Lompat ke konten

Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah

  • oleh

Mendampingi anak belajar di rumah merupakan tugas tidak mudah bagi orang tua baik di situasi pandemi maupun normal. Perlu kiat tersendiri agar orang tua tetap sabar mendampingi atau membimbing anak, terutama anak di usia di bawah 10 tahun.
Usia anak di awal-awal sekolah dasar kelas 1 hingga kelas 3 merupakan usia anak masih sulit untuk fokus dan konsentrasi. Mereka mudah sekali teralihkan perhatiannya. Padahal mata pelajaran dari sekolah semakin tinggi tingkatannya semakin kompleks pula permasalahannya.
Di satu sisi, mata pelajaran yang diajarkan di sekolah juga sarat dengan pesan sesuai dengan silabus dari Kementrian Pendidikan Nasional.
Nah, supaya anak tidak frustrasi, beginilah tips mendamping anak belajar di rumah.

Orang Tua Perlu Tahu Gaya Belajar Anak

Nah, untuk sukses mendamping anak belajar di rumah, perlu diketahui terlebih dahulu gaya belajar anak. Melalui pendekatan yang benar, belajar menyenangkan dari sisi anak, maka orang tua justru dimudahkan mendampingi. Artinya tidak ada paksaan supaya anak mau belajar.

1-Visual

Anak dengan gaya belajar visual lebih suka dan mudah menerima informasi dengan cara melihat. Segala hal yang menarik secara visual akan menjadi fokus dan mudah dipahami.
Untuk itu kiat orang tua mendampingi belajar adalah menggunakan lebih banyak gambar dari pada kata.
Gunakan penulisan kata dengan huruf yang unik dan ukuran tulisan yang beragam dan berwarna. Bisa ditambahkan menggunakan peta pikiran (mind mapping) warna-warni. Supaya menarik materi belajar yang disajikan dalam bentuk komik cerita.
Kemudian lakukan penataan ruang belajar yang nyaman menggunakan dekoratif hasil karya anak. Sesekali belajar melalui film yang berhubungan dengan informasi yang harus anak pelajari.

2-Auditori

Anak dengan gaya belajar auditori biasanya lebih sensitif terhadap musik dan memiliki minat yang tinggi terhadap musik. Kiat orang tua ketika mendampingi anak belajar di rumah bisa menggunakan intonasi yang dinamis ketika memberikan informasi kepada anak. Bisa juga belajar dengan teknik bercerita. Supaya menarik orang tua juga bisa menggunakan alat perekam untuk membantu anak mempelajari suatu informasi. Bisa bersama-sama merekam, kemudian anak mendengarkan lagi momen mengulang pelajaran.

3-Kinestetik

Anak dengan gaya belajar kinestetik akan lebih peka menerima informasi baru melalui aktivitas.
Nah, kiat orang tua mendampingi belajar pada anak yang tidak mau duduk diam adalah dengan menggunakan alat peraga. Praktekan dan aplikasikan pengetahuan dengan cara praktik langsung, anak akan semakin berminat dalam belajar dan informasi baru lebih mudah untuk diingat.

Belajar Bersama Aplikasi Bimbel Online Ruangguru

Nah, teman-teman yang mati gaya mendampingi anak belajar di rumah bisa banget kunjungi situs aplikasi bimbel online Ruangguru yang bisa menjawab kekhawatiran orang tua.

Berbagai layanan belajar ada di Ruangguru dan berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.
Sekarang ini telah bermitra dengan 32 (dari 34) Pemerintah Provinsi dan 326 Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia. Produk Ruangguru antara lain Ruangbelajar, Ruangbaca, Ruangkelas, Ruanguji, Ruangles, Roboguru, Ruanglesonline, Ruangpeduli, dan Ruangpengajar.

Di aplikasi belajar online ini orang tua akan lebih siap dalam menghadapi PTS, PAS, UTBK, hingga Ujian Mandiri. Selain itu walaupun cara belajarnya melalui aplikasi, para siswa yang telah mendaftar akan diajar oleh Master Teacher dan dukungan fitur berbasis teknologi yang canggih.

Penutup

Metode belajar dari hari ke hari makin banyak langkahnya. Sudah bukan zamannya lagi belajar dengan duduk di kursi menghadap ke meja belajar serta tenang mengerjakan semua latihan soal. Cara belajar seperti ini membuat anak tegang dan membosankan.

Apalagi dengan adanya pengetahuan tentang gaya belajar anak, mulai dari visual, auditori, atau kinestetik, membuat orang tua harus menyesuaikan dengan karakter anak.
Beruntungnya ada aplikasi Ruangguru: Bimbel SD SMP SMA yang dilengkapi dengan fitur-fitur kekinian yang bisa diakses secara online. Misalnya ada DAFA LULU, TEMAN BELAJAR, ROBOGURU, hingga ADAPTO, sehingga anak-anak tidak ada yang merasa tertinggal dan patah semangat.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status