Lompat ke konten

Tips Menabung Beli Mobil untuk Milenial

  • oleh
Tips Menabung Beli Mobil untuk Milenial

Menabung beli mobil – Selain rumah, generasi milenial usia 25-30 tahun saat ini juga membutuhkan mobil untuk menunjang produktivitas. Mobil sudah menjadi kebutuhan, apalagi bagi kalian yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Dengan memiliki mobil, perjalanan dengan keluarga jauh lebih aman dan praktis. Tak mengherankan kalau banyak anak muda berusaha menjadikan mobil sebagai tujuan finansial selain rumah.

Namun membeli mobil bukanlah sesuatu yang gampang karena harus mengumpulkan banyak uang. Meski demikian, keinginan tersebut tetap dapat terwujud asalkan kita pandai mengatur keuangan dan rutin menabung. Kita bisa membuka rekening online untuk menabung.

Apalagi saat ini bisa buka rekening online dengan mudah dan cepat. Dengan rekening online, bisa menyimpan uang lebih aman dan dapat terkontrol dengan mudah. Kita juga perlu tahu tips menabung untuk beli mobil.

Pentingnya Memiliki Mobil Pribadi

Tak bisa dipungkiri, memiliki kendaraan pribadi seperti mobil sangatlah penting. Bukan sebagai gengsi-gengsian, memiliki mobil pribadi akan memudahkan kita dan keluarga untuk bepergian jauh dengan aman. Saat musim hujan misalnya, tak perlu basah kuyup saat di perjalanan.

Selain itu, masih ada banyak kelebihan lain dari memiliki mobil. Berikut alasan pentingnya memiliki mobil pribadi.

Lebih Hemat saat Bepergian Bersama Keluarga

Salah satu keuntungan menggunakan mobil pribadi adalah lebih hemat dibandingkan menggunakan transportasi umum. Misalnya saat melakukan perjalanan jauh dengan keluarga menggunakan transportasi umum. Pastinya perlu membeli beberapa tiket sesuai jumlah anggota keluarga. Hal itu akan membutuhkan biaya yang lebih besar.

Ambil contoh ketika kita menggunakan pesawat terbang untuk perjalanan Jakarta menuju Surabaya. Biasanya, biaya yang dibutuhkan untuk 4 anggota keluarga pulang-pergi bisa mencapai Rp8 juta. Belum lagi biaya perjalanan menuju bandara. Kalau menggunakan kendaraan pribadi, hanya perlu membayar tol dan uang bensin saja. Dengan kata lain, estimasi dana pulang pergi yang dibutuhkan lebih efisien atau hemat.

Fleksibel untuk Berkendara Kapan Saja

Selain lebih efisien, berkendara dengan mobil pribadi jauh lebih fleksibel. Kita tak perlu menyesuaikan jadwal keberangkatan dengan transportasi umum. Dengan mobil pribadi, bisa membuat jadwal sendiri kapan ingin berangkat atau bepergian. Selain itu kita tidak perlu berdesak-desakan untuk mengantri, seperti di bus dan KRL.

Lebih Aman dari Berbagai Risiko

Keuntungan lain berkendara dengan mobil adalah lebih aman dan nyaman. Saat memakai mobil, kita bisa terhindar dari berbagai risiko seperti cuaca buruk. Kita masih bisa berkendara dengan tenang walau cuaca sedang hujan. Saat pergi membawa anggota keluarga, tidak perlu cemas kalau si kecil rewel. Kita bisa memanfaatkan fitur car seat untuk memberi kenyamanan dan keamanan bagi anak-anak.

menabung beli mobil

Tips Menabung untuk Membeli Mobil

Bagi generasi milenial yang sudah berkeluarga, memang tidak mudah memiliki mobil baru. Tapi tak perlu khawatir, kita tetap bisa membeli mobil asalkan pintar mengatur keuangan dan konsisten menabung. Berikut beberapa tips menabung yang bisa dilakukan untuk kebutuhan membeli mobil.

Riset Harga Mobil

Salah satu tips yang tak boleh dilewatkan saat ingin membeli mobil adalah riset harga pasaran. Untuk melakukan riset harga mobil, bisa memanfaatkan platform digital atau datang langsung ke showroom mobil. Dengan begitu, kita akan mendapatkan harga paling sesuai dana Anda.

Saat memilih mobil, bisa mencari mobil sesuai dengan kebutuhan dan bujet. Misalnya bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, bisa mencari mobil yang ukurannya tidak terlalu besar namun memberi keamanan.

Diskusi Bersama Pasangan atau Keluarga

Bagi yang sudah berkeluarga, pastikan sudah berdiskusi dengan pasangan. Kalau alasannya karena kebutuhan keluarga, biasanya pasangan akan mengerti dan mendukung keinginan kita. Nah, bisa berdiskusi mengenai berapa alokasi uang yang perlu ditabung untuk kebutuhan membeli mobil. Jika uang sudah ada, kalian dan pasangan bisa mencari mobil yang sesuai bujet dan memberi manfaat untuk keluarga.

Mobil Bekas Bisa Menjadi Alternatif

Mengingat harga mobil baru yang cukup mahal, tak perlu malu membeli mobil bekas. Kalian bisa memilih mobil bekas yang kondisinya masih prima dan mampu memenuhi segala kebutuhan. Dengan memilih mobil bekas, bisa mendapatkan kendaraan pribadi dengan harga yang lebih miring.

Sisihkan Gaji untuk Tabungan

Kalau ingin memiliki mobil pribadi, salah satu hal yang tak boleh dilewatkan adalah menyisihkan gaji bulanan sebagai tabungan. Selain itu bisa memanfaatkan rekening online untuk membuka tabungan pribadi. Alokasikan gaji kalian di awal untuk menabung. Jangan menunggu sisa uang di akhir bulan baru menabung karena biasanya malah tidak terkumpul.

Mengurangi Pengeluaran

Tips lainnya untuk menabung beli mobil adalah meminimalkan pengeluaran. Kalau kalian ingin mengumpulkan uang lebih banyak, bisa membatasi pengeluaran yang tidak penting, seperti makan di luar, nongkrong terlalu sering, beli barang yang tidak dibutuhkan, dan lainnya. Pastikan hanya menggunakan uang untuk hal-hal yang dibutuhkan saja.

Rutin Menabung dan Berinvestasi

Selain menyisihkan gaji bulanan di rekening khusus, kalian juga perlu membiasakan diri menabung dan berinvestasi. Setiap awal bulan, harus membuat pos alokasi gaji untuk tabungan dan investasi. Menabung harus dilakukan secara rutin dan konsisten.

Untuk berinvestasi, kalian bisa memilih berbagai instrumen investasi mulai dari reksa dana, saham, hingga obligasi. Dengan instrumen dan pengelolaan yang tepat bisa mendapatkan keuntungan lebih cepat sehingga pendapatan kalian bisa bertambah.

Tabungan Online PermataME

Untuk mewujudkan impian membeli mobil, kalian perlu menabung secara rutin dan konsisten. Salah satu rekening online untuk menabung yang cocok bagi milenial adalah PermataME.

PermataME adalah tabungan online dari PermataBank. Pendaftaran rekening online ini bisa dilakukan dengan mudah melalui mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store.

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan tabungan ini, di antaranya bebas biaya admin tanpa syarat apa pun, mendapat bonus saldo di awal, bebas biaya tarik tunai di ATM dan Indomaret, banyak cashback dan diskon merchant, dan gratis transfer ke bank lain tanpa syarat.

Informasi selengkapnya mengenai rekening online PermataME bisa Anda baca di laman berikut https://www.permatabank.com/id/tabungan-retail/permatame.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status