Lompat ke konten

Paket Wisata Manado 5D/4N Wisata Lengkap Sulawesi Utara 

  • oleh

Paket Wisata Manado ada bermacam-macam pilihan sehingga teman-teman bisa puas menikmati obyek wisata di utara pulau Sulawesi ini.

Manado adalah ibukota provinsi Sulawesi Utara, terletak di Teluk Manado dan dikelilingi oleh daerah pegunungan serta pesisir pantainya merupakan tanah reklamasi yang dijadikan kawasan perbelanjaan. Karakter morfologi kotanya yang unik membuat kota Manado sebagian berupa kawasan perbukitan.

Paket Wisata Manado dan Sekitarnya

Banyak versi tentang asal usul nama kota Manado, ada yang berdasarkan penamaan sebuah pulau karang, ada pula menurut legenda berasal dari “Wanua Wenang” sebutan penduduk asli Minahasa.

Sedangkan keberadaan kota Manado dimulai dari adanya besluit Gubernur Jenderal Hindia Belanda tanggal 1 Juli 1919. Dari ketetapan tersebut Manado kemudian menjadi kota dengan sistem pemerintahan gemeente sampai tak lama sesudah kemerdekaan Republik Indonesia. Sekarang kota Manado dibawah kepemimpinan Walikota yang memiliki 11 kecamatan dan 87 kelurahan serta desa.

Wisata Kota Manado

Luas kota Manado seluas 15.726 hektare dan juga merupakan kota pantai yang memiliki garis pantai sepanjang 18,7 kilometer. Adanya jejak bahwa kota Manado pernah di bawah pemerintahan kolonial Hindia Belanda menyisakan beberapa bangunan lama bergaya arsitektur kolonial. Oleh sebab itu bisa menambah peluang kriteria wisata di kota Manado.

Berikut beberapa obyek wisata kota Manado yang bisa kalian jelajahi:

  • Eks Benteng Amsterdam
  • Eks Karesidenan
  • Eks Kantor Gubernur
  • Kampung Belanda
  • Kampung Arab
  • Kampung Cina
  • Klenteng Ban Hing Kiong
  • Patung Yesus Kristus

Wisata Oleh-oleh ke pusat produksi dan penjualan makanan serta ole-ole khas manado seperti klapertart, bua pala manis, bagea, kaos, handycraft serta souvenir lainnya

Wisata Kuliner, misalnya: bubur Manado, Mie Cakalang, Es kacang merah, pisang goreng pake sambal

Wisata Pulau Bunaken

Paket wisata Manado tak lengkap bila tak mengunjungi pulau Bunaken dan taman lautnya yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken.

Pulau Bunaken sendiri adalah pulau seluas 8,08 km² terletak di utara pulau Sulawesi dan merupakan bagian dari kota Manado. Bila ingin berwisata ke sana hanya membutuhkan perjalanan selama 30 menit dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan.

Keindahan Taman Nasional Bunaken dengan biota bawah lautnya menjadi tujuan wisata andalan dengan kekayaan biodiversitas salah satu tertinggi di dunia. Kita dapat menikmati keindahan bawah laut melalui snorkeling, diving, atau hanya naik perahu hop to hop dari pulau ke pulau.

Ada beberapa pulau lain di Taman Nasional Bunaken ini, yaitu: Pulau Manado Tua (Manarauw), Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen.

Wisata Sejarah

Tak banyak yang tahu bahwa wisata ke Manado dan sekitarnya juga kaya akan obyek sejarah. Paket wisata Manado tak hanya menikmati keindahan alam, pantai, dan bawah laut. Ada jejak peninggalan purbakala berupa hamparan batu megalitik, yang menurut dugaan sudah ada sejak 1.500 SM. Komplek ini bernama Komplek Waruga Sawangan terletak 50 meter dari jalan raya yang menghubungkan Desa Sawangan dengan Desa Airmadidi Bawah atau 200 meter dari jalan raya poros kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Airmadidi dengan ibukota kabupaten.

Waruga atau bisa disebut juga dengan makam leluhur merupakan salah satu peninggalan kebudayaan Indonesia yang termasuk dalam Cagar Budaya.

Tour Itinerary 5D4N Menikmati Paket Wisata Manado

Ada beberapa paket wisata Manado yang bisa kita pilih mulai dari paket 3D2N, 4D3N, dan 5D4N. Berikut perkiraan susunan acara paket 5D4N atau 5 day 4 night, yang artinya wisata selama 5 hari dan menginap 4 malam.

Day 1 – Transfer In – Manado City Tour (L/D)

Peserta akan dijemput di Bandara Sam Ratulangi sesuai dengan jam tiba pesawat. Kemudian peserta akan mengikuti Manado City Tour.
Pertama mengunjungi Kampung China, Bumi Beringin, Kantor Gubernur Manado, Amaze Tower di Citraland yang merupakan patung kedua tertinggi di Dunia dan kawasan reklamasi pantai (kawasan ribuan pengusaha) di Boulevard.
Selanjutnya check in di hotel pilihan.
Makan malam di local restaurant dan kembali ke hotel untuk beristirahat

Day 2 – Minahasa Highland Tour (B/L/D)

Setelah sarapan di hotel peserta akan dijemput dan mengikuti Minahasa Highland Tour dengan mengunjungi desa Tinoor untuk menikmati pemadangan dari atas bukit ke arah kota Manado, Pulau Siladen, Pulau Bunaken dan sekitarnya.
Kota sejuk Tomohon, Pagoda Tower, Pasar Tradisional Tomohon, , dan Danau Tondano. Pelayanan makan siang, disediakan di local restaurant tepi Danau Tondano. Selesai makan siang, peserta akan diajak untuk menuju Bukit Kasih atau di sebut juga “Hill Of Love”, dimana di atas bukit di bangun 5 tempat ibadah yang melambangkan Kerukunan antar umat beragama di Sulawesi Utara, melewati lokasi kerajinan gerabah asli daerah Minahasa di desa Pulutan.
Lalu menuju lokasi tempat berbelanja kacang garing dan bakpao asli Manado di desa Kawangkoan (optional ), Danau Sulfur Linow dan sebelum kembali ke Manado mampir di lokasi tempat pembuatan rumah adat Minahasa di Desa Woloan.
Kembali ke hotel dan makan malam dilokal restaurant. Free program.

Day 3 – Bunaken Sightseeing Tour (B/L/D)

Setelah makan pagi di hotel, persiapan perjalanan wisata anda menuju pulau Bunaken, dan setibanya di sana langsung menggunakan glass bottom boat untuk melihat keindahan alam pesona ikan dan karang yang berwarna-warni.
Bagi peserta yang ingin berenang dan snorkeling tentu saja ditawarkan waktu untuk berenang atau tour snorkeling dengan perlengkapan sewa atau membawa sendiri.
Pelayanan makan siang disediakan di lokal restaurant.
Sore hari peserta kembali ke Manado untuk Shoping atau Kuliner Tour (optional). Makan malam akan disajikan di lokal restoran. Selesai makan kembali ke hotel dan acara bebas.

Day 4 – Waruga Sawangan – Animal Safary  (B/L/D)

Waruga, Desa Sawangan, Minahasa
Waruga (Kuburan), sumber: KeMenDikBud

Setelah makan pagi peserta dijemput menuju Waruga, sebuah situs purbakala berupa kuburan batu kuno era megalitik di Desa Sawangan Minahasa Utara.
Lalu mengunjungi Taman Safari Naemundung, dimana kita akan melihat dari dekat satwa khas Sulawesi Utara (Tarsius Spektrum/kera terkecil di dunia dengan beratnya hanya 250 gram, panjang 15 cm, babi rusa dan burung2 khas sulawesi lainya.  
Pelayanan makan siang disediakan di lokal restaurant.
Sore hari kembali ke manado dan menikmati camilan pisang goreng dengan sambal dabu-dabu khas Manado (optional) sambil menunggu sunset di tepi pantai Malalayang. 
Kembali ke hotel dan makan malam dilokal restaurant. Free program.

Day 5 – Shopping – Transfer Out (B)

Setelah makan pagi di hotel peserta chek out hotel dan melanjutkan dengan acara shopping dan makan siang dengan menu Bubur Manado sebelum diantar menuju airport untuk perjalanan selanjutnya. Tour selesai.

Penutup

Berwisata merupakan cara untuk melepaskan kejenuhan setelah rutin bekerja atau sekolah. Indonesia yang sangat luas masing-masing daerah sedang mengembangkan potensi pariwisatanya, baik itu wisata alam, kuliner, kerajinan, sejarah, religi, dan lain-lain. Bahkan profesi yang menunjang pariwisata pun turut berkembang.
Apalagi pemerintah Indonesia memang sedang menggalakkan pariwisata sebagai sumber devisa negara.
Nah, di tengah suasana pandemi yang mulai mereda, sudah siap kan memesan paket wisata Manado?
Jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan ya, rajin cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, dan tentu saja jangan membuang sampah sembarangan.

Semoga bermanfaat.

Sumber:
https://www.1001malam.com/tour/manado-21/manado-explore-5d4n-tour-package-313

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status