Lompat ke konten

Paket Wisata Bintan 3 Hari Puas Jelajah Objek Wisata Pulau Bintan

  • oleh
Paket Wisata Bintan 3 Hari Puas JelajObjek Wisata Pulau Bintan

Paket wisata Bintan 3 hari bisa menjadi pilihan bagi teman-teman yang ingin jelajah kepulauan Riau. Bintan sendiri merupakan sebuah pulau seluas 110 ribu hektar ini merupakan pulau terbesar di antara ribuan pulau-pulau kecil di provinsi Kepulauan Riau. Bila akan berkunjung ke Bintan bisa melalui jalur udara ke Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah di kota Tanjungpinang. Atau melalui jalur laut naik kapal laut atau fery di pelabuhan Tanjungpinang atau Tanjunguban.
Pulau Bintan posisinya sangat dekat dengan Singapura dan Johor Baru, Malaysia, itu sebabnya di utara Bintan dikembangkan Pelabuhan Lagoi sebagai jalur penyeberangan feri langsung ke Singapura. Bahkan ada pula jadwal kapal pesiar yang melayani perjalanan Bintan-Singapura-Penang.

Objek Wisata Pulau Bintan

Di Pulau ini memiliki tiga Pemerintahan, Pemerintah Kota Tanjungpinang yang terletak di Senggarang, Pemerintah Kabupaten Bintan terletak di Bandar Seri Bintan, serta Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau di Pulau Dompak (Tanjungpinang).

Teman-teman yang memilih paket wisata Bintan 3 hari bisa mengunjungi objek wisata meliputi wisata alam, wisata sejarah, wisata buatan, atau wisata kuliner.

Pantai Trikora

Pulau Bintan dikelilingi lautan yang panjang pantainya mencapai 728 kilometer. Pantai yang terkenal tak jauh dari kota Tanjungpinang, adalah pantai Trikora yang berpasir putih.
Sepanjang perjalanan kira-kira 45 km dari kota Tanjungpinang, berjajar kampung nelayan, dan fasilitas wisata lainnya. Ada hotel resort hingga pondok-pondok kayu untuk menginap.
Nama pantai Trikora konon berasal singkatan Tri Komando Rakyat, dari zaman Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno yang basis pertahanan wilayah terluar Indonesia. Waktu itu ada isue Ganyang Malaysia mewarnai hubungan Indonesia-Malaysia yang kurang baik.

Pulau Penyengat

Pernah dengan Gurindam Duabelas karangan Raja Ali Haji. Di pulau Penyengat inilah kita bisa mengenal informasi lebih banyak tentang budaya Melayu dan peninggalan sejarah Kerajaan Riau-Lingga di pulau itu.
Wisata sejarah dan budaya yang ada di pulau Penyengat adalah Masjid Raya Masjid Sultan Riau yang sudah dijadikan situs cagar budaya oleh pemerintah Republik Indonesia.
Selain itu bisa juga mengunjungi Balai Adat Melayu yang merupakan replika rumah adat Melayu.
Agar terasa lebih akrab dengan Pulau Penyengat, kita tidak akan langsung pulang ke Tanjung Pinang melainkan mengendarai sepeda motor terlebih dahulu untuk mengelilingi pulau.

Treasure Bay Bintan

Tempat wisata bernama Crystal Lagoon di Chill Cove, Treasure Bay Bintan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau merupakan kawasan wisata terpadu di Lagoi. Letaknya di utara pulau Bintan, berdekatan dengan pelabuhan Lagoi, salah satu akses masuk pulau Bintan dari Singapura dan Malaysia.
Treasure Bay Bintan merupakan laguna buatan yang luasnya mencapai 6.3 hektar dan dinobatkan sebagai kolam terbesar di Asia Tenggara. Bentuknya dibuat sealami mungkin dilengkapi pula dengan bagian tepi menyerupai pesisir pantai dan semakin ke tengah semakin dalam.

Di kawasan Lagoi Resort terdapat beberapa sarana rekreasi dan olahraga, misalnya Bintan Golf Club, Bintan International Circuit, Bukit Teletubbies, dan Public Lagoi Beach.

Taman Safari Lagoi Bintan

Berada di sebuah kawasan wisata bertaraf internasional di Bintan Utara, kebun binatang ini bernama Safari Lagoi and Eco Farm. Lokasinya hanya 10 menit perjalanan dari kawasan Legoi Resort. Di Taman Safari merupakan area wisata yang cocok untuk keluarga, berwisata alam sambil belajar. Harga tiket masuk Safari Lagoi and Eco Farm adalah Rp40 ribu/orang.

Wisata Danau Biru-Bukit Pasir Busung-Hutan Mangrove

Danau Biru merupakan tempat wisata yang terletak di Bintan, danau ini terbentuk akibat proses penambangan pasir yang meninggalkan sebuah lubang besar. Danau ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Bintan. Sekarang dimanfaatkan oleh penduduk sekitar menjadi objek wisata yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, perahu kano untuk menjelajah danau, dan spot berfoto.
Karena dasar danau tidak diketahui kedalamannya dan pasir yang membentuk lumpur, maka dilarang keras untuk berenang di danau ini.

Tak perlu jauh-jauh ke Timur Tengah, karena ada juga gurun pasir di Bintan yang dikenal bernama Bukit Pasir Busung. Gurun pasir ini hanya menawarkan wisata instagramable, terletak di Desa Busung, Kecamatan Tanjunguban, masih satu kawasan dengan Danau Biru.

Sebagai pilihan liburan lainnya paket wisata Bintan 3 hari adalah mengikuti Mangrove Tour. Tour ini masih termasuk tour bahari yang akan membawa wisatawan melihat keindahan lautan dari atas kapal tradisional. Tidak lupa ditemani pula oleh kecantikan 100 kunang-kunang.

Itinerary Paket Wisata Bintan 3 Hari

Berikut adalah ancer-ancer itinerary paket wisata Bintan 3 hari yang bisa kalian rencanakan bersama teman atau keluarga. Kalian bisa mengatur perjalanan sendiri, dengan menyewa mobil untuk transportasi. Atau melalui agen perjalanan wisata sehingga tinggal duduk manis saja.

Hari 1: Pulau Penyengat- Tanjung Pinang Tour (L/D)

Setibanya di Tanjung Pinang dari perjalanan udara atau laut, agen perjalanan akan menjemput untuk mengenal lebih dekat kota Tanjung Pinang dan check-in ke hotel. Agar merasa lebih rileks, sebelum ke Pulau Penyengat kita mampir sebentar di pusat perbelanjaan dan pasar tradisional.

Dari pasar, akan menaiki kapal nelayan menuju Pulau Penyengat. Perjalanan ini sangat singkat, bahkan tidak memakan waktu setengah jam kita sudah sampai di Pulau Penyengat.

Puas mengeliling Pulau Penyengat, kembali ke Tanjung piang mampir mengunjungi Kwam Im Tempel, Wisata Patung 1000 Wajah dan juga menikmati matahari tenggelam di tepi laut.

Usai menikmati semua fasilitas liburan di atas, akan kembali ke hotel, makan malam di restoran setempat dan acara bebas menikmati kota Tanjungpinang di waktu malam.

Hari 2: Tanjung Pinang- Lagoi Resort- Taman Safari-Tanjung Pinang (B/L/D)

Usai sarapan, langsung menuju Legoi Resort, menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam dari kota Tanjungpinang.

Ada banyak keindahan dan fasilitas yang bisa kita gunakan di Treasure Bay Lagoi, di antaranya adalah shotover Canyon swing, sport waterpark, kayak, bungee jumping dan masih banyak lagi.
Sebelum berakhir ke Treasure Bay Lagoi, menikmati juga wisata belanja singkat di Lagoi Mall.

Puas dari kawasan resort, kita akan berkunjung ke Gumuk Pasir, Taman Safari juga Danau Biru, atau lanjut mengikuti Mangrove Tour. Dari Mangrove Tour, kita kembali ke Tanjung Pinang untuk menginap di hotel pilihan.

Hari 3: Check Out Hotel- Ferry Terminal Transfer (B)

Sarapan di hotel sambil menunggu untuk diantar ke pelabuhan udara atau pelabuhan laut untuk keberangkatan ke tujuan berikutnya. Bisa memilih untuk naik kapal ferry atau menggunakan pesawat terbang.

Pilihan Akomodasi Paket Wisata Bintan 3 Hari

Tentu saja akibat berkembangnya pariwisata di pulau Bintan tersedia juga fasilitas akomodasi dengan berbagai bintang.
Untuk kalian yang merencanakan kedatangan dan kepulangan melalui Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah atau pelabuhan laut di kota Tanjungpinang, maka lebih bijak memilih hotel di kota saja.
Tersedia berbagai hotel berbintang CK Tanjungpinang Hotel & Convention Center, Aston Tanjung Pinang Hotel & Conference Center, dan Nite & Day Laguna Bintan

Tapi bila kalian cukup waktu bisa menginap di resort-resort di kawasan Lagoi, misalnya Bintan Lagoon Resort, Grand Lagoi Hotel, Lagoi Bay Villas, atau Mayang Sari Beach Resort.

Penutup

Nah, teman-teman itulah kira-kira paket wisata Bintan 3 hari yang bisa mulai kalian booking untuk berwisata bersama keluarga atau teman.
Setelah pandemi berkepanjangan selama lebih dari dua tahun, sepertinya geliat pariwisata mulai bangkit kembali. Silakan kalian rencanakan pemesanan tiket perjalanan, akomodasi, itinerary dengan seksama. Bisa juga menyusun rencana keuangan untuk menabung secara kelompok.
Jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan tidak membuang sampah sembarangan.

Semoga bermanfaat.

Sumber:
https://www.tempatwisata.pro/wisata/Danau-Biru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status