangalengan antara lain Situ Cileunca, perkebunan teh, kolam pemandian air panas Cibolang, dan peternakan susu sapi.
Berikut adalah tempat-tempat camping cukup populer di Pangalengan, Kabupaten Bandung. Beberapa camping ground tersebut dilengkapi dengan fasilitas umum yang memudahkan bagi wisatawan pemula.

Taman Langit Pangalengan 360

taman langit 360
taman langit pangalengan 360, sumber: website taman langit pangalengan

Bernama “Taman Langit Pangalengan 360” dibangun dan dikelola oleh PT. Taman Langit Jaya Wisata dapat diakses jalan umum melalui Perkebunan Cukul bekerjasama dengan PT. Gunung Slamet.
Aktivitas yang bisa kalian lakukan di sini adalah wisata panorama (photo spot) dan area perkemahan (camping ground).

Taman seluas 1 hektar dan terletak di atas 1670 mdpl menyajikan panorama membentang 360 derajat, sehingga bisa menikmati pemandangan ke 3 wilayah sekaligus. Ke arah Timur ke kota Pangalengan, Situ Cileunca, dan Gugusan Gunung Wayang.

Ke arah Selatan ke Perbukitan Perkebunan Cukul, Pegunungan Garut Selatan, dan sayup-sayup horison Samudera Hindia di Laut Selatan.
Sedangkan ke Utara, sebagian kota Bandung dan Pegunungan Bandung Utara. Lalu ke arah Barat ke Gugusan Pegunungan Ciwidey dan Cianjur Selatan untuk menikmati sunset.

Fasilitas Camping Ground yang disediakan di sini ada beberapa pilihan, yaitu Camping Medium, Private Camping, dan Sunrise Camping.

Kalian tidak perlu membawa peralatan camping, karena semua pilihan sudah menyediakan tenda, sleeping bag, hingga kompor, dan kayu bakar untuk suasana api unggun di malam hari.

Lokasi: Kp. Puncak Mulya, Jl. Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Bandung Regency, West Java 40378.

Situ Cileunca

tempat camping situ cileunca
tempat camping situ cileunca, sumber: goodnewsfromindonesia

Danau dalam bahasa Sunda disebut Situ, setidaknya 6 objek wisata danau di Pengalengan Bandung ini yakni Situ Cileunca, Situ Cipanunjang, Situ Gede Pengalengan, Situ Cicoledas, Situ Kanceuh dan juga Situ Cukul. Populer dan terlihat di peta adalah Situ Cileunca dan Situ Cipanunjang.

Asal muasal Situ Cileunca merupakan danau buatan peninggalan zaman Hindia Belanda tepatnya pada sekitar tahun 1919-1926. Sebelum dibangun menjadi danau buatan, wilayah tersebut milik seorang Belanda bernama Willem Hermanus Hoogland.

Danau ini merupakan sumber pasokan air bersih dan berfungsi juga sebagai pembangkit listrik. Sekarang ini lebih populer sebagai objek wisata alam di Bandung Selatan.

Tempat camping di Pangalengan, dekat Situ Cileunca kalian bisa mendirikan tenda di tempat ini. Situ Cileunca memang menyediakan fasilitas camping yang menghadirkan pemandangan sangat menakjubkan, terutama di pagi hari di mana kabut masih sangat terlihat.

Pengunjung hanya perlu membayar untuk menyewa dan dapat menikmati fasilitas lainnya, seperti mountain biking, outbound, arung jeram, dan panahan.

Lokasi: Jalan Situ Cileunca, Danau Pangalengan, Wanasari, Bandung Selatan, Jawa Barat.

Nusa Manona, Situ Cipanunjang, Pangalengan

tempat camping nusa manona
tempat camping nusa manona, sumber: jajandolan

Situ Cipanunjang merupakan danau buatan juga yang mempunyai ketinggiannya + 100 meter lebih tinggi dari Situ Cileunca. Bahkan air dari Situ Cileunca adalah aliran dari Situ Cipanunjang.
Bentuk Situ Cileunca dan Situ Cipanunjang mirip, seperti amuba yang bentuknya tak beraturan. Rupanya mengikuti lekuk-lekuk perbukitan dan lembah sehingga tampak alami. Kedua danau ini memang saling berdekatan.

Nusa Manona sendiri di peta merupakan semenanjung kecil di Situ Cileunca, yang kondisinya sekarang menjadi sebuah pulau kecil di tengah danau.

Karena tempatnya yang terpencil dan dikelilingi air, maka untuk mencapai ke sana harus memakai perahu.

Objek wisata tersembunyi ini tidak terlalu luas, sehingga untuk camping di sana dibatasi jumlahnya. Sama halnya camping ground masa kini, pengunjung tak perlu repot-repot membawa tenda dan perlengkapan kemah, karena sudah tersedia paket-paket pilihan camping. Termasuk biaya pergi-pulang dari tepi danau ke Nusa Manona.

Fasilitas umum di sini hanya berupa toilet dan kamar mandi umum serta warung kecil.

Lokasi: Bagi kalian yang dari Bandung untuk rutenya bisa lewat Soreang/ Banjaran, kemudian ambil arah ke Pangalengan sampai di Bunderan Pangalengan ambil arah Situ Cileunca dan belok ke Desa Pulosari. Jalan terus sampai ke SMP 4 Pangalengan, dari situ kalian sudah dekat tinggal ikuti jalan dan arah petunjuk. Kemudian kalian tiba di area Parkiran Nusa Manona.

Hutan Pinus Rahong, Pangalengan

wisata kampung singkur
tempat camping wisata kampung singkur, sumber: kampung singkur.com

Hutan Pinus Rahong Pangalengan dikenal juga Wisata Rahong merupakan destinasi bernuansa alam di Bandung. Ada enam klaster lokasinya berdekatan satu sama lain, yaitu:

  • Hutan Pinus Rahong
  • Datar Pinus
  • Wisata Alam Singkur
  • Wisata Kampung Singkur
  • Bukit Rahong
  • Jembatan Cirahong

Masing-masing klaster wisata alam ini menawarkan daya tarik tersendiri, mulai dari keindahan hutan pinus, area tempat camping di Pangalengan, kegiatan outbound hingga arung jeram.

Ketika memasuki area ini, pengunjung akan menemukan lahan kosong di antara pohon pinus yang bisa digunakan untuk berkemah, lengkap dengan tempat menyalakan api unggun.

Terdapat aliran air sungai yang cukup jernih dan masih di kompleks Hutan Pinus Rajong. Sungai ini biasa digunakan untuk kegiatan arung jeram atau rafting. Pengelola juga menyediakan fasilitas dan peralatan untuk mendukung kegiatan tersebut.

Lokasi: Kawasan wisata hutan pinus ini berada di Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.

Pineus Tilu Riverside Camping Ground

tempat wisata tepi sungai
tempat wisata pineus tilu riverside, sumber: ig pineustilu

Salah satu destinasi wisata baru yang menarik untuk dikunjungi di Pangalengan adalah Pineus Tilu Riverside Camping. Seperti namanya, tempat ini menawarkan pengalaman berkemah di tengah hutan belantara yang merupakan kawasan Hutan Pinus Rahong. Area ini dikelilingi oleh pepohonan pinus dan berlokasi di tepi Sungai Palayangan yang memesona.

Camping Ground Pineus Tilu ini menawarkan perkemahan yang cukup unik dengan pemandangan yang cantik berada di sebelah sungai. Aliran Sungai ini berasal dari Danau Situ Cielunca. Debit airnya yang dapat diatur dari pintu danau, sehingga volume derasnya relatif stabil.

Banyak kegiatan menarik lain, seperti memancing, barbekyu, berkumpul sambil menikmati keindahan alam.

Kemah di tepi Sungai Palayangan akan memberikan pengalaman yang luar biasa. Udara dingin dan pemandangan indah memang tak ada tandingannya. Meskipun berada di pinggir sungai, sudah dijamin sangat aman untuk camping di Pinus Tilu Camp Ground.

Pineus Tilu Camp Ground hanya menyediakan sembilan tenda dengan masing-masing tenda yang hanya bisa diisi oleh maksimal empat orang. Pengunjung yang menyewa tenda juga sudah mendapatkan perlengkapan camping yang lengkap, seperti kasur, matras, stop kontak, dan lainnya.

Lokasi: RG9V+6X9, Pulosari, Kec. Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40378.

Berwisata alam merupakan pengalaman tak terlupakan yang bisa kalian lakukan bersama teman atau keluarga. Serunya hampir semua kawasan tempat camping di Pangalengan, Kabupaten Bandung ini sudah menyiapkan fasilitas lengkap untuk berkemah. Mulai dari tenda hingga sleeping bag sudah tersedia, jadi kalian tinggal booking saja dan konfirmasi jumlah peserta.

Hal ini perlu disampaikan sejak awal, karena ada beberapa kawasan yang jumlah tenda terbatas dan daya tampung per tenda yang tidak besar.

Semoga bermanfaat.

10 tanggapan pada “Tempat Camping di Pangalengan Pilihan Wisata Alam Terbaik”

  1. Banyak pilihan tempat untuk camping ya kak. Bahkan ada yang enggak perlu repot bawa peralatan macam tenda dkk. Udah ada di sana, tapi yang terpenting adalah kita siapkan uang, hehe.

  2. Bagus sekali tempatnya. Bisa banget jadi pilihan di libur minggu ini yang cukup panjang. Pemandangan alamnya bagusnya kebangetan, ya Allah. Apalagi bisa pilih menginap sesuai kemampuan. Lengkap.

  3. Wah ternyata ada banyak tempat pilihan buat camping dan pemandangannya bagus semua. Tapi yang paling bikin saya penasaran adalah wisata pineus tilu riverside, pasti punya sensasi tersendiri deh soalnya campingnya dipinggir sungai hehe. Kalau punya kesempatan saya pengen camping disana…

  4. Bingung banget milih yang mana dari kelima pilihan wisata camping di Pangalengan. Semuanya keren kak Hani. Saya memang berencana membawa anak buat camping di alam bebas seperti di gunung maupun tepi sungai seperti kelima list tersebut. Udaranya sejuk banget dan pastinya mengingat kebesaran Tuhan yang Maha Kuasa.

  5. Wah bagus banget tempatnya ini. Rasanya pengen langsung angkut tenda ke sana deh, pengen camping juga. Paling asyik pastinya kalau rame-rame ke sananya. Healing healing ceria

  6. Wah bagus banget lokasinya, keren lo itu apalagi di pinggir sungai, Pineus Tilu, teranyata areanya berdekatan ya, jadi pilihannya banyk mau mencari yang seperti apa, bebas pilih

  7. Wah, jadi pengen pergi camping juga. Suasana alamnya Masya Allah… Bisa menikmati sejuknya udara pegunungan plus wisata air juga. Dan gak perlu repot bawa perkap ya. Tinggal pilih lokasi dan berangkaaat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status