Lompat ke konten

Bimbingan Belajar Tes Skolastik & Literasi Persiapan SNBT

  • oleh

Tes Skolastik dan Literasi merupakan materi tes untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) yang mulai berlaku di tahun akademi 2023/2024. Banyak di antara masyarakat terutama peserta didik yang belum jelas dengan maksud dan tujuan tes skolastik atau tes literasi ini. Memang segala sesuatu yang baru digelar pertama kali tentunya akan diikuti dengan petunjuk pelaksanaan agar semua mempunyai sudut pandang yang sama. Beberapa bimbingan belajar sudah melakukan persiapan UTBK/SNBT untuk membantu siswa kelas XII atau alumni menghadapi masuk perguruan tinggi.

Baru-baru ini ada pengumuman dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bahwa ada perubahan penerimaan mahasiswa baru untuk perguruan tinggi negeri.

Sebagaimana tertulis dalam Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022, penerimaan mahasiswa baru dibagi ke dalam 3 jalur, yaitu:

  • Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)
  • Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)
  • Seleksi secara mandiri oleh PTN

Pengertian Tes Skolastik dan Tes Literasi

Pertengahan tahun ini Menteri Nadiem menerangkan bahwa tes skolastik tidak berhubungan dengan penghafalan materi seperti halnya tes materi pelajaran.
Pengertian tes skolastik berhubungan dengan kemampuan bernalar, pemecahan masalah, dan potensi kognitif peserta ujian.

Tes Skolastik adalah alat untuk mengukur kemampuan penalaran dan pemecahan masalah calon mahasiswa. Ada empat materi yang akan diujikan, yaitu potensi kognitif, penalaran matematika, literasi Bahasa Indonesia, dan literasi Bahasa Inggris. Tes Skolastik dianggap penting untuk mengukur kemampuan kognitif untuk keberhasilan calon mahasiswa menyelesaikan studinya di perguruan tinggi.

Bahkan soal-soal literasi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam tes skolastik tidak berkaitan dengan teknik gramatikal, melainkan kemampuan memahami logika teks.

Setiap materi Tes Skolastik dan Tes Literasi memiliki pengukuran masing-masing, yang cakupan materinya terdiri dari:

Penalaran Umum

Tes ini untuk mengukur kemampuan penalaran dan kecakapan siswa dalam memilih dan menggunakan informasi yang relevan untuk memecahkan masalah secara logis. Pemahaman materi tidak hanya dari paragraf atau teks, tetapi juga dari kurva, grafik, dan tabel.

Pengetahuan Kuantitatif

Materi ini mengukur kemampuan matematis sederhana dan pemahaman konsep matematika secara tersturktur dan logis. Materi tes mencakup aljabar, logika, peluang, statistika, dan geometri.

Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Tes ini diselenggarakan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Oleh sebab itu siswa harus memiliki wawasan dengan berbagai bacaan untuk mengetahui lebih banyak antonim, sinonim, idiom, dan PUEBI.

Memahami Bacaan dan Menulis

Materi ini mengukur kemampuan siswa di bidang bahasa dan logika verbal. Siswa dalam hal ini harus memahami paragraf, pesan tersirat, dan kesimpulannya.

Program Intensif Ruangguru untuk Pesiapan UTBK/SNBT 2023

Buat teman-teman yang tahun depan akan menghadapi tes masuk perguruan tinggi, Ruangguru menyelenggarakan program bimbel SNBT untuk menghadapi UTBK/SNBT tersebut.
Ada Tryout dengan soal Tes Skolastik, Live Teaching Pembahasan Soal setelah Tryout, gabung di grup Pelatnas UTBK/SNBT, dan latihan melalui bank soal Tes Skolastik terbaru.

Agar siap menghadapi tes SNBT, maka bimbel persiapan tes skolastik bagus sekali untuk latihan prediksi tipe-tipe soal yang akan keluar ketika ujian.
Soal latihan yang tersedia di app merupakan soal terbaru yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan Tes Skolastik pada saat ini.

Cara mengaksesnya mudah banget! Kamu tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pilih kelas UTBK & Ujian Mandiri
  • Pilih Paket “Tes Skolastik”
  • Masuk ke UTBK Center
  • Pilih bagian “Tryout”
  • Kemudian bisa lihat pada bagian “Rekomendasi Tryout untukmu”
  • Pilih Tryout Tes Skolastik (Sesuai Seleksi UTBK/SNBT Terbaru)

Ruangguru bukan hanya menyelenggarakan kelas latihan online tetapi juga kelas offline (tatap muka) dengan fasilitas lengkap serta tetap memerhatikan protokol kesehatan.
Tersedia Smart Classroom, yaitu ruang kelas fasilitas moderen kapasitas maksimal 25 orang, sehingga bisa lebih nyaman belajar bersama.

fasilitas ruangguru
smart classroom

Penutup

Setiap ada perubahan kebijakan yang terjadi di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi seringkali membuat siswa, orang tua, dan guru was-was akan mempengaruhi langkah pendidikan selanjutnya.

Ternyata orang tua tak perlu khawatir karena ada bimbingan belajar tes skolastik yang diadakan oleh Ruangguru. Bahkan bila teman-teman menggunakan kode mitra/refferal TRIHANI, supaya kalian mendapatkan diskon yang lebih besar.

kode refferal ruangguru
kode mitra/ refferl TRIHANI

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status