Lompat ke konten

Furniture Kantor Lengkap Tunjang Produktivitas Karyawan

Furniture Kantor Lengkap Tunjang Produktivitas Karyawan

Furniture Kantor Lengkap – Pandemi sudah dinyatakan sebagai endemi. Kita yang tiga tahun terakhir ini bekerja dari rumah, maka beberapa kantor sudah mewajibkan untuk offline lagi. Artinya pegawai ASN maupun pegawai swasta harus bekerja seperti bisa di kantor.

Waktu yang dihabiskan untuk bekerja di kantor 8 sampai 9 jam setiap harinya. Mulai dari Senin sampai Jumat atau ada yang Senin sampai Sabtu. Kenyamanan menjadi faktor penting bagi pekerja untuk menjaga produktivitas. Rasa nyaman bisa didapatkan dari furniture kantor lengkap yang disediakan.

denah kantor minimalis
denah kantor minimalis, sumber: pinterest

Ada berbagai cara untuk meningkatkan produktivitas kerja dari seorang karyawan. Membuat tampilan ruang kerja menjadi tempat yang nyaman untuk ditempati adalah salah satunya. Aneka furniture kantor yang wajib ada sebagai penunjang produktivitas antara lain:

Meja Kantor

Tempat meletakkan barang-barang yang akan digunakan dalam bekerja. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan meja kantor, dari segi bentuk, ukuran, bahan dan harga. Pilih meja kantor yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Ada perusahaan yang memilih meja kantor berbahan kayu untuk memberikan kesan elegant pada meja karyawannya. Ada juga yang memilih meja berbahan besi yang memiliki aroma kuat dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak pilihan meja kantor yang bisa dipilih, beberapa perusahaan furniture menawarkan desain meja kantor minimalis yang memiliki berbagai pilihan brand, terbuat dari bahan terbaik yang berkualitas. Semua brand memiliki desain yang maksimal untuk memenuhi standar meja kantor. Sebagai pertimbangan bisa langsung melihat katalog produk yang ada.

Penting diperhatikan sebelum membeli meja kantor adalah, ergonomi, artinya enak dipakai kerja. Posisi kita bila duduk di kursi dan menggunakan meja tersebut cukup nyaman. Perhatikan pula permukaan meja harus rata dan bersih.

Bila pekerja juga menggunakan komputer, maka sangat perlu diperhatikan sudut pandang pengguna. Jangan sampai letak komputer terlalu rendah atau terlalu tinggi, sehingga membuat karyawan cepat lelah dan mengalami frozen shoulder.

furniture kantor lengkap
furniture kantor lengkap, sumber: rupacita

Kursi Kantor

Sama halnya meja kantor, kursi kantor menjadi satu paket dengan mejanya. Ada perusahaan furniture yang menjualnya dalam satu paket, ada pula yang lepasan, hanya menjual kursi-kursi saja. Karena kursi dipakai duduk selama berjam-jam, faktor ergonomi juga memegang peranan penting.

Kursi kantor harus mempunyai sandaran punggung yang nyaman, tidak harus mempunyai roda di bagian bawah. Bila memilih kursi hidrolik, perhatikan kualitas hidroliknya.

Beberapa kursi kantor yang saya jumpai, hidroliknya mati, sehingga kursi ada di posisi paling bawah, tidak bisa disetel sesuai dengan posisi duduk pemakainya. Kezel sih kalau mendapatkan kursi kantor seperti ini. Boro-boro produktif kan…

Ada beberapa pekerjaan di kantor yang juga menerima tamu sehingga diperlukan juga kursi-kursi di depan meja karyawan. Seperti halnya customer service di bank. Untuk ini tentunya kursi yang disiapkan berbeda dengan kursi karyawan. Tetapi tetap harus nyaman, bukan berupa stool atau bangku baso.

Lemari Arsip Dokumen

Furniture kantor selanjutnya yang harus ada adalah lemari arsip. Lemari arsip berfungsi untuk tempat penyimpanan dokumen penting perusahaan. Dengan adanya lemari arsip akan membuat kantor menjadi lebih tertata rapi. Pemilihan lemari arsip juga yang mengedepankan fungsi karena dipakai sebagai tempat penyimpanan maka membutuhkan bahan yang tidak mudah rusak  dan tahan lama.

Satu lemari arsip bisa dipakai untuk satu kantor. Pilih ukuran lemari arsip yang sesuai dengan kebutuhan. Di pasaran lemari arsip dijual dengan berbagai model. Tips memilih lemari arsip yaitu pilih yang bahan pembuatnya berupa baja supaya tidak mudah lapuk, tidak karatan. aman dari kebakaran, dan tidak mudah dihancurkan.  

Sekarang ini dengan sistem digitalisasi di kantor, banyak kantor yang memutuskan menyimpan arsip digital di cloud. Sehingga lemari arsip untuk dokumen semakin ringkas, hanya perlu untuk arsip cetak yang perlu-perlu saja.

Lemari arsip ini ada yang memang berupa lemari dua pintu atau laci-laci dokumen.

Partisi atau Penyekat Meja

Desain interior kantor masa kini lebih memilih dengan desain open plan, artinya bukan dibatasi dinding dan pintu seperti zaman dulu. Kantor dengan ukuran yang luas dan memiliki banyak karyawan perlu menggunakan partisi atau penyekat meja untuk pembatas antar meja karyawan.

Adanya pembatas supaya karyawan menjadi lebih fokus dalam bekerja tapi masih mudah untuk saling berkoordinasi. Selain nilai fungsionalnya dengan adanya partisi furniture kantor juga bisa menjadi elemen interior yang menarik di kantor.

Di zaman sekarang jenis partisi yang umum dipakai berbentuk rendah sehingga antar karyawan satu dan yang lain bisa saling terlihat. Hal ini untuk menghilangkan kesan bilik-bilik kantor yang membosankan.   Pastikan masing-masing meja karyawan terhubung dengan colokan listrik untuk mempermudah jika perlu mengisi daya laptop atau Smartphone.

Jam Dinding

Sebuah kantor harus punya jam dinding, paling tidak ada satu di setiap gedung. Adanya jam dinding sebagai penanda waktu supaya karyawan bisa menyelesaikan tugasnya dengan tepat waktu. Pilih jam dinding yang punya desain menarik supaya karyawan yang melihat tidak mudah bosan.

Pojok Dispenser

Supaya kita betah di kantor, seringkali yang ditunggu adalah jam istirahat, ya… Mirip dong dengan anak sekolah.

Zaman sekarang desain kantor lebih simpel dan ringkat. Kalau dulu ada pantry dan kompor kecil untuk bikin air panas untuk kopi. Maka zaman sekarang cukup dengan dispenser minimal ada air panas, sehingga bisa membuat minuman hangat.

Seringkali di pojok dispenser tersebut juga ada ala kadarnya camilan, kue, atau permen, yang sering disiapkan mandiri sesama karyawan.

Memilih furniture kantor lengkap menjadi bagian yang sulit karena kita harus memerhatikan faktor fungsional dan kenyamanan dari pengguna. Selain furniture yang harus ada, karyawan juga bisa menambahkan furniture lain yang bisa membangkitkan mood mereka.

Furniture unik yang bisa membangkitkan mood ada desk organizer, sticky note unik, block kalender, notebook unik dan untuk yang bekerja seharian. Kadang-kadan ada pojok sofa untuk sekadar meluruskan kaki yang penat karena duduk di kursi kantor seharian.

Semoga bermanfaat!

Bandung, 23 November 2023

2 tanggapan pada “Furniture Kantor Lengkap Tunjang Produktivitas Karyawan”

  1. Furniture itu salah satu penunjang agar pekerjaan jadi cepat selesai juga. Kalau kita nyaman dengan furniture tersebut kita juga jadi nyaman untuk menyelesaikan pekerjaan, yang paling krusial itu menurutku kursi. Kursinya harus empuk karena kita banyak menghabiskan pekerjaan di kursi, jadi kursinya juga harus mendukung, hehe.

  2. Kalau di kantor lengkap pastinya kerja juga jadi lebih semangat sih menurut saya. Apalagi karyawan juga perlu kenyamanan kan, dan salah satunya didapat dari furniturre seperti meja dan kursi karyawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status