Lompat ke konten

Pilih Investasi Reksadana Sekaligus, atau Berkala?

  • oleh

Ketika pilih investasi reksadana, terdapat 2 pilihan yang dikenal secara umum, yakni investasi sekaligus atau lump sum serta investasi berkala atau rupiah cost averaging. Dari kedua jenis ini, mana yang terbaik?

Sebenarnya, yang dimaksud dengan melakukan investasi sekaligus ialah berinvestasi dengan langsung menggelontorkan dana hanya dalam 1 waktu saja, sedangkan arti reksadana berkala adalah melakukan investasi secara rutin setiap bulan.

Melakukan investasi dengan cara berkala juga sering disebut dengan autodebet. Dengan memilih cara investasi ini, investor akan memberikan kuasa pada agen penjualan untuk melakukan pendebetan dana dari rekening bank ke rekening reksadana setiap bulan.

Ketika memperbandingkan cara dalam investasi reksadana, itu bukan tentang mana yang lebih baik, melainkan mana yang lebih sesuai dijadikan sebagai pilihan. Semuanya mempunyai keunggulan serta kelemahannya tersendiri, bergantung dari kondisi investor. Bisa jadi, melakukan cara ini baik untuk investor satu, tetapi tidak untuk investor lain.

Arti Reksadana Investasi Pembelian Sekaligus (Lump Sum)

Ketika melakukan investasi sekaligus, jika harga mengalami kenaikan, tentu saja hasil investasi yang Anda dapatkan juga akan lebih besar nantinya. Karena, ketika membagi dana dalam beberapa kali kesempatan, bisa saja harga yang diperoleh jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan ketika membeli investasi pertama kali.

Tetapi, cara ini disukai investor karena harga reksadana yang lebih fluktuatif. Bila tidak memasukkan dana secara sekaligus, investor memiliki kesempatan menambah investasi pada harga yang lebih murah ketika harga turun.

Namun, investasi dengan cara ini memiliki kelemahan, bila waktu yang digunakan untuk melakukan investasi tidak tepat, serta investor tidak memiliki orientasi jangka panjang, hingga akhirnya harga mengalami penurunan, kerugian bisa menjadi lebih besar.

Tentu saja untuk mengetahui waktu paling tepat cukup sulit, bahkan manajer investasi yang berpengalaman sulit melakukan hal tersebut dengan konsisten. Oleh sebab itu, langkah pembelian reksadana ini akan lebih baik dilakukan oleh investor yang memiliki orientasi jangka panjang serta siap menghadapi penurunan harga.

Arti Reksadana Investasi Pembelian Berkala

grafik investasi reksadana
reksadana pembelian berkala

Perlu diketahui, investasi berkala tidak sama dengan membagi dana dan memasukkannya dalam beberapa kali kesempatan. Investasi secara berkala ini merupakan investasi jangka panjang dengan komitmen tinggi, yakni menyisihkan sejumlah dana untuk diinvestasikan ke dalam rekening reksadana setiap bulannya, baik ketika harganya sedang naik maupun turun.

Dengan menggunakan cara investasi ini, investor akan lebih berdisiplin dalam melakukan investasi, karena permasalahan utama yang sering terjadi adalah tidak tercapainya tujuan keuangan adalah investor yang tidak disiplin dan berkomitmen dalam berinvestasi.

Tidak disiplin tersebut dapat dikarenakan oleh gaya hidup yang konsumtif, hingga tidak mampu mengendalikan perilaku keuangan. Sebagian besar orang masih memiliki mindset untuk melakukan investasi dari sisa uang yang dimiliki setiap bulan, padahal cara ini tidak efektif.

Salah satu cara yang lebih tepat adalah membelanjakan dari sisa investasi, sehingga penghasilan setiap bulan dikurangi dengan porsi pembelian reksadana barulah kemudian sisanya digunakan untuk kebutuhan hidup. Pilihan ini langkah paling tepat agar dapat membentuk kebiasaan berdisiplin dalam berinvestasi.

Seperti apapun kondisi pasar yang sedang terjadi, naik maupun turun, investor akan tetap melakukan pembelian. Investasi yang dilakukan secara berkala ini lebih baik dilakukan oleh kalian yang mempunyai pendapatan tetap setiap bulannya seperti karyawan.

DBS Treasures, Solusi Reksadana untuk Seluruh Tujuan Keuangan

Memilih investasi untuk masa depan tentu saja tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Meskipun sudah yakin memilih instrumen investasi, namun jika tidak menyusun strategi investasi dengan baik, hasilnya pasti tidak akan maksimal.

Agar pengelolaan dana investasi yang kalian miliki menjadi lebih maksimal, perbankan prioritas DBS Treasures dapat dijadikan sebagai pilihan. Sebagai pilihan investasi yang tepat, berikut berbagai keunggulan yang dimiliki, antara lain:

1-Investasi dikelola secara maksimal oleh profesional

Ketika memilih sebuah tempat untuk melakukan investasi, profesional yang berada di belakang layar pasti menjadi salah satu bahan pertimbangan. DBS Treasures memiliki tim ahli mulai dari data scientist, market intelligence, relationship manager, product specialist, dan masih banyak lagi.

Semua lini bergerak secara dinamis agar dapat memperkuat strategi investasi yang dilakukan. DBS Treasures juga memiliki sejumlah data pasar yang ekstensif sampai global, sehingga seluruh analisis portofolio akan sesuai dengan profil agar kekayaan kalian tumbuh dengan maksimal.

2-Nasabah akan memperoleh wawasan agar yakin berinvestasi dengan lebih menguntungkan

DBS Treasures didukung oleh tim yang siap membantu kalian melakukan investasi reksadana dengan lebih menguntungkan. Tim akan melakukan analisis peluang, serta perkembangan pasar terkini dengan daily update.

DBS Treasures akan menangkap seluruh peluang agar dapat memperkuat portofolio yang dimiliki dari berbagai macam produk yang komprehensif.

3-Risiko investasi lebih kecil dengan diversifikasi

Diversifikasi merupakan penyebaran dana yang dimiliki ke berbagai macam aset investasi agar dapat mengurangi risiko.

4-Kemudahan melakukan transaksi

Nasabah juga akan menikmati kemudahan dalam melakukan transaksi pada produk digibank dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Selain itu, untuk proses analisis, dengan dukungan data dari Invofesta proses seperti menjual, membeli, switching, bias dilakukan dengan cepat.

Investor baru yang belum memiliki SID atau Single Investor Identification yang dikeluarkan oleh KSEI atau Kustodian Sentral Efek Indonesia dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, kalian dapat melakukan proses registrasi tanpa berpindah ke platform lain.

Penutup

Dengan berbagai macam kelebihan di atas, tidak mengherankan jika DBS Treasures menjadi salah satu pilihan investasi yang tepat masa kini. Dengan penempatan dana yang sesuai, reksadana yang dimiliki bisa tumbuh dengan subur. Hubungi DBS Treasures segera untuk mendapatkan insight terkini dari investasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status