Lompat ke konten

Jasa Catering Pernikahan Di Hari Spesial. Pilih Yang Bintang Lima

Jasa Catering Pernikahan Di Hari Spesial. Pilih Yang Bintang Lima

Jasa catering pernikahan merupakan salah satu komponen penting yang perlu dipersiapkan sebelum acara pernikahan digelar. Dalam persiapannya banyak sekali calon pengantin yang memilih menggunakan jasa catering daripada memasak sendiri walaupun dibantu keluarga. Tentu saja dengan berbagai alasan yang mendukung penggunaan jasa catering. 

Kita tahu banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan saat menjelang pernikahan. Hal ini menjadi salah satu faktor mengapa sangat disarankan untuk menggunakan jasa catering. Apalagi untuk memasak makanan dan minuman itu cukup memakan waktu dan tenaga.

Pentingnya sajian makanan yang lezat untuk para tamu lebih praktis memang menggunakan jasa catering saja. Selain itu apa saja alasannya? Di bawah ini ulasan lengkapnya: 

Hemat Waktu dan Tenaga

Pengolahan sajian makanan dan minuman untuk acara pernikahan membutuhkan effort yang lumayan sehingga apabila dikerjakan sendiri tentu akan melelahkan. Apalagi yang dimasak banyak dengan berbagai macam varian. 

Pastinya juga akan memakan waktu itu yang lama untuk membuatnya. Itulah mengapa penting menggunakan jasa catering

Menu Hidangan Lebih Bervariasi

Dengan tenaga dan waktu yang terbatas tentu untuk membuat hidangan bervariasi sangat tidak memungkinkan. Adanya jasa catering sangat membantu dalam membuat hidangan makanan untuk tamu yang bervariasi.

Apalagi variasinya tidak sembarangan, ada berbagai macam menu sehat dan lezat dengan pengolahan yang higienis serta dikerjakan oleh juru masak profesional.  Pastinya akan sangat memanjakan lidah para tamu.

Anggaran Terperinci dengan Jasa Catering Pernikahan

Saat ingin menggelar acara pernikahan, anggarannya lumayan banyak. Mulai dari dekorasi, rias pengantin, biaya sewa venue pernikahan dan lain sebagainya, termasuk biaya hidangan untuk para tamu. Dengan berbagai anggaran yang dibutuhkan tentu cukup kompleks jika tidak disusun secara terperinci. Terlebih untuk masalah catering.

Sajian makanan dan minuman yang disajikan untuk para tamu apabila dibuat sendiri pasti ada saja bahan-bahan yang perlu ditambah atau alat-alat yang perlu dibeli dalam mengolah makanan. Kalau sudah menggunakan catering misalnya 10 juta tentu sudah paten tidak akan ada tambahan lagi sehingga jadi lebih terstruktur.

Tersedia Pilihan Paket 

Jasa catering menawarkan berbagai pilihan paket mulai dari yang paling murah sampai termahal dengan berbagai tingkatan kualitas. Adanya pilihan seperti ini akan membuat calon pengantin jadi lebih mudah menyesuaikan dengan budget pernikahan yang disiapkan. 

Inilah yang menjadi alasan mengapa calon pengantin harus menggunakan jasa catering untuk catering makanan di pesta pernikahan. Apalagi yang ingin menggelar acara pernikahan besar tentu saja sangat disarankan agar meminimalisir pekerjaan dalam mempersiapkan pernikahan. 

catering pernikahan
catering pernikahan

Teman-teman pernah ya membaca berita ketika sebuah resepsi pernikahan ancur berantakan karena jasa catering pernikahan ingkar janji. Alih-alih jadi resepsi pernikahan yang dikenang sepanjang hayat malah jadi cerita menyedihkan.

Sudah sering banget ada kejadian seperti ini, tetapi dari tahun ke tahun masih ada saja pengantin yang jadi korban vendor wedding abal-abal dan dari kota yang berbeda-beda.

Nah, supaya tidak kejadian pada pesta pernikahan kalian, amit-amit kan ya, berikut tips memilih jasa catering pernikahan:

Pilih Wedding Organizer Terpercaya

Lazimnya sekarang kalau menikah melibatkan jasa wedding organizer (WO) yang termasuk di dalamnya paket jasa catering pernikahan, dekorasi gedung, sewa busana pengantin, paket rias, dan MC (master ceremony).

Nah, kerjasama antara WO dan jasa catering pernikahan inilah yang sering tidak diketahui oleh calon pengantin. Terlalu percaya saja semua diserahkan ke WO.

Ada baiknya sering mengadakan rapat koordinasi jauh hari sebelum hari H. Bila perlu datangi juga jasa cateringnya, ada tidak tempat memasaknya.

Cek semua review WO, jasa catering, kondisi gedung, dan lain-lain, bisa dari media sosial, review teman, keluarga, dan lain-lain

Pilih WO Yang Terdaftar Pada Perhimpunan

Ada baiknya mencek apakah WO yang akan diajak kerjasama terdaftar pada perhimpunan, misalnya Himpunan Perusahaan Penata Acara Pernikahan (Hastana) Indonesia. Setiap kota biasanya mempunyai perhimpunan-perhimpunan seperti ini. 

Jangan Tergiur Harga Murah

Menyelenggarakan pernikahan apalagi ingin ada resepsi yang mengundang ratusan bahkan ribuan orang tentunya membutuhkan dana tidak sedikit. Jangan tergiur harga murah karena bisa-bisa pesta pernikahan jadi ambyar, misalnya makanan tidak enak atau terlalu pas-pasan sehingga undangan kehabisan makanan.

Menyelenggarakan Resepsi di Hotel atau Restoran

Selain mencari dan sewa gedung sendiri kemudian baru menambahkan lagi sewa dekorasi dan jasa catering, sekarang ini ada pilihan paket wedding dari restoran atau hotel.

Hotel dan restoran tersebut menawarkan paket wedding dengan harga tertentu untuk sekian puluh atau sekian ratus tamu. Paket-paket seperti ini jelas sudah aman dari segi gedung, dekorasi, dan katering untuk tamu. Bahkan seringkali hotel juga menawarkan gratis menginap bagi pengantin baru termasuk mobil pengantin.

Hotel dan restoran sudah pengalaman tentunya menjamu tamu dengan tawaran pilihan menu apakah ditata meja dan kursi atau sistem prasmanan.

Nah, itulah pembaca alasan mengapa calon pengantin bisa memilih menggunakan jasa catering pernikahan. Oleh sebab itu, bagi kalian yang ingin menggelar acara pesta pernikahan sangat disarankan untuk menggunakan jasa catering saja, agar tidak terlalu repot.

Selain itu biayanya dapat diperhitungkan sesuai budget yang tersedia agar calon pengantin tidak terlibat masalah keuangan di kemudian hari.

Semoga bermanfaat.

17 tanggapan pada “Jasa Catering Pernikahan Di Hari Spesial. Pilih Yang Bintang Lima”

  1. Muhammad Rifqi Saifudin

    Kalau aku kemarin pas nikahan kupercayakan sama WO sih soal catering ini, tapi sebelumnya harus dipastikan dulu WO-nya juga terpercaya. Aku bisa lebih percaya sama WO kemarin karena mereka udah cerita nge-blacklist beberapa catering yang nakal dan dijelasin juga kenakalannya apa

  2. Kalau bicara soal catering, saya jadi inget gimana persiapan pernikahan di desa. Warga gotong royong membantu saudara atau tetangga yang mau nikahan. Bisa sehari, dua hari, hingga seminggu untuk menjadi juru masak, ikut mempersiapkan segala sesuatunya.

    Pernah terjadi musim nikah, sampai2 ada saudara yang tidak punya uang sama sekali karena berhari-hari atau bahkan beberapa minggu tidak bekerja demi bantu acara nikahan ini. Ini real loh mbak ada.

    Kalau ditanya. loh kenapa nggak ngutamain pekerjaan saja? Jawabannya, karena budaya itu sudah sangat mengakar dan masih melekat kuat di masyarakat. Nggak hadir dan bantu ada rasa bersalah. Malah takut diomongin orang. Ditambah lagi, yang bersangkutan (yg bantu2) juga tidak punya tekad kuat untuk bekerja.

    Memang beda kalau orang yang bersangkutan misalnya sudah dikenal punya warung, profesi guru, dsb yang memang sudah “terlihat” punya pekerjaan jelas. Kalau golongan masyarakat yang misalnya kerja jadi buruh tani, serabutan, dll pasti akan lebih dituntut bantu hajatan karena tidak ada alasan begitu kuat untuk menghindar.

    Intinya, adanya bisnis catering di perkotaan menjadi sebuah kemudahan tersendiri. Tidak ada lagi yang namanya harus bantu ketika musim nikahan. Apalagi jika itu bukan keluarga atau saudara. Kalaupun bantu, mungkin nggak sesibuk jika kuliner dan WO nya diurus sendiri, ya.

  3. Setuju nih kita harus tahu perhimunan jasa catering di kota masing-masing. Penting juga, karena seringkali mengecewakan pelayanannya jika tidak dicek berlapis, salah satunya dengan bertanya pada orang yang sudah menggunakan jasa cateringnya ya kak. Pakai catering itu memang enak, jadi tidak perlu terlalu cape.

  4. Sesuai pengalaman, memang memasak sendiri saat ada cara pernikahan, itu malah lebih boros, Mbak. Tidak sesuai dengan bajet yang telah ditentukan. belum lagi ada drama ini dan itu. Termasuk harus sedia perabot sendiri. kelar acara, sampah bekas masak menumpuk hehehe.Dengan memakai jasa katering, kita fokus saja pada cara inti pernikahan.

  5. Bener banget dengan kalimat, jangan tergiur dengan harga murah. Sebenarnya murah itu relatif. Namun kita juga harus paham kalau harga sembako saja ada beberapa item yang mengalami kenaikan.

  6. hihi iya lebih enak pake jasa catering ya. lebih simple kitanya nggak perlu repot. tapi, biasanya kalo di keluargaku, justru ada sodara yang hobi banget masakin kalo kita ada acara. bahkan, kalo nggak minta sodaraku yang masakin itu doi bisa ngambek haha

  7. Bener kak, adanya rekomendasi paket catering jadi masukan bagus sih, biar si punya hajat juga gak kebingungan mau yang kayak gimananya

  8. Sekarang lebih mudah dan gak ribet untuk urus semuanya y mbak. Sebab WO udah macam panitia.
    Nah, emang urusan konsumsi agak tricky sih. Menarik ini rekomendasi dan tips2nya.

  9. Pas banget artikelnya, ka..
    Doain yaa… In syaa Allaah abis lebaran nanti mau ada acara pernikahan masku yang ketiga. Jadi gak sabar sama survey memilih berbagai vendor untuk kelancaran acara yang ditunggu-tunggu.
    Nuhun, tips memilih catering pernikahannya.

  10. Memang kalau mau praktis sebaiknya pakai jasa catering untuk acara pernikahan dan lainnya sih menurut saya. Kta tidak perlu repot mikir bagaimana nanti cucian piring. Tapi jangan lupa juga pilih jasa catering dengan kualitas makanan terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status