Lompat ke konten

Memahami Tes Potensi Skolastik Untuk Masuk PTN

Memahami Tes Potensi Skolastik Untuk Masuk PTN

Tes potensi skolastik – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim mengumumkan untuk tahun akademik 2023/2024, salah satu tes masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) adalah melalui Tes Potensi Skolastik.
Seleksi masuk PTN secara nasional selain tes potensi skolastik ini ada pilihan berdasarkan prestasi dan seleksi mandiri oleh PTN bersangkutan.

Ketetapan tes masuk perguruan tinggi negeri memang diatur secara nasional yang sejarahnya cukup panjang. Menurut sejarahnya berikut adalah berbagai tes masuk pergurun tinggi negeri tersebut yaitu:

  • SKALU (1976)
  • Sipenmaru (1983)
  • UMPTN (1989)
  • SPMB (2002)
  • SNMPTN (2008)
  • SNMPTN (2011)
  • SNMPTN dan SBMPTN (2013)

Di tahun 2013 ini ujian masuk PTN dibagi menjadi SNMPTN untuk jalur undangan tanpa tes seperti PMDK (penelusuran minta dan kemampuan). Sedangkan tes ujian tertulis diadakan melalui SBMPTN. Di tahun 2019, ujian tertulis tidak lagi dilaksanakan tetapi diubah menjadi Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).

ujian tertulis berbasis komputer
UTBK di PTN, sumber: CNN

Apa itu Tes Potensi Skolastik

Berbagai tanggapan datang dari pengampu perguruan tinggi maupun pakar pendidikan tentang transformasi seleksi masuk PTN ini.
Tetapi Nadiem menjelaskan bahwa ada lima prinsip yang menjadi landasan perubahan kebijakan tersebut yaitu:

  • Mendorong pembelajaran yang menyeluruh
  • Lebih berfokus pada kemampuan penalaran
  • Lebih inklusif dan lebih mengakomodasi keragaman peserta didik
  • Lebih transparan
  • Lebi terintegrasi dengan mencakup bukan hanya program sarjana, tetapi juga D3, D4, atau sarjana terapan

Dulu ketika saya ikut tes masuk perguruan tinggi negeri, memang ada pengelompokan jalur IPA dan IPS. Jadi bila ingin kuliah di keilmuan teknik, kedokteran, atau ilmu sains, maka harus mati-matian belajar mata pelajaran matematika-fisika-kimia (mafiki).

Begitu pula bila ingin kuliah ekonomi, sastra, hukum atau ilmu politik, ya belajar mata pelajaran IPS. Nah, waktu zaman saya masih ada peluang dari SMA IPA juga tes masuk di jurusan ekonomi atau sastra, yang ikut tes masuk IPA/IPS. Dulu namanya kelompok tes masuk C.
Sejalan bahwa sekarang tidak ada lagi pengelompokan IPA dan IPS di SMA, tentunya perubahan tes masuk ke perguruan tinggi sejalan kalau tidak ada lagi tes mata pelajaran.

Tes potensi skolastik nantinya akan mengukur 4 hal yaitu:

  • Potensi kognitif
  • Penalaran matematika
  • Literasi dalam bahasa Indonesia
  • Literasi dalam bahasa Inggris

Soal-soal seleksi nantinya akan menitikberatkan kemampuan penalaran peserta didik, bukan berupa hafalan.

Contoh Soal Tes Potensi Skolastik

Mau tahu seperti apa contoh soal tes potensi skolastik?

Elang adalah burung
Elang terbang ke Selatan
Beberapa burung terbang ke Selatan

A. Semua burung adalah elang
B. Tidak semua elang yang terbang ke selatan adalah burung
C. Burung bukan elang
D. Tidak semua burung elang terbang ke selatan
E. Tidak semua burung terbang ke selatan

Jawabannya apa ya?

Ini baru satu contoh saja. Tentunya masih banyak soal-soal seperti ini yang harus kalian jawab bila ikut tes potensi skolastik untuk masuk ke PTN.

Bimbingan Belajar Untuk Persiapan UTBK

brain academy
Pengalaman belajar di Brain Academy

Bila memperhatikan contoh soal di atas, sepertinya mudah ya jawabannya, tinggal pilih dari A hingga E.
Tetapi kan tentunya kita tidak boleh pilih tebak kancing, bukan. Jawabannya walaupun berdasarkan nalar harus dipilih dengan tepat.
Nah, apakah nalar bisa dilatih?

Mengingat tes masuk perguruan tinggi masih berupa UTBK (ujian tertulis berbasis komputer), maka kalian tetap bisa latihan soal-soal tes potensi skolastik.
Sekarang segalanya serba online bahkan bimbingan belajar pun kalian bisa mendaftar ke tempat bimbingan belajar online.

Latihan tentang tes potensi skolastik ini tentu saja masih perlu, terutama melatih kecepatan dan ketepatan berpikir. Seperti kita tahu, tes-tes seperti ini dibatasi oleh waktu yang ketat. Apalagi kalau kondisi tegang biasanya malah tidak bisa berpikir, bukan. Sedangkan soal-soalnya harus dibaca pelan-pelan dan dipahami dengan benar.

Buat kalian yang duduk di kelas XII tentunya dari sekarang harus sudah siap-siap memilih jurusan di perguruan tinggi favorit. Untuk itu bisa cek ke website bimbel online terbaik dan memilih kelas reguler-premium-elite.
Semua kelas tersebut kalian akan mendapatkan modul digital, live teaching, konseling dan kelas pengembangan diri. Bahkan ada tes minat dan bakat serta tryout UTBK.

Penutup

Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi masih menjadi cita-cita sebagian besar lulusan SMA untuk menjadi sarjana atau sampai ke jenjang doktoral. Sedangkan bagi SMK bisa juga melanjutkan ke program D4 atau menjadi sarjana terapan yang juga dibutuhkan keahlian di masyarakat.

Tes masuk perguruan tinggi memang berubah sesuai tuntutan zaman dan kita harus update tentang itu. Perubahan tes masuk perguruan tinggi negeri tidak berdasarkan mata pelajaran tetapi pilihan jalur prestasi, tes potensi skolastik, dan jalur mandiri semoga memberikan peluang kepada lulusan SMA. Selain itu masih ada jalur masuk perguruan tinggi yang membutuhkan portofolio sesuai minat dan bakat, misalnya sekolah desain, seni, atau olahraga.

Semoga bermanfaat.

26 tanggapan pada “Memahami Tes Potensi Skolastik Untuk Masuk PTN”

  1. Masuk perguruan tinggi, memang herus mempersiapkan dengan baik ya, Mbak. Soalnya semakin tahun, semakin banyak dan berat saingannya. Dan seingat saya, zaman saya belum ada tes potensi skolastik ini. Makanya bagus juga, yang akan lebih terarah. Salah satunya mendorong pembelajaran lebih menyeluruh.

  2. Semoga anak-anak yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi mendapatkan gambaran tentang tes untuk masuk PTN. Jika dirasa perlu bimbingan khusus, tinggal ikut bimbel online ya.

  3. Baru denger istilah tes potensi skolastik ini mbak.

    Lalu baru tau juga ternyata ada banyak jalur yang harus ditempuh untuk ke perguruan tinggi. Dengan adanya info ini juga bisa memudahkan mereka juga ya mbak. Jadi ada gambaran bentuk2 tesnya.

  4. Anak sulungku ikut SBMPTN tahun 2020 (alias angkatan corona) dan tesnya sudah pakai TPS. Puyeng, katanya, karena persiapan kurang untuk TPS. Alhamdulillah lolos. Tapi akhirnya dia milih ngambil yang lolos dari jalur prestasi.

    Adeknya nih, sekarang kelas 10. Aku deg-degannya dari sekarang karena anak ini santuy banget. Sepertinya sejak sekarang sudah mesti latihan TPS nih.

  5. Ketauan nih kita seangkatan ya bunnn…jaman IPa IPs masuknya pake Umptn ….seruuu yaa jaman dulu pengumuman pake koran pagi2 buta sdh cari loper koran….indahnya masa itu

  6. Persiapan anak saya yang sekarang kelas XII. Terus terang saya ikut puyeng karena dia tidak mau ikut tes PTN dan langsung pilih universitas swasta. Padahal kalau mau mencoba, dengan tes skolatik yang dimulai tahun 2023 peluang untuk masuk PTN masih bisa ya. Terimakasih informasinya yang bermanfaat mbak.

  7. Jawabannya adalah e. Eh, bener gak sih.. Wkwkk,, memang tes seperti ini perlu nalar yg baik.. Dan harus sering latihan juga ya.. Gak hanya asal tebak kancing.. Hehee

  8. Oh, baru tau. Tes potensi skolastik itu kayak semacam tes logika/penalaran, ya Kak? Aku jadi ingat waktu ikut tes UMPTN dulu, ahaha…emang saat itu belajar siang dan malam agar tembus PTN yang diinginkan. Alhamdulillah, saat itu masuk juga sih di PTN idaman.

  9. Waktu sekolah ceki-ceki Tes Skolastik bikin harap-harap cemas hehe. Dan memang banyak persiapan sebelum ikutan tes ini selain belajar, cukup istirahat dan mental pun juga kudu dikuatkan

  10. Aku hadir di SPMB hahaha jadi ketahuan deh angkatannya ya. Hehe.
    Pembahasan ttg tes skolastik kmrin sempat mengjabgat di ruang diskusi di kampus

    Dan entahlah apakah bakal cukup mewakili represtasi seseorang untuk mengambil study s1 apa ndak?

    Sebaiknya memang perlu disiapkan aja ya dg ikut bimbel2.

  11. Jadi ingat aku tuh dulu pede aja ga ikut bimbel apapun pas mau persiapan masuk PTN.. alhasil gagal wkwk. Nanti kalau anakku mau kuliah.. kusarankan belajar di Brain Academy ah biar lebih terarah.

  12. Dari dulu kursus di brain academy emang hasilnya oke. Infonya buatku penting nih. Thanks ya mbak. Abis ini anakku mau masuk kuliah. Aku save nih artikel nya

    1. Contoh soalnya kayak soal test CPNS, apa jangan-jangan bakalan mirip nih yaaa?
      Dan jujurly, soalnya menurut ku malah sulit, nalarnya harus jalan.

  13. tes skolastik ini soal yang menurutku paling sulit banget karena harus menggunakan logika kita. paling sebel kalau udah tes terus keluar soal kayak gini. wkwk

  14. wah istilah istilah jalur masuk PTN ini mengingatkan saya pada mau masuk kuliah dulu. dan untuk bisa masuk ke kampus impian ini memang perlu kerja kerasa salah satunya ikut bimbel di tempat yang berkualitas

  15. Aku generasi SNMPTN mbak, jadi inget dulu waktu mau persiapan daftar PTN dan alhamdulillahnya keterima, memang perlu banyak persiapan ya apalagi yg harus ikut tes2 mandiri gitu

  16. Aq mau share info ini ke adek2 dan ponakan aq yang mau masuk PTN mbak, mereka juga meati paham apa aja yang dibutuhkan dan dipersiapkan.

  17. Contoh soalnya kayak soal test CPNS, apa jangan-jangan bakalan mirip nih yaaa?
    Dan jujurly, soalnya menurut ku malah sulit, nalarnya harus jalan.

    1. Pas banget ini, tahun depan anak masuk perguruan tinggi, mesti paham yah tes potensi skolastik, karena ternyata susah juga. rencana memang mau daftar bimbel online juga buat membimbing belajarnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status