Lompat ke konten

Jenis Investasi Mata Uang Asing dan Keuntungannya

  • oleh

Beberapa orang menginvestasikan dana mereka ke dalam instrumen saham agar bisa mendapatkan profit yang tinggi meskipun dengan resiko tinggi pula. Selain saham, investasi mata uang asing juga termasuk instrumen yang dapat menghasilkan return yang tinggi. Sayangnya, di Indonesia investasi valas masih kurang diminati. 
Investasi menggunakan mata uang asing pada dasarnya sudah lama ada di tanah air. Namun, banyak kalangan yang masih kurang paham dengan mekanisme transaksi serta seluk-beluk investasi valas termasuk untuk urusan bunga deposito valas. 

7 Pilihan Investasi Mata Uang Asing Terbaik Untuk Investasi

Dollar Amerika (USD)

US Dollar menjadi salah satu jenis investasi mata uang asing yang paling banyak digunakan saat ini. Nilai kurs Rupiah terhadap USD sendiri telah berada di kisaran angka Rp. 14.000 hingga Rp. 15.000 per 1 USD. Banyak kalangan memilih USD karena selain memiliki nilai yang tinggi juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran di berbagai negara.

Euro (EUR)

Jenis investasi mata uang asing yang menghasilkan profit yang tinggi selanjutnya ialah Euro. Euro merupakan mata uang umum yang paling banyak digunakan untuk bertransaksi di negara-negara Uni Eropa. Adapun nilai kurs Rupiah terhadap Euro ialah sekitar Rp. 18.000 per 1 Euro. 

Pound Sterling (GBP)

Salah satu faktor yang membuat mata uang Poundsterling (GBP) mampu menembus Rp. 21.000 untuk satu 1 Poundsterling-nya ialah karena Inggris memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa. Peristiwa di tahun 2016 silam ini dikenal dengan “Brexit”. Dampak keluarnya Inggris dari Uni Eropa ternyata berdampak pada transaksi ekonomi di seluruh dunia. 

Yen (JPY)

Pada dasarnya, nilai mata uang Yen tidak terlalu menghasilkan keuntungan jika ditukar ke Rupiah. Namun, jika kamu menginvestasikan mata uang Yen untuk ditukarkan ke dalam USD maka kamu bisa mendapatkan nilai sekitar 105 yen hingga 110 yen. 

Dollar Singapura (SGD)

Kebanyakan orang-orang yang sering bertransaksi di wilayah Asia Tenggara pada dasarnya akan memilih SGD atau Dollar Singapura sebagai jenis investasi mata uang asing. Bisa dibilang nilai SGD atau Dollar Singapura sangat menguntungkan. 
 
Selain kemudahan transaksi di wilayah Asia Tenggara, investasi Dollar Singapura juga memiliki nilai yang cukup stabil dan cenderung tinggi. Hingga artikel ini diturunkan, nilai Dollar Singapura telah menyentuh angka Rp. 10.000 hingga Rp. 11.000 untuk satu 1 SGD. 

Rial Oman (OMR)

Jika menelisik lebih jauh mengenai jenis investasi mata uang asing apa yang paling menguntungkan, beberapa orang mungkin mengira Dollar dan Poundsterling adalah rajanya. Padahal, faktanya Rial Oman atau OMR memiliki nilai mata uang terkuat. Nilai 1 Rial Oman dalam kurs Rupiah mampu mencapai Rp. 35.000 hingga Rp. 38.000. 

Dinar Kuwait (KWD)

Dinar Kuwait atau (KWD) juga termasuk ke dalam daftar investasi valas yang paling menggiurkan bagi para investor mata uang. Bagaimana tidak, nilai pertukaran mata uang Dinar Kuwait mampu mencapai dua hingga tiga kali lipat jika dibandingkan dengan Dollar dan Poundsterling.
 
Nilai 1 Dinar Kuwait ke dalam Rupiah sejak artikel ini diturunkan ternyata telah mencapai Rp. 45.000 hingga Rp. 48.000. Tidak menutup kemungkinan jika nilai KWD akan terus menguat di masa yang akan datang.  

Berbagai Keuntungan Melakukan Investasi Mata Uang Asing

keuntungan investasi mata uang

Bisa Dilakukan Secara Otodidak

Berbeda dengan jenis instrumen investasi lainnya yang memerlukan jasa Manajer Investasi, berinvestasi menggunakan valuta asing tidak perlu menyewa jasa Manajer Investasi sama sekali. Kamu bisa langsung terjun ke komunitas jual beli valas terpercaya yang sudah banyak tersedia secara online. 

Memiliki Likuiditas Tinggi

Melakukan investasi mata uang asing juga menguntungkan dari segi likuiditasnya yang tinggi. Berbeda dengan instrument saham di mana kamu perlu melakukan pencairan dengan minimal jumlah 1 lot atau 100 lembar, investasi menggunakan mata uang asing sendiri hanya membutuhkan nominal yang lebih sedikit.

Transaksi Tanpa Batas Waktu

Kelebihan lain dengan berinvestasi menggunakan mata uang asing ialah hadirnya transaksi tanpa batas waktu. Pasar mata mata uang valas terbuka 24 jam penuh sesuai dengan pembagiannya di pasar valuta berbagai benua. 

Kemudahan Dalam Transaksi Internasional

Saat berinvestasi menggunakan mata uang asing, kamu juga akan dimudahkan saat melakukan berbagai jenis transaksi internasional. Terlebih jika kamu sudah memiliki beragam jenis tabungan valas, proses transaksi antar negara pun semakin fleksibel dilakukan. 

Berinvestasi Mata Uang Asing Menggunakan digibank by DBS

Jika kamu tertarik melakukan investasi valuta asing, maka kamu bisa menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Hanya dengan satu aplikasi, kamu sudah menikmati beragam fitur menarik saat bertransaksi menggunakan kurs asing. 

Deposito Lebih dari 10 Mata Uang Asing

digibank by DBS menghadirkan deposito dengan lebih dari 10 jenis kurs asing. Beberapa pilihan mata uang asing yang bisa kamu pilih diantaranya berupa USD, SGD, AUD, EUR, GBP, CAD, CHF, HKD, JPY, NZD & CNH.

Penempatan Mulai dari USD 100 Dengan Bunga Deposito Valas Yang Kompetitif

Para nasabah digibank by DBS juga bisa menikmati bunga deposito kurs asing yang kompetitif. Kamu bisa mengecek informasi tentang bunga deposito ini lewat Aplikasi digibank by DBS. 

Tenor 1 Hingga 12 Bulan

Tak hanya bisa menikmati bunga deposito valas yang kompetitif, kamu juga bisa menikmati tenor selama 1 hingga 12 bulan hanya dengan menggunakan digibank by DBS. 

Akses Selama 24/7 Lewat Aplikasi digibank by DBS

Tanpa harus ke cabang lagi, kamu bisa melakukan transaksi mata uang asing selama 24 jam penuh lewat satu aplikasi saja. Transaksi semakin mudah, bukan?

Bagaimana? Tertarik untuk melakukan investasi mata uang asing? Yuk, langsung download saja Aplikasi digibank by DBS melalui smartphone kamu sekarang juga.  

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status