Lompat ke konten

Info Biaya Daycare Jakarta Selatan & Tips Memilih Daycare

Bagi orang tua yang bekerja seharian, daycare menjadi solusi untuk menitipkan anak. Terlebih bila tidak ada kerabat yang dapat membantu menjaga si kecil atau enggan mempekerjakan pengasuh. Apabila teman-teman tinggal di daerah Jakarta Selatan dan membutuhkan jasa daycare, perhatikan dulu beberapa hal sebelum menjatuhkan pilihan. Selain fasilitas dan tenaga pengasuh profesional, pertimbangan lainnya adalah biaya daycare Jakarta Selatan. Pastikan menyediakan bujet yang cukup tatkala berniat menitipkan anak di daycare. Sebelum membahas kisaran biaya daycare Jakarta Selatan secara umum, ketahui terlebih dahulu tips dalam memilih daycare yang tepat.

Tips Memilih Daycare Profesional

Orang tua tentu senantiasa mengupayakan dan memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Tidak sedikit orang tua, terutama ibu yang harus bekerja untuk menambah penghasilan keluarga dan mengembangkan karier di masyarakat. Seringkali ibu harus meninggalkan buah hati untuk bekerja di luar rumah. Salah satu pilihan orang tua pekerja yang tidak mau menggunakan jasa baby sitter ialah dengan menitipkan si kecil ke daycare. Namun, orang tua tetap harus melakukan beberapa hal sebelum akhirnya memilih daycare bagi buah hati. Inilah beberapa di antaranya.

Lakukan Riset

Bagi orang tua yang baru pertama kali menggunakan layanan daycare, tentu harus mencari informasi sebanyak mungkin tentang jasa penitipan anak yang dekat dengan daerah tempat tinggal. Pemilihan lokasi daycare juga bisa dipertimbangkan yang dekat dengan kantor orang tua. Ada juga daycare yang memang disiapkan oleh perusahaan atau tempat kerja orang tua. Lakukan riset dengan bertanya kepada teman atau kerabat yang pernah memakai daycare. Kita juga bisa melakukan riset secara online. Perhatikan review dari pengguna jasa daycare, selanjutnya barulah kita datang untuk melihat serta memastikan kondisi tempat penitipan anak secara langsung.

Pastikan Lingkungan Sehat dan Aman

Ketika berkunjung ke daycare, perhatikan lingkungannya. Cek ruangan, ranjang bayi, hingga kondisi kamar mandinya. Daycare ada yang menyiapkan makan ada juga yang tidak. Daycare yang tidak memyediakan makan atau catering, maka orang tua wajib membawakan makan sehat dari rumah. Tidak ada salahnya meninjau kebersihan dapur atau ruang makan bersama. Tanyakan pula kebijakan dari daycare terkait kondisi darurat, imunisasi, penggantian popok, hingga penanganan anak yang sakit.

Memiliki Kontak Aktif

Kendati sedang bekerja, di sela waktu istirahat kadang orang tua ingin mengetahui keadaan si kecil yang dititipkan di daycare. Bagi orang tua yang menitipkan anak yang masih harus diberi ASI, maka waktu istirahat bisa digunakan untuk menyusui. Pastikan tempat penitipan anak mempunyai kontak yang selalu aktif. Bahkan kini ada pula daycare dengan fasilitas CCTV yang bisa diakses orang tua kapan saja. Mengenal pengasuh yang diberi tanggungjawab juga bisa dilakukan, sehingga orang tua bisa kontak langsung untuk memantau.

Pemahaman Parenting yang Sama

Pastikan daycare mempunyai pemahaman parenting yang sama dengan orang tua. Jangan sampai anak merasa kebingungan mau mengikuti aturan di rumah atau daycare dikarenakan perbedaan peraturan keduanya. Orang tua juga bisa menyampaikan gagasan atau mendiskusikan hal ini ketika hendak memilih daycare.

Hal-hal yang berkaitan dengan agama bisa juga jadi pertimbangan bila menitipkan anak balita. Misalnya mengajarkan tentang doa-doa sehari-hari bagi Muslim.

Kualitas Pengasuh

Daycare profesional pasti akan memberikan pelatihan kepada para pengasuhnya sehingga semua tenaga mempunyai keterampilan serta pengetahuan yang sama dalam menangani anak-anak. Di awal menitipkan anak pada daycare, lakukan survei secara langsung dan perhatikan bagaimana pengasuh berinteraksi dengan anak-anak.

Orang tua juga perlu tahu tanggungjawab setiap pengasuh terhadap jumlah anak yang diasuh. Daycare yang baik satu pengasuh mengawasi 3-4 anak saja, supaya diasuh dengan baik.

Ketahui Kisaran Biaya Daycare Jakarta Selatan Profesional

Menitipkan anak di daycare tentu membutuhkan bujet tambahan. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui kisaran biaya daycare Jakarta Selatan sehingga dapat menyiapkan pos khusus guna memakai layanan daycare.

Lantas berapa kisaran biaya daycare Jakarta Selatan saat ini? Umumnya, biaya daycare dipatok mulai Rp300.000,00 sampai dengan Rp400.000,00 per harinya. Akan tetapi, ada pula yang memberikan pilihan tarif mingguan dan bulanan. Rata-rata tarif mingguan daycare di ibukota mulai dari Rp1.500.000,00 dan tarif bulanannya berkisar Rp2.500.000,00. Biaya ini tergantung  pada usia anak serta fasilitas yang ditawarkan. Perlu diketahui bahwa biaya daycare Jakarta Selatan yang tercantum tidak dapat menjadi patokan karena dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijakan daycare masing-masing.

Beberapa Daycare di Jakarta Selatan

Berikut adalah beberapa daycare yang lokasinya di Jakarta Selatan

Casa Dinda Daycare

Daycare ini terletak di jalan Cisanggiri 3 no 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, jam bukan dari pukul 07:00-18:00. Biaya bulanan adalah Rp 5.700.000,- belum termasul annual fee Rp 3.750.000,-. Daycare ini bisa menjadi pertimbangan karena ada ruang gym dan anak-anak mendapatkan stimulasi untuk merangsang tumbuh kembangnya.

My Tootsie Bar

Daycare ini terletak Bellagio Boutique Mall, Setiabudi, Jakarta Selatan, buka pukul 07:30-18:00, hari Senin sampai Jumat. Biaya daycare antara Rp300.000,- per hari hingga tiga jutaan per bulan. Fasilitasnya setiap anak satu tempat tidur dan mendapat 3X makan per hari dengan gizi seimbang sesuai usia.

Kelebihan daycare ini menawarkan stimulasi dengan metode Montesorri bagi anak-anak yang dititipkan di sana. Dengan demikian walaupun setengah hari anak beraktivitas di daycare tetap terpantau tumbuh kembangnya.

Daycare Paradise Baby

Daycare ini terletak di lantai dasar Apartmen Palm Court Lobby Tower 2, jalan Gatot Subroto kav 25-26, Jakarta Selatan, jam buka pukul 07:30-18:00. Biaya penitipan mulai dari Rp300.000,- per hari hingga Rp 3.500.000,- per bulan.

Daycare ini dilengkapi dengan kolam renang dan playground serta anak-anak mendapat jatah makan 3X sehari. Dilengkapi pula dengan CCTV sehingga orang tua dapat mengontrol langsung.

Penutup

Demikian tips memilih daycare yang tepat dan kisaran biaya daycare Jakarta Selatan yang harus diketahui orang tua. Pemilihan daycare sering menjadi pilihan terbaik bagi ibu yang telah habis masa cuti melahirkan. Orang tua pun akan mempunyai persiapan lebih matang terutama yang berhubungan dengan bujet untuk menyewa jasa daycare. Walaupun demikian penitipan di daycare harus disikapi sebagai rumah sementara, karena usia penitipan biasanya hanya sejak 6 bulan hingga 6 tahun. Anak yang lebih besar tentunya harus disiapkan dan diatur lagi pengawasan di rumah.

Semoga bermanfaat.

1 tanggapan pada “Info Biaya Daycare Jakarta Selatan & Tips Memilih Daycare”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status