Lompat ke konten

Pengertian dan Tips Menggunakan Webbing Sling yang Benar

Pengertian dan Tips Menggunakan Webbing Sling yang Benar

Bagaimana tips menggunakan webbing sling? Apa itu webbing sling dan bagaimana cara menggunakannya yang benar? Yuk, cari jawabannya di sini!
Singkatnya, pengertian webbing sling adalah alat khusus yang digunakan untuk menghubungkan alat pengangkat dan benda yang akan diangkat. Berbeda dengan jenis alat pengangkat lainnya, webbing sling difungsikan untuk mengangkat bahan berbentuk besar dan berbobot cukup berat. Webbing sling akan memudahkan Anda bergerak dibidang industri dan membutuhkan alat khusus untuk membantu dalam pengangkatan.

Tips Menggunakan Webbing Sling yang Benar

Jika dilihat dari bahan pembuatannya, webbing sling dibuat dari anyaman atau tenunan dari bahan polyester nylon dan polypropylene. Webbing sling juga dibuat dengan bentuk datar dan berbentuk tabung dengan ukuran bervariasi.

Jika Anda ingin menggunakan alat ini, pastikan sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran webbing sling itu sendiri. Selain itu, Anda juga butuh cara penggunaannya yang tepat. Atas dasar itulah, melalui artikel ini akan kami bagikan informasi cara dan tips menggunakan webbing sling yang benar.

Cek Kondisi Webbing Sling Sebelum Digunakan

Langkah pertama adalah memastikan Anda selalu cek kondisi webbing sling sebelum menggunakannya. Jangan pernah menggunakan webbing sling jika ada kerusakan dibagian tertentu. Pasalnya, yang demikian bisa berpotensi menjatuhkan beban atau barang yang diangkat, bahkan akan sangat membahayakan Anda sendiri.

Adapun kerusakan webbing sling yang harus dihindari antara lain:

  • Webbing sling berlubang
  • Webbing sling terpotong
  • Webbing sling memiliki sobekan

Selain itu, Anda juga perlu menghindari menggunakan webbing sling yang memiliki jahitan maupun goresan dibagian bodinya.

Memilih Jenis Webbing Sling yang Tepat

Pada dasarnya ada 2 jenis lifting sling yang biasanya digunakan, diantaranya:

  • Webbing sling
  • Round sling

Pastikan Anda memilih dan menggunakan jenis yang tepat. Khususnya untuk round sling menawarkan fleksibilitas pada saat mengangkt dengan bentuk yang tak beraturan. Sementara itu webbing slingnya sendiri memiliki area lebih besar untuk melindungi beban.

Perhatikan Batasan Beban yang Bisa Diangkut

Untuk memudahkan dalam pemilihan jenis webbing sling secara tepat, maka Anda harus tahu berat dari beban yang nantinya diangkat. Untuk beban 17 ton misalnya butuh webbing sling dengan beban angkat sekitar 20 ton, bukannya dengan batasan beban 15 ton.
Apabila batasan penggunaannya melampaui berat dari beban yang akan diangkat, maka hal ini bisa berpotensi merusak webbing sling yang digunakan.

Pastikan Beban yang Diangkat Aman

Berikutnya, memastikan webbing sling yang digunakan benar – benar aman dari beban yang akan diangkat atau pun alat yang digunakan untuk mengangkat. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya hal – hal yang tak diinginkan, contohnya terjatuh, tergelincir dan lain sebagainya.
Selain itu, hal tersebut juga berkaitan erat dengan tips memasang webbing sling yang aman dan benar.

Memastikan Webbing Sling yang Digunakan Sejenis

Jika dalam proses pengangkatan barang butuh lebih banyak webbing sling, maka Anda harus memeriksa webbing sling yang memiliki panjang, WLL dan warna yang sama atau tidak. Ini dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakan kerja.

Apabila Anda mendapati kendala dalam penggunaan webbing sling atau mungkin Anda masih kebingungan menggunakannya, jangan sungkan untuk mengkonsultasikan dengan yang berpengalaman menggunakan alat tersebut.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang pengertian dan tips menggunakan webbing sling yang benar. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status