Lompat ke konten

Cara Dekorasi Kamar Kos Simpel dan Bikin Betah

Cara Dekorasi Kamar Kos Simpel dan Bikin Betah

Dekorasi Kamar Kos – Di awal tahun akademik seperti ini biasanya para calon mahasiswa akan berburu kamar kos. Sebisa mungkin mereka akan mencari kamar kos yang dekat dengan kampus masing-masing. Tak jarang pergantian tahun ajaran mahasiswa lama juga memanfaatkan untuk pindah kos mencari yang lebih nyaman. Nah, untuk itu perlu tips dan trik cara dekorasi kamar agar tetap rapi dan bikin betah.

Tips Menata Dekorasi Kamar Aesthetic

Seperti apa sih dekorasi kamar aesthetic?
Nah, sebelumnya teman-teman harus tahu terlebih dahulu unsur-unsur aesthetic (estetika) tuh apa saja, bukan?
Berikut adalah beberapa unsur estetika untuk mendekor kamar kos:

Pilih Warna Netral

Cara dekorasi kamar kos paling mudah adalah memilih warna. Beberapa kamar kos membolehkan calon penghuni baru untuk mencat ulang kamar kos sebelum dipakai.
Bila tidak memungkin mencat ulang, pilih cat kamar yang netral, misalnya putih, broken white, krem, atau warna pastel pucat.

Warna netral akan memudahkan kalian untuk menambahkan dekorasi berupa asesoris pernak-pernik untuk mempercantik kamar nantinya.

Cukup Penerangan

asesoris meja belajar
asesoris meja belajar, sumber: shutterstock

Kamar kos yang baik adalah kamar kos yang cukup penerangan. Perhatikan lebar jendela dan pastikan bisa dibuka agar ada udara mengalir.
Sekarang ini banyak juga disewakan kamar-kamar kos yang lokasinya di apartemen atau bangunan bertingkat. Kalian bisa memilih kamar yang mempunyai pemandangan baik sehingga akan membuat betah.

Selain penerangan alami, perhatikan juga penerangan lampu-lampu yang disediakan oleh pengelola kos. Bila diperlukan kalian bisa menambahkan sendiri lampu-lampu kecil, misalnya untuk lampu belajar, atau lampu di samping tempat tidur.

Pilih Furniture Multifungsi

Walaupun kamar kos biasanya sudah disiapkan full furnish (ada furniturenya lengkap), ada juga yang kosongan. Jadi yang akan menyewa membawa sendiri perabotannya.

Kondisi seperti ini ada baiknya kalian memilih furniture yang multifungsi. Misalnya lemari pakaian yang ada cerminnya dan ada laci-laci kosmetik. Bagi mahasiswi hal ini memudahkan untuk berdandan, dan kamar bisa tetap terlihat clean.

Atau bisa juga memilih meja belajar yang didesain kompak dengan rak bukunya.

Siapkan Kotak Penyimpan

Anak kos selama studi atau karyawan yang sudah bekerja, ada kemungkinan sering pindah kos. Alasannya bisa bermacam-macam, misalnya karena sudah lulus dan mendapat kerjaan di kota lain. Atau bagi karyawan memang pindah kerja.

Bisa saja bagi pengantin baru karena keterbatasan dana dan menunggu rumah jadi, mereka ini ngekos saja. Kondisi seperti ini kalian harus sewaktu-waktu beberes kamar dan pindahan.
Itu sebabnya siapkan kotak-kotak penyimpan atau container yang bisa disusun supaya kamar tetap rapi. Dalam keadaan tertentu, container bahkan juga bisa berfungsi sebagai meja.

Pilih Asesoris Simpel

Biasanya yang suka mematut kamar kos adalah penghuni perempuan. Pilihlah asesoris yang simpel supaya tidak menyimpan debu. Sesuaikan warna asesoris dengan warna dinding kamar atau furniturenya.
Bisa juga kalian memilih warna kontras untuk mempermanis kamar. Misalnya jam dinding, lampu belajar, wadah alat tulis, tempat sepatu, gantungan kerudung, dan lain-lain

Penutup

Kamar kos merupakan tempat tinggal ketika penghuninya tengah merantau, menempuh studi atau bekerja yang jauh dari rumah. Walaupun merupakan tempat tinggal sementara tentunya tidak ada salahnya kamar kos tetap rapi. Banyak cara dekorasi kamar kos yang simpel supaya kalian betah dan bisa belajar lebih fokus. Sedangkan bagi karyawan, tempat kos yang nyaman menjadi tempat istirahat yang menyenangkan.

Semoga bermanfaat.

5 tanggapan pada “Cara Dekorasi Kamar Kos Simpel dan Bikin Betah”

  1. Kebetulan kami baru pindahan lagi kak Hani. Bukan ngekost sih tapi ke rumah lama. Karena banyak sekali barang yang belum diangkat jadinya mirip anak kostan. Tapi anehnya semua lebih rapi karena yang dibawa yang bener dibutuhkan dan multifungsi.
    Kalo buat aku sih yang pernah ngekost pas gadis, cocoknya kamar kost harus ada gantungan baju yang bisa dipakai buat jemurin baju sekalian. Hehehe hemat.

  2. Hm, begitu ya strateginya, dalam memilih warna untuk rumah atau ruangan.

    Memilih warna netral. Jadi biar masuk kalau ditambah aksesoris atau benda di ruangan itu.

    Boleh nih tipsnya. Sebab sering galau milih warna. Dulu rumah dicat hijau. Terus berganti putih. Hehe…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status