Lompat ke konten

Paket Wisata Dieng, Menikmati Keindahan Negeri di Atas Awan

Paket Wisata Dieng – Buat kalian yang sering mendengar kata Dieng apa yang kalian bayangkan? Apakah cuaca yang dingin diserta embun es di atas hamparan kebun kentang? Ataukah keindahan cagar budaya berupa candi-candi yang telah dipugar apik? Atau juga Ritual Rambut Gimbal yang hanya ada di wilayah Dieng ini? Nah, sudah siap nih daftar paket wisata Dieng agar tak ketinggalan pesona negeri di atas awan ya…

Dataran Tinggi Dieng, Negeri di Atas Awan

Dataran Tinggi Dieng atau sering disebut juga sebagai Dieng Plateau, adalah hamparan seluas 619,846 hektar, dikelilingi oleh gugusan gunung-gunung antara lain Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Perahu, Gunung Rogojembangan dan Gunung Bismo.

Bentang alam unik berupa dataran tinggi tersebut menurut asal-usul Dieng sebetulnya adalah kaldera raksana, sisa letusan gunung api purba beribu-ribu tahun yang lalu. Sampai sekarang kawasan Dieng Plateau dibatasi dengan gunung-gunung kecil seperti Bisma, Seroja, Binem, Pangonan, Pagerkandang, Telogo Dringo, Pakuwaja, Kendil, Kunir, dan Prambanan.

Keistimewaan lain dari Dieng Plateau merupakan dataran tinggi kedua di dunia setelah Tibet di wilaya Himalaya. Hawanya yang sejuk menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng.

Pilihan Paket Wisata Dieng

ritual potong rambut gimbal di dieng
ritual potong rambut gimbal

Dieng adalah sebuah desa di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Desa Dieng berjarak sekira 9 km dari ibu kota kecamatan atau 26 Km dari ibu kota Kabupaten Wonosobo. 
Bila kalian akan mendaftar paket wisata Dieng, maka pertimbangkan transportasi umum yang akan kalian pilih, dari kota asal ke ibu kota kabupaten di Wonosobo.
Bila naik kendaraan pribadi maka perhitungkan jarak tempuh dan sarana akomodasi yang akan kalian booking bila akan berwisata selama beberapa hari.
Banyak pilihan paket wisata mulai dari paket 1 hari hingga paket 6 hari.

Berikut Paket Wisata Dieng 3D2N (3 hari 2 malam)

Hari ke 1

09.00-10.00 Di jemput dari meeting point (contoh: Yogyakarta)
10.10-13.15 Perjalanan Menuju Wonosobo
13.15-14.00 Istirahat Makan Siang
14.10-14.45 Perjalanan Menuju Obyek Wisata I (Telaga Menjer)
14.45-16.00 Menikmati keindahan Alam Telaga Menjer
16.10-16.50 Melanjutkan Perjalanan Ke Dataran Tinggi Dieng
17.05-03.00 Istirahat di Homestay Dieng dan makan malam

Hari ke 2

03.30-04.00 Perjalanan menuju Bukit Sikunir
04.25-05.30 Menanti detik-detik merekahnya matahari
05.30-06.30 Menikmati suasana pagi hari di Telaga Cebong
06.45-07.15 Perjalanan Kembali Ke Dieng
07.00-11.30 Sarapan Pagi dan Mengunjungi Wisata Dieng II
11.30-12.30 Istirahat dan Makan Siang
12.45-17.00 Melanjutkan Tour mengunjungi Wisata Dieng III
17.30-18.00 Kembali Ke Homestay Dieng
18.00-07.00 Istirahat dan acara bebas di Homestay Dieng Makan Malam

Hari ke 3

07.15-07.45 Sarapan pagi dan berkemas di Homestay Dieng
08.00-12.00 Melanjutkan perjalanan Wisata di Wisata Dieng IV
12.30-13.30 Makan siang, belanja oleh-oleh
13.30-17.20 Perjalanan Kembali Ke Yogyakarta

Objek Wisata di Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng dan sekitarnya kaya akan objek wisata, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, dan wisata kuliner. Antara lain:

  • Wisata alam: jelajah padang savana Dieng, sunrise di bukit Sikunir, telaga vulkanik yang berubah warna, mendaki bukit dan gunung Sindoro, berenang di pemandian air panas
  • Wisata sejarah: mempelajari warisan cagar budaya candi-candi di sekitar Dieng yang berasal dari abad ke-9
  • Wisata budaya: mengikuti upacara ritual ruwatan rambut gimbal yang diadakan di bulan Suro menurut kalender Jawa, Dieng Jazz Festival, Dieng Plateau Theatre
  • Wisata kuliner: menikmati teh hitam khas Dieng, kentang Dieng, jajanan khas Dieng seperti manisan carica, dan lain-lain

Bila kalian datang ke Dieng di waktu yang tepat, kalian bisa menyaksikan fenomena salju Dieng, yang dinamakan Embun Upas. Atau bisa juga ikut panen kentang di Dieng.

Penutup

Paiwisata merupakan sumber devisa potensial bagi negara kita Indonesia, yang memang kaya akan objek wisata. Wisatawan tak terbatas dalam negeri tetapi juga menarik minat wisatawan mancanegara. Itu sebabnya Dieng berbenah dengan mengembangkan sebanyak mungkin potensi lokal daerah yang unik dan berkelanjutan.

Bagi kalian yang sudah siap berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng dan booking paket wisata Dieng, jangan lupa membawa jaket tebal. Dieng yang terletak di ketinggian 2.093 m dpl, berhawa dingin sepanjang hari.
Jangan lupa update status ke media sosial kalian dan jangan buang sampah sembarangan yah…

Semoga bermanfaat…

6 tanggapan pada “Paket Wisata Dieng, Menikmati Keindahan Negeri di Atas Awan”

  1. Ingat Dieng mesti ingat tentang rambut gimbal. Entah kenapa selalu bermimpi punya kesempatan mengunjungi tempat ini di masa depan. Ternyata, masih banyak objek wisata lain yang sangat menarik, ya, Mba.

  2. Dieng, masih jadi impian keluarga saya sampai sekarang. Paket komplit ya kalau piknik ke Dieng tuh, ada wisata alam, bisa belajar sejarah dan mengenal budaya masyarakat sekitar, bisa menikmati aneka kuliner khasnya juga

  3. Rasanya aku udah lama sekali pingin ke Dieng. Tapi selalu belum ada kesempatan. Padahal, aku ingin menikmati sensasi berada di negeri di atas awan. Juga embun upasnya. Tapi pasti dingin banget ya..

  4. aku jadi inget wisata ke dieng beberapa tahun yang lalu. udah lama banget. emang mengesankan sih dan selalu terbayang pengen kesana lagi. eh sekarang udah ada paket liburan kesana ya, after pandemi bener-bener usai prepare ah kesana lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status