Lompat ke konten

Strategi Digital Marketing, Untuk Pemasaran Tepat Sasaran

  • oleh
Strategi Digital Marketing, Untuk Pemasaran Tepat Sasaran

Strategi digital marketing – Beberapa tahun yang lalu saya sempat membeli buku berjudul The Power of Digital Marketing, penulisnya GM Susanto, pakar strategi pemasaran produk/jasa. Entah kenapa saya tertarik dengan strategi digital marketing di tengah gempuran segalanya yang berbau digital dan internet. Buku ini menuliskan berbagai tips praktis untuk diterapkan pada bisnis dan berbagai strategi digital marketing yang menekan budget promosi.

Saya bekerja di dunia pendidikan sebagai dosen jadi menyadari bahwa dunia yang saya geluti ini tidak lepas dari pemasaran digital juga. Lho…apa pasal? Bukannya tugas dosen hanya mengajar yah?

Digital Marketing Untuk Memenangkan Persaingan

Walaupun lingkup kerja di dunia pendidikan, namanya bisnis pendidikan ya sama saja dengan bisnis lainnya. Perguruan tinggi mau itu perguruan tinggi negeri atau swasta, harus tetap berpromosi dan memasarkan jasanya ke publik. Dimulai dari status akreditasi, sarana dan prasarana kampus, siapa saja dosennya, penelitian dan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan, dan banyak lagi. Termasuk yang cukup penting, bagaimana dengan lulusan dan alumninya, siap bersaing di dunia kerja atau tidak. Bagusnya lagi, justru menciptakan lapangan kerja, bukan?

Apa itu Pemasaran Digital?

Pemasaran digital atau digital marketing adalah pemasaran produk atau layanan menggunakan teknologi digital melalui internet, media sosial, ponsel, atau media digital lainnya.
Ini juga merupakan istilah umum yang mencakup berbagai strategi pemasaran seperti pemasaran media sosial, optimasi mesin pencari, dan pemasaran email.

Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional seperti cetak, papan reklame, dan TV, pemasaran digital terutama didorong oleh data. Banyak platform periklanan digital populer saat ini menyediakan akses ke laporan kampanye untuk analisis data yang komprehensif.

Contohnya dulu sering kita lihat kampus-kampus, terutama perguruan tinggi swasta promosi ke koran, radio, bahkan televisi. Di tengah persaingan berbagai perguruan tinggi, langkah promosi seperti ini termasuk strategi pemasaran.

promosi iklan cetak (koran)
contoh pemasaran konvensional melalui media cetak

Namun, dengan semua lini beralih ke dunia digital, maka strategi digital marketing pun mulai dipertimbangkan. Sekarang semua kampus mau tidak mau mempunyai akun Instagram, terutama di tingkat Fakultas dan Jurusan. Setiap ada kegiatan dan prestasi civitas akademika akan diunggah ke media sosial mereka.

Dengan kekuatan gabungan dari internet dan teknologi, strategi digital marketing saat ini dapat mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai perilaku pelanggan atau keterlibatan pengguna, memungkinkan mereka untuk memfasilitasi konten dan iklan yang lebih dipersonalisasi ke khalayak yang ditentukan dengan jelas untuk keterlibatan dan hasil yang lebih baik.

Jenis-jenis Digital Marketing

jenis digital marketing
Woman is writing digital marketing strategy

Saluran pemasaran adalah media yang digunakan organisasi, brand, atau lembaga untuk berkomunikasi atau menyampaikan pesan kepada konsumen.

Dalam pemasaran digital, saluran digital adalah jalan di mana pelanggan mengetahui tentang suatu bisnis dan apa yang ditawarkannya. Dari sinilah lalu lintas (pengguna) berasal.

Contoh saluran pemasaran digital meliputi:

  • Penelusuran Organik (mis. Google), orang menggunakan mesin telusur untuk berbagai alasan mulai dari penelitian, belanja, hingga hiburan. Google sendiri yang menangani lebih dari 40.000 kueri per detik (3,5 miliar kueri penelusuran per hari).
  • Pencarian Berbayar (paid search)
  • Display (tampilan promosi/iklan)
  • Email, email masih menjadi salah satu media paling populer yang digunakan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka saat ini. Pemasar digital menerapkan strategi pemasaran digital yang juga disebut sebagai pemasaran email dan otomatisasi pemasaran untuk mengirim email yang ditargetkan dan relevan ke pelanggan email yang tersegmentasi dengan benar.
  • Media sosial (Instagram, Youtube, Blog, Facebook, Tik-tok, dll), dengan bantuan berbagai alat pemasaran media sosial, maka akan dapat memahami kebutuhan dan minat audiens target di berbagai platform media sosial. Ini akan membantu menyesuaikan konten dengan lebih baik untuk melibatkan audiens target.
  • Rujukan (misal lalu lintas melalui situs web lain) atau referral.

Bootcamp Digital Marketing

digital marketing di skill academy by ruangguru
paket digital marketing di skill academy by ruangguru

Membahas tentang strategi digital marketing tentunya tidak lepas dari ilmu dasar pemasaran digital. Bagi kalian yang ingin lebih dalam mengetahui digital marketing, bisa ikut bootcamp online untuk belajar tentang strategi digital marketing.

Topik pembelajarannya antara lain:

  • Fundamental Digital Marketing
  • Market Analysis
  • Content Marketing
  • Social Media Strategy
  • Social Media Ads
  • Real-case Project

Metode pembelajarannya melalui kelas tatap muka online (webinar) dan kalian akan mendapatkan video pembelajaran untuk self learning.
Selain itu dengan adanya real-case project bisa menambah portofolio peserta dengan menyelesaikan final project.
Adapun learning management system di Skill Academy by Ruangguru sudah tidak diragukan lagi memudahkan proses belajar dan mengatur jadwal kelas.

Penutup

Membahas tentang strategi digital marketing, kita mengacu pada rencana induk atau cetak biru untuk mencapai tujuan jangka panjang atau makro. Berbeda dengan kampanye yang sifatnya hanya taktik khusus untuk mencapai tujuan jangka pendek dalam sebuah strategi pemasaran digital.

Bila dikaitkan dengan kehidupan kampus sebuah perguruan tinggi swasta, itu sebabnya secara jangka panjang dosen dituntut untuk memenuhi tri darma perguruan tinggi. Antara lain melanjutkan pendidikan, melakukan riset hingga melahirkan hak paten, melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, mahasiswanya berprestasi, dan banyak lagi. Semuanya adalah bagian dari strategi pemasaran yang akan mengangkat nama kampus tersebut.

Ingin tahu lebih banyak lagi tentang digital marketing silakan kunjungi website https://camp.skillacademy.com/
Dapatkan harga diskon untuk 6 kali pertemuan, mendapatkan e-sertificate setelah menyelesaikan semua program dan tergabung dalam career class.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status