Lompat ke konten

Fakultas Kedokteran Gunadarma Merespon Era Digital

  • oleh

Fakultas Kedokteran Gunadarma di era Revolusi Industri 4.0 juga turut mengikuti perkembangan dunia digital. Seperti kita ketahui, saat ini kita memasuki revolusi industri 4.0. Revolusi industri 4.0 atau juga yang biasa dikenal dengan istilah “cyber physical system” ini sendiri merupakan sebuah fenomena di mana terjadinya kolaborasi antara teknologi siber dengan teknologi otomatisasi. Sehingga menjadikan perkembangan teknologi berkembang secara pesat. Pesatnya perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 saat ini akan sangat berpengaruh terhadap karakteristik pekerjaan yang ada saat ini, di mana keterampilan dan kompetensi menjadi hal pokok yang perlu diperhatikan. Hal ini karena di era revolusi industri 4.0 integrasi pemanfaatan teknologi serta internet yang begitu canggih dan masif juga sangat mempengaruhi adanya perubahan perilaku dunia usaha dan dunia industri, perilaku masyarakat dan konsumen pada umumnya.

Karakteristik di era revolusi industri dapat dilihat dari digitalisasi, optimization dan customization produksi, otomasi dan adaptasi, interaksi antara manusia dengan mesin, value added services, automatic data exchange and communication, serta penggunaan teknologi informasi.
Oleh karena itu, dunia pendidikan dan industri harus mampu mengembangkan strategi transformasi industri dengan memperhatikan sektor sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di bidangnya.
Untuk itulah pendidikan tinggi wajib merumuskan kebijakan strategis dalam berbagai aspek untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Perguruan tinggi dituntut untuk memberikan terobosan melalui pemanfaatan teknologi juga beberapa aspek lainnya seperti misalnya kelembagaan, bidang studi, kurikulum, sumber daya, serta pengembangan cyber university, dan risbang hingga inovasi. Di mana dari keseluruhan aspek, inovasi dan terobosan menjadi dua hal yang paling penting dipersiapkan di era revolusi 4.0 ini agar perguruan tinggi juga bisa terus bertahan dan berkembang.

Tentang Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma

Salah satu perguruan tinggi yang siap menghadapi revolusi 4.0 adalah Universitas Gunadarma, Universitas yang telah segudang prestasi dan salah satu universitas swasta berbasis Information Technology (IT) terbaik. Universitas Gunadarma juga telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Saat ini Universitas Gunadarma telah menyediakan sebanyak 38 program studi dimulai dari jenjang D3 sampai Doktoral.
Kurikulum yang disediakan oleh Universitas Gunadarma juga selalu berbasis IT. Tidak hanya itu, materi yang dikandung pun juga harus bermuatan IT. Saat ini, seluruh program studi Universitas Gunadarma juga diarahkan untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Dalam menghadapi kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0 seperti saat ini, Universitas Gunadarma juga mendorong terciptanya sebuah kreativitas, inovasi, dan terobosan pada bidang digitalisasi, diantaranya seperti penggunaan big data, robotik, hingga kecerdasan buatan di lingkungan kampus. Langkah ini pun diimplementasikan pada dua teknologi super canggih yaitu Anatomage dan Super Computer.
Anatomage merupakan sistem visualisasi anatomi tubuh tiga dimensi (3D) dengan layar sentuh berkualitas sangat tinggi. Alat itu dikendalikan melalui ponsel pintar atau gadget untuk menyajikan anatomi tubuh dan bisa mensimulasikan tindakan medis seperti bedah. Teknologi ini secara khusus digunakan di Fakultas Kedokteran Gunadarma untuk merespon era digital.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status