Lompat ke konten

Tips Gaya Hidup Frugal Agar Bisa Pensiun Dini

Tips Gaya Hidup Frugal Agar Bisa Pensiun Dini

Persiapan finansial untuk masa pensiun tidak harus menunggu tua, sehingga tidak sedikit investor muda yang mulai menginvestasikan dana yang dimiliki di Reksadana Saham. Hal tersebut dilakukan dengan berbagai tujuan, salah satunya yaitu untuk menyiapkan dana darurat dan bisa melakukan pensiun dini.

Kondisi finansial atau keuangan merupakan hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang agar bisa menjalani hari tua dan masa pensiun yang lebih baik. Tentunya hal tersebut tidak bisa diwujudkan jika Anda sering mengeluarkan dana untuk hal-hal yang tidak penting dan berperilaku konsumtif.

Jadi bagaimana cara mempersiapkan hari tua dan melakukan pensiun dini dalam keadaan merdeka finansial? Salah satu jawabannya adalah dengan cara menjalani gaya hidup frugal atau seringkali disebut dengan istilah frugal living mulai dari sekarang.

Informasi dan Tips untuk Memulai Gaya Hidup Frugal

Selain memahami pengertian frugal living, Anda juga perlu memahami beberapa tips yang perlu Anda lakukan untuk bisa menjalani gaya hidup frugal lebih mudah dan bisa melakukan pensiun dini. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui pengertian dan tips penerapan gaya hidup frugal dengan berinvestasi Reksadana Saham.

1. Pengertian Singkat Gaya Hidup Frugal

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan gaya hidup frugal?
Frugal living merupakan istilah yang menggambarkan gaya hidup seseorang yang cermat dan hemat. Sehingga seringkali melakukan investasi, menerapkan gaya hidup minimalis, homesteading (cara hidup mandiri dengan cara yang mirip seperti hidup nenek moyang, tetapi dengan modern twist dan visi keberlanjutan) dan pensiun dini.

Walaupun gaya hidup frugal berkaitan dengan pensiun dini, namun hal tersebut bukan berarti dilakukan dengan cara resign dari pekerjaan kemudian hidup terlunta-lunta. Sehingga ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan gaya hidup frugal dengan berinvestasi Reksadana Saham.

Seseorang yang menjalani gaya hidup frugal akan cenderung mementingkan pengeluaran untuk hal yang penting sesuai dengan kebutuhan. Seperti halnya dalam memilih sepatu atau tas, orang yang menerapkan gaya hidup frugal akan lebih memilih barang dengan harga yang sedikit lebih mahal tapi dengan kualitas bagus agar bisa bertahan lama dengan tujuan tidak akan sering membeli barang yang fungsinya sama.

Hal tersebut sesuai dengan kesimpulan yang mengatakan jika gaya hidup frugal akan lebih mengutamakan nilai suatu barang dari segi kualitasnya, bukan dari segi harga maupun merek. Sehingga barang-barang yang dipilih oleh generasi frugal biasanya barang yang tahan lama bahkan hingga beberapa tahun kemudian.
Hal tersebut bertolak belakang dengan gaya hidup milenial yang banyak diterapkan oleh generasi muda. Pada umumnya, generasi milenial cenderung konsumtif sehingga membeli barang sesuai keinginan dan mengikuti tren yang tersedia.

Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan beberapa tips gaya hidup frugal untuk mempersiapkan kondisi finansial yang matang. Salah satunya dengan berinvestasi Reksadana Saham yang bisa Anda terapkan saat melakukan gaya hidup frugal.

2. Menginvestasikan Uang secara Rutin

Tips pertama yang bisa Anda lakukan dalam menerapkan gaya hidup frugal yaitu dengan cara menginvestasikan uang dingin di Reksadana Saham.
Tahukah Anda apa itu Reksadana Saham?
Reksadana merupakan salah satu instrumen yang memiliki beberapa produk yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Namun walaupun demikian, cukup banyak masyarakat yang mempertanyakan jenis produk Reksadana dan apa itu Reksadana Saham.

Reksadana Saham merupakan salah satu produk Reksadana yang sebagian besar portofolionya diinvestasikan dalam saham perusahaan. Sehingga tidak mengherankan jika Reksadana jenis ini akan memilih pihak instansi atau perusahaan yang terdaftar di bursa saham.

Selain itu, investasi Reksadana Saham cukup banyak dipilih oleh masyarakat yang memiliki gaya hidup frugal. Karena potensi imbal hasil atau return yang ditawarkan cukup tinggi meski diikuti dengan risikonya yang juga relatif lebih tinggi karena nilainya yang fluktuatif.
Bahkan, potensi imbal hasil Reksadana Saham juga tergolong paling tinggi daripada jenis Reksadana lainnya. Baik jenis Reksadana pasar uang, Reksadana pendapatan tetap maupun jenis Reksadana campuran.

Keuntungan Fitur dan Produk Reksadana Saham di DBS Treasures

apa itu frugal living

Setelah mengetahui beberapa informasi di atas, Anda juga perlu mengetahui priority banking yang memiliki instrumen investasi terpercaya dan menguntungkan. Salah satunya yaitu DBS Treasures yang memiliki berbagai jenis produk Reksadana dengan beberapa keunggulan sebagai berikut.

1. Jasa Pengelola Investasi yang Profesional

Keuntungan pertama dari berinvestasi di DBS Treasures yaitu dapat menikmati layanan jasa pengelola investasi yang profesional. Sehingga Anda tidak perlu khawatir karena Manajer Investasi yang bermitra dengan DBS Treasures akan mengoptimalkan kinerja produk investasi Reksadana yang Anda miliki.

2. Tersedia informasi dan Wawasan Investasi yang Lengkap dan Akurat

Selanjutnya, Anda juga bisa menemukan informasi dan wawasan investasi yang lengkap dan akurat. Proses investasi yang Anda lakukan akan didukung oleh tim ahli finansial yang mengomunikasikan peluang investasi terkini yang sesuai dengan aspirasi Anda, sehingga Anda dapat yakin menangkap momentumnya.

3. Menerapkan Diversifikasi

Pengelolaan dana investasi di DBS Treasures dilakukan dengan cara diversifikasi kepemilikan pada beberapa instrumen untuk meminimalisir risiko.

4. Dapat Melakukan Transaksi dengan Mudah

Terakhir, investasi di DBS Treasures lebih mudah karena menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Selain melakukan transaksi jual beli dan switching, Anda bisa melakukan analisa Reksadana yang didukung data oleh Infovesta. Anda juga bisa membuat SID (Single Investor Identification) oleh KSEI di aplikasi ini.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menerapkan gaya hidup frugal agar bisa pensiun dini dan meraih kebebasan finansial? Demikian ulasan singkat tips gaya hidup frugal dengan berinvestasi Reksadana Saham, semoga bermanfaat.

3 tanggapan pada “Tips Gaya Hidup Frugal Agar Bisa Pensiun Dini”

  1. Menginvestasikan uang secara rutin, ini salah satu hal yang dari dulu cuma gampang kuucapin tapi berat kulakukan huhu. Ada aja buat hedon, ada aja buat belanja mwkkwkw. Kayaknya emang kudu makin bertekad nih bergaya hirup frugal demi pensiun dini, tua kaya raya dan mati masuk surga

    1. Baru tau apa itu frugal Living. Hehe… Pada dasarnya mungkin banyak kita yang sudah menerapkannya. Yuklah komitmen dengan frugal living. Toh itu bermanfaat buat kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status