Lompat ke konten

Tips Mempercantik Tampilan Blog

Tips Mempercantik Tampilan Blog

Mempercantik tampilan blog cukup penting bagi teman-teman yang mulai menggeluti dunia blogger. Kehidupan sehari-hari kita sekarang cenderung didominasi oleh unsur visual. Kita lebih suka melihat tampilan gambar daripada membaca tulisan. Meningkatnya peran visual melanda pula ke dunia internet dan merembet ke dunia penulisan termasuk blogger. Tidak ada buku tanpa sentuhan ilustrasi, begitu pula dengan tampilan blog. Itu sebabnya cover buku ada desainernya khusus.
Blog dengan konten bermutu ditambah dengan foto dan ilustrasi menarik akan lebih dilirik dan dikunjungi para pejalan blog. Belum lagi bila disisipkan vlog, membuat blog semakin hidup.

Sebagai dosen, penulis buku dan blogger, sehari-hari saya memakai laptop Asus X2000MA, kapasitas RAM 2 Gb dan prosesornya masih Intel (R) Celeron (R). Padahal Asus sekarang sudah zamannya prosesor generasi ke-6, yaitu Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor yang mempunyai kelebihan hemat daya. Arsitektur dalamnya dikenal dengan tatanan nahalem, memungkinkan beberapa komponen dalam komputer digabungkan menjadi satu dengan prosesor.  Terobosan yang dilakukan oleh Intel dalam memproduksi Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 adalah penggabungan RAM ke dalam prosesor, dengan demikian berpengaruh pada kecepatan kerja RAM tersebut.

Prosesor jenis ini mumpuni banget untuk profesional yang banyak berkutat dengan grafis. Salah satunya adalah blogger, yang memang dituntut untuk menuliskan konten menarik, dan bermutu, tetapi tidak membosankan. Bahkan seringkali awal dari diliriknya sebuah blog adalah berkat adanya tampilan gambar dan format blog yang menarik.
Menurut Jeff Bullas, seorang digital marketer, artikel dengan gambar mendapatkan total kunjungan 94% lebih banyak daripada artikel tanpa gambar. Sembilan puluh empat persen! Tahu begitu kan tanpa berpikir dua kali, sebagai blogger kita akan menyisipkan gambar dan merapikan format artikel kita.

Berikut beberapa tips mempercantik tampilan blog supaya lebih sempurna:

Gunakan Subheader

Header pada blog, ibaratnya mirip dengan header pada buku atau majalah. Sedangkan subheader adalah judul bab-bab pada buku. Subheader ada beberapa tingkatan, yang bisa dicek pada template blog masing-masing. Ada yang sampai 6 tingkat atau disebut sebagai multiple subheader.
Sederhananya, bila kita menulis sebuah artikel pada blog, berilah pointer-pointer sehingga artikel terbagi menjadi beberapa bagian. Hal ini untuk menghindari artikel terlihat terlalu panjang.

Layar Tidak Lebar

Banyak pilihan template sudah mengatur lebar format artikel tidak memenuhi seluruh layar. Template seperti ini secara visual lebih menarik daripada tampilan artikel memenuhi seluruh lebar layar monitor. Patokannya adalah kira-kira 80 karakter atau kurang.
Perhatikan gambar di bawah ini. Sisi kiri, artikel memenuhi seluruh layar, sedangkan sisi kanan merupakan format artikel yang ideal.

layar tidak lebar pada tampilan blog
layar lebar (kiri) dan layar tidak lebar (kanan)

Bold Text and Highlight

Tulisan pada artikel blog lebih bervariasi bila pada kalimat-kalimat penting diberi highlight atau ditulis dengan huruf tebal. Misalnya quote-quote atau tips.

Gunakan Grafis Atau Gambar

Pertama, gambar yang dipilih tentu sesuai dengan tema artikel, dan jangan terlalu besar sehingga melebihi lebar layar. Walaupun secara otomatis gambar tersebut terformat sendiri menyesuaikan dengan lebar layar, tetapi bisa kita atur suai dengan letaknya pada artikel.
Kedua, size atau besarnya gambar tidak lebih dari 100 Kb supaya tidak terlalu lama gambar tersebut muncul di layar.
Gambar yang terlalu besar ukurannya dan loadingnya lama membuat jengkel pengunjung, bisa-bisa artikel belum selesai dibaca, pembaca sudah meninggalkan blog kita.

Adapun jumlah gambar yang akan disisipkan pada artikel disarankan minimal satu gambar untuk tiap 350 kata. Gunakan juga keterangan gambar, dan jangan lupa cantumkan sumbernya bila mengambil foto atau gambar dari sumber lain. Artikel yang mengikuti kaidah SEO, Alt Text pada keterangan gambar sebaiknya mengandung kata kunci/ keyword, yang memudahkan audiens menuju artikel kita.

Untuk foto atau grafis buatan sendiri, langkah-langkah pengaman biasanya diberi watermark. Ada banyak tutorial untuk memberi penanda watermark pada arsip foto-foto kita.
Ingat, begitu sebuah gambar terunggah di dunia maya dia akan melayang-layang selamanya, walaupun sudah kita delete dari file kita.

Tulislah Dalam Paragraf Pendek

Membaca artikel blog berbeda dengan sikap kita membaca artikel cetak atau buku. Kecenderungan membaca blog adalah membaca cepat atau scrolling.
Hal ini mungkin disebabkan tampilan dan paparan layar yang tidak senyaman membaca artikel cetak atau buku. Oleh sebab itu, tulislah artikel dalam paragraf pendek.
Disarankan dua hingga enam kalimat per paragraf.
Bisa juga disusun dalam bentuk list atau bullets, supaya lebih terstruktur dan cepat dibaca.

Warna Latar

Hampir semua blog atau website defaultnya berlatar muda dengan tulisan gelap. Hal ini disebabkan mata kita lebih nyaman membaca tulisan hitam berlatar putih, dibandingkan tulisan putih berlatar hitam. Boleh saja memakai warna latar muda lain, misalnya abu muda, hijau mint muda, kuning pucat, dan warna pastel lain.

Penutup

Di tengah berbagai media sosial mulai dari blog, WhatsApp, LINE, Youtube, Tik-Tok, dan lain-lain, semuanya mengandalkan tampilan visual bahkan animasi dan video. Blog sebagai media yang lebih banyak paragraf tulisan, juga harus mengikuti tren menambahkan unsur visual. Berbagai tips mempercantik tampilan blog bisa teman-teman praktekkan pada blog masing-masing.

Selamat mencoba.

29 tanggapan pada “Tips Mempercantik Tampilan Blog”

  1. Tipsnya mantab Mbak, siap dipraktekkan nih..
    Btw, ASUSPRO B8230 juga keren banget ya Mbak, kecil-kecil cabe rawit.. cocok sekali buat ngeblog..

  2. Ulasannya bagus, mba. Salah satu pendukung untuk ngeblog dan membuat program itu memang laptop yang memadai. Asus pro B830 ini keren banget, yah. 🙂

  3. Keren, jelas , terstruktur dan mudah dipahami. Jadi pengen deh punya yang sepetti itu ASUSPRO B8230 , pasti bis amembantu saya juga mengekspresikan diri, buat anak-anak juga ya….. Thanks Mbak Hani

  4. Saya juga pakai ASUS dengan prosesor generasi ke 6, mengetik, membuat infografis, mengedit video, buka tutup aplikasi, browsing dan lain sebagainya menjadi lebih mulus, keren banget dah pokonya notebook ASUS.

  5. Kereeen Bu Artikelnya juga Notebook Asusnya. Tampilan blognya cuga cantik dan rapi. Blog saya masih gak karuan hehehe.

    1. Wah…makasih yaa. Saya masih belajar nih gimana ngeblog yang baik. Bikin asyik kalo udh ngulik tampilan. Hehe…Sukses ya ngeblognya…

  6. Makasih mbak tips nya. Aku juga mau bebenah nih..postinganku masih acak-adut.

    Asusnya..akubmasih tahap mupeng. Mesti Nabung dulu.. ☺

    1. Iya Mbak Sulis. Asyik kalo udh merapikan. Artikel yg lama2 saya baca2 lagi, rapikan dan tambah2in foto. Saya masih belajar juga, blm ngerti SEO2an…Hehe. Makasih ya sdh mampir…

  7. Hi mbak, aku mampir nih hihihi, keren tulisannya detil dan lengkap. Asus memang keren produknya, terutama di motherboard bagus, salam kenal

  8. senengnyaaa, tengkiu loh mbk sdh ngeshare rahasia bikin konten sekece ini dan mksih jg sdh ngenalin asus ke aku, 🙂

  9. Pingback: Tips Kompres Gambar dengan TinyPNG untuk Wordpress - blog hani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status