Lompat ke konten

Mudah Belajar Flutter Jadi Developer Aplikasi Handal

  • oleh

Mudah belajar Flutter dicari oleh banyak developer yang selama ini hanya fokus pada bahasa pemrograman dan platform tertentu saja. Bahkan banyak juga informasi tentang tutorial maupun kursus yang diselenggarakan secara online maupun offline.
Sekarang ini kita hidup di zaman serba tergantung dengan gadget yang UI maupun UX-nya informatif dan cepat. Tidak selalu kecepatan kita mengoperasikan gawai kita tergantung pada kecepatan jaringan internet. Bisa jadi kecepatan akses tergantung pada desain aplikasinya, baik di gawai berbasis android maupun yang berbasis iOS.

Apa itu Flutter?

Flutter adalah sebuah bahasa pemrograman buatan Google pada tahun 2011 yang resmi diluncurkan di tahun 2018. Platform ini cukup populer di kalangan programer terutama bagi mobile developer untuk membuat aplikasi multiplatform dengan menggunakan satu basis coding.

Bila dulu sebuah perusahaan akan membuat aplikasi harus memperkerjakan programer yang bisa membuat aplikasi pada sistem operasi Android dan iOS. Maka perusahaan tersebut harus memperkerjakan dua programer berbeda yang menguasai masing-masing platform.

Ternyata melalui platform Flutter, sebuah teknologi open source ini bisa hibrid, digunakan untuk pembuatan aplikasi lintas platform. Perangkat SDK (software development kit) ini sangat membantu para mobile developer karena sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur.

Kelebihan Belajar Flutter Bagi Programer

Berikut adalah beberapa kelebihan untuk belajar Flutter bagi programer sehingga tidak ragu lagi untuk mulai belajar Flutter.

Menghemat Waktu dan Uang

Flutter adalah alat pengembangan lintas platform, akibatnya bagi programer dapat menggunakan basis kode yang sama untuk membangun aplikasi Android dan iOS.
Tentu saja hal ini menghemat waktu programer dan untuk perusahaan menghemat uang karena tidak perlu memperkerjakan banyak programer.

Pahami Bahasa Pemrograman Flutter

Bagi teman-teman yang sudah belajar coding, Flutter merupakan framework yang mudah dipelajari. Sebelum mulai mempelajari Flutter ada baiknya kalian mempelajari bahasa pemrograman Dart sebagai bahasa yang dipakai untuk pengembangan aplikasi seluler.

Flutter juga memiliki widget sendiri sehingga mempercepat kerja programer untuk mengembangkan aplikasi mobile.

Mengikuti Kursus Flutter

Teman-teman yang ingin tahu lebih lengkap tentang Flutter bisa mempelajari dari internet, e-book, Youtube, atau mengikuti kursus Flutter.

Flutter yang semakin populer tentunya membuat banyak orang yang menjadi tertarik untuk mempelajarinya. Hal itu membuat banyak tempat kursus yang sudah menyediakan bahan khusus untuk belajar Flutter.
Jika tertarik untuk mengikuti kursus kamu bisa mencoba bergabung di Course-Net, Udemy, dan masih banyak lainnya.
Di sana tersedia banyak kelas yang mempelajari seluk-beluk Flutter bagi para pemula atau pun yang sudah berpengalaman.

Penutup

Nah, jika kalian memang serius ingin berkarier di industri mobile application development, jangan lupa untuk terus meningkatkan skill-mu.
Keunikan Flutter adalah framework aplikasi mobile sumber terbuka yang diciptakan oleh Google. Flutter digunakan dalam pengembangan aplikasi untuk sistem operasi Android, iOS, Windows, Linux, MacOS. Flutter juga mendukung untuk pengembangan aplikasi berbasis web.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status