Lompat ke konten

Jenis Pipe Coating Melapisi Pipa Industri Bebas Korosi

  • oleh
Jenis Pipe Coating Solusi Melapis Pipa Industri Bebas Korosi

Jenis pipe coating merupakan pilihan bagi industri untuk merawat pipa-pipa sesuai kebutuhan dengan melalukan coating secara kimiawi agar bebas korosi.
Indonesia sebagai negara yang bidang industrinya semakin bergerak maju tentunya tak lepas dari kebutuhan berbagai material dan bahan kimia.
Salah satu perusahaan yang merintis research and developtment, manufaktur, dan pelayanan teknis untuk kimia khusus adalah PT Eonchemicals Putra (EON).
Sejak didirikan tahun 1987, EON telah mengembangkan keahlian untuk memberikan solusi dan pelayanan teknis yang dibutuhkan oleh berbagai industri di tanah air.

Adapun pelayanan EON untuk berbagai industri tersebut meliputi industri tambang, minyak & gas, pipa, baja, otomotif, kelapa sawit, pembangkit listrik, makanan & minuman, gula, dan maritim.
Cukup banyak dan lengkap pengalaman EON untuk memberi pelayanan pada industri di Indonesia.
Nah, dalam industri pipa ada hal-hal penting yang perlu kita ketahui, karena hampir semua industri membutuhkan pipa logam untuk berbagai keperluan.

Jenis Pipe Coating Untuk Berbagai Pipa

Pipa yang dipakai untuk industri umumnya berukuran besar dan terbuat dari logam. Masalahnya bila pipa logam ini belum difungsikan maka tidak mudah mendapatkan tempat penyimpanan yang terlindung karena ukurannya besar.
Seperti kita ketahui pipa logam karena proses oksidasi akan terjadi karat atau korosi. Apalagi penyimpanan di udara terbuka dalam waktu lama akan sering terkena perubahan cuaca seperti hujan dan panas matahari, sehingga mempercepat terjadinya karat.
Itu sebabnya perlu pelapisan pada pipa tersebut (coating pipeline), baik pada saat penyimpanan maupun pada saati digunakan.

Menurut pembuatannya ada 2 jenis pipa yang keduanya harus dilakukan pelapisan dengan teknik berbeda:

1-Pipa Seamless (Tanpa Sambungan)

Pipa seamless diproduksi dari round billet (batangan logam padat).
Di Indonesia baru terdapat 2 produsen pipa seamless yaitu PT Rainbow dan PT Artas.
Produk coating berperan penting pada saat penyimpanan pipa seamless hasil produksi.
Rata-rata pipa seamless digunakan pada proses drilling di industri minyak & gas sehungga seringkali disebut pipa OCTG.

Agar pipa seamless ini awet selama digunakan an menahan korosi selama masa penyimpanan maka produk coating pipeline adalah:

  • EonCoat 408, coating hitam untuk eksternal pipa
  • EonGuard 500, coating transparan untuk eksternal pipa
  • EonFilm 240, rust preventive untuk melindungi bagian dalam pipa
  • EonFilm 300, untuk melindungi thread compound/ulir pada pipa

2-Pipa Welded (Dengan Sambungan)

Pipa welded diproduksi dari material coil (lempeng logam) yang nantinya diberikan sambungan dengan sistem SAW (Submerged Arc Welded) atau ERW (Electric Resistent Welding).

Pipa ERW dibuat dari coil lembaran yang dibentuk secara proses dingin menjadi silinder secara bertahap, dengan menggunakan beberapa buah forming roller. Arus listrik digunakan untuk memanaskan bagian tepi dari strip dan untuk pembentukan fusion weld.

Berikut adalah jenis pipe coating yang membantu menahan korosi selama masa penyimpanan untuk pipa welded/ non OCTG:

  • EonCoat 405, coating hitam untuk eksternal pipa
  • EonGuard 468, coating transparan untuk eksternal pipa
  • EonFilm 240, rust preventive untuk melindungi bagian dalam pipa
  • EonFilm 300, untuk melindungi thread compound/ulir pada pipa

Penutup

PT Eonchemicals Putra (EON) adalah perushaan kimia khusus (specialty chemicals) yang lingkup layanannya selain untuk berbagai industri juga divisi yang melayanai coal handling, fuel storage, fixed plant, healt safety & environment, dan mobile equipment.
Sedangkan layanan memberikan solusi pada swabakar batubaru, jalan tambang berdebu, dan debu batu bara.

Tim manajemen EON telah berpengalaman dalam kompetensi tenaga ahli yang berkualitas dan manajemen yang dibuktikan dengan diraihnya sertifikasi ISO 9001 pada tahun 2002.
Dalam keamanan dan keselamatan kerja juga memperoleh sertifikasi ISO 14001 pada bulan Maret 2003 dan sertifikasi ISO 45001 (menggantikan OHSAS 18001) pada bulan September 2003.

Layanan dari EON untuk masyarakat tidak terbatas pada industri saja tetapi juga untuk perorangan dengan menggunakan bahan baku ramah lingkungan untuk setiap produk yang dihasilkan.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status