Lompat ke konten

Spot Snorkeling Lombok, Menikmati Keindahan Bawah Laut Lombok

Spot Snorkeling Lombok, Menikmati Keindahan Bawah Laut Lombok

Pertama kali saya ikut snorkeling waktu ikut suami seminar di Mataram, pulau Lombok. Setelah seminar memang ada acara bebas, ke spot snorkeling Lombok yang terkenal ke Gili Trawangan-Meno-Air. Tiga pulau ini merupakan deretan pulau-pulau kecil di utara pulau Lombok.

Setelah itu setiap kami berwisata ke pantai maupun perairan yang memungkinkan ada acara snorkeling, saya daftar sih.

Misalnya waktu ke Flores, menyempatkan snorkeling di Pantai Pink, lalu di perairan dekat Pantai Kanawa. Kemudian waktu ke pulau Seram, Maluku Tengah, menyempatkan snorkeling di Pantai Ora dan waktu hop-on hop-off ke pulau-pulau kecil di lepas pantai laut Seram.

Ke Belitung saja sih yang enggak ikut nyemplung, karena tidak mempersiapkan perlengkapan yang genah.

perlengkapan snorkeling
perlengkapan snorkeling, sumber: freepik

Snorkeling merupakan aktivitas bawah air yang memungkinkan kalian menjelajahi dunia bawah permukaan air tanpa memerlukan peralatan atau pelatihan rumit seperti menyelam atau scuba diving.

Umumnya kita sambil berenang wira-wiri di laut tersebut memandang ke bawah air untuk melihat keindahan ikan yang seliwar-seliwer atau segerombolan ikan yang berenang bersamaan. Kawanan ikan yang gerudug berenang ini namanya schooling fish.

Untuk itu tentu saja memerlukan perlengkapan yang mumpuni. Kalian bisa membawa sendiri perlengkap snorkeling. Bila mendaftar atau ikut agen travel biasanya termasuk juga perlengkapan snorkeling

Berikut rincian perlengkapan snorkeling:

Masker dan Pipa Snorkel

Masker diperlukan untuk melihat dengan jelas segala sesuatu di bawah air. Biasanya masker dilengkapi dengan snorkel terpisah, sejenis tabung berbentuk J. Salah satu ujungnya dimasukkan ke dalam mulut, diantara bibir dan bisa digigit. Sedangkan masker akan menutup wajah hingga hidung, sehingga kita harus bernafas dengan mulut.

Masker model baru, masker full face, maskernya menjadi satu dengan pipa snorkel.

Usahakan berenang tetap dipermukaan dan ujung snorkel tetap di atas air. Ujung snorkel biasanya ada tutup otomatis, yang kalau kalian agak terlalu dalam, ujung akan menutup. Otomatis, kita akan naik lagi ke atas, supaya bisa tetap bernafas.

Bagi pemula, sebelum nyemplung, coba dulu latihan bernafas dengan mulut dengan wajah tertutup masker. Kalau sudah biasa, barulah masuk ke air.

Sirip Renang

Berenang di laut berbeda dengan berenang di kolam renang. Akan lebih mudah bila menggunakan sirip renang (fin), jadi lebih cepat dan terarah. Gunakan renang gaya bebas saja dengan lembut, kalau gaya dada justru sulit.

Pakaian Renang

Perairan laut Indonesia cukup hangat, biasanya sih cukup pakai baju renang biasa. Kecuali perairan dingin, perlu pakai pakaian selam terbuat dari karet.

Rompi Pelampung

Snorkeling di spot snorkeling Lombok walaupun lokasinya di antara pulau-pulau dan boleh dibilang di perairan dangkal. Travel selalu menyarankan untuk menggunakan rompi pelampung (life vest) sambil snorkeling untuk keselamatan.

Ada arus bawah laut tak terduga yang tidak kita sadari. Bisa-bisa saking asiknya mengamati keindahan bawah laut, tau-tau kita sudah jauh dari perahu yang membawa rombongan untuk snorkeling.

Selain itu, berenang di laut, ombaknya bergerak terus, walaupun kita diam saja, ya terombang-ambing sih tetep. Lebih aman pakai rompi pelampung, kan…

Asyiknya snorkeling adalah bisa mengamati makhluk dan biota bawah laut serta terumbu karang di habitat aslinya.

Buat yang suka wisata air, tidak harus jago berenang sih, karena snorkeling cukup ramah untuk pemula, selama kalian merasa nyaman.

Perlengkapan Lain

Kalau memungkinkan, kalian bisa membeli kamera khusus bawah air agar mempunyai kenangan foto-foto keindahan bawah air tersebut.

Membungkus ponsel dengan kantong plastik khusus, tidak saya lakukan sih. Takutnya zonk, ponsel malah rusak…

persiapan snorkeling
persiapan snorkeling, sumber: hani

Indonesia sebagai negara kepulauan banyak spot-spot snorkeling yang menjadi tempat favorit untuk menikmati keindahan di bawah air.

Sampai saat ini, saya sudah dua kali ke Lombok. Pertama kali yang ikut suami, sedangkan yang kedua ikut acara family gathering di kampus. Ada dua spot snorkeling yang sudah saya coba, yaitu di perairan sekitar Gili Air di utara Lombok, dan spot dekat Pantai Pink di timur Lombok.

Berikut beberapa spot snorkeling Lombok yang cukup favorit, merupakan salah satu alasan banyaknya wisatawan mengunjungi pulau ini.

Snorkeling di Gili

Sebenarnya ada 35 pulau yang mengelilingi Lombok. Gili, artinya pulau. Spot snorkeling di utara Lombok, biasanya yang dimaksud adalah Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.

Snorkeling di Gili Terawangan dan Gili Air misalnya sangat cocok jika kalian ingin menjumpai berbagai macam ikan, kerang, dan terumbu karang.

Hati-hati, jangan sekali-sekali menginjak terumbu karang, karena terumbu karang sejatinya hewan laut kecil, rawan patah dan mati.

Pulau yang bersebelahan dengan Gili Meno ini memiliki spot snorkeling yang ikonik. Yakni beberapa patung bawah air yang menjadi rumah bagi ikan yang tak terhitung jumlahnya.
Boleh juga membawa roti atau biskuit, nantinya akan segera dikerumuni oleh ikan-ikan cantik berwarna-warni.

spot gili meno
patung bawah air di Gili Air, sumber: traveloka

Snorkeling di Sekotong

Tempat snorkeling di Lombok yang menakjubkan berikutnya adalah Sekotong. Di Barat Daya, melewati pelabuhan Lembar, terdapat Gili yang menarik untuk dikunjungi.
Pemberhentian pertama biasanya adalah pulau pribadi Gili Nanggu. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat lembut.

Gili lain yang terkenal untuk snorkeling adalah Gili Sudak. Di pulau ini, tidak ada fasilitas modern apa pun. Pengalaman snorkeling di sini sangat mirip dengan Nanggu.

gili nanggu
spot gili nanggu, sumber: traveloka

Snorkeling Lombok Timur

Spot Snorkeling Lombok, Menikmati Keindahan Bawah Laut Lombok
snorkeling lombok timur, sumber: hani

Waktu kami snorkeling di Lombok Timur, merupakan rangkaian perjalanan hop-on hop-off ke Pulau Pasir, yaitu sebuah pulau karang gosong yang timbul hanya ketika laut surut.

Kami berangkat dari Pelabuhan Tanjung Luar di timur pulau Lombok. Rombongan dibagi menjadi beberapa perahu kecil kapasitas sekitar 10 orang. Berhenti sebentar di Pulau Pasir, lalu melanjutkan perjalanan ke Pantai Pink.

pantai pink lombok
pantai pink, lombok timur, sumber: hani

Waktu snorkeling di sekitar Pantai Pink ini hari sudah agak sore, sehingga ombak lebih besar daripada ketika snorkeling di sekitar Gili Trawangan. Akibatnya lebih cepat capai dan beberapa kali harus menghindar dari perahu yang hampir kena kepala.

spot snorkeling lombok
selesai snorkeling seru, sumber: hani

Menikmati wisata alam, salah satunya wisata air, berenang, snorkeling, maupun diving, merupakan aktivitas fisik yang cukup seru. Perlu persiapan sebelum dan sesudah snorkeling tersebut.

Jangan lupa membawa air minum dan sumber energi ala kadarnya, misalnya permen atau kue. Walaupun kita di dalam air, tetap merasa haus. Permen atau kue berguna untuk menambah kalori, karena berenang di laut cukup menguras energi. Bawa juga jaket agar tak masuk angin.

Indonesia sebagai negara kepulauan sangat kaya dengan spot-spot snorkeling untuk menikmati keindahan biota lautnya. Spot snorkeling Lombok, selalu ada tempat-tempat hidden gems yang tidak ramai, tapi tak kalah menarik. Lebih baik lagi, kalau snorkeling harus bersama ahlinya, jangan sendirian.

Spot-spot alami seperti ini biasanya belum dilengkapi dengan fasilitas umum yang memadai. Misalnya belum ada toilet umum, kamar bilas, maupun mushola. Sehingga mungkin harus ikut ke rumah penduduk. Hanya saja, cek dulu kondisi sumber air setempat.

Seringkali di Timur Indonesia ini, air bersih cukup sulit.

Pentingnya sih, kalau berwisata, kalian harus jaga kebersihan, jangan memegang makhluk laut sembarangan, dan jangan membuang sampah sembarangan.

Setelah puas berwisata air, di wisata Lombok masih banyak lagi jenis wisata alam lainnya seperti pegunungan dan air terjun.

Semoga bermanfaat.

29 tanggapan pada “Spot Snorkeling Lombok, Menikmati Keindahan Bawah Laut Lombok”

  1. Wahh aku belum pernah ke Lombok nih Bun. Mau belajar swimming dan snorkeling dulu baru cuss ke sana hehehe. Kalau snorkeling minimal umur berapa ya? Anak usia 12 tahun bisa?

  2. Lombok, pulau yang terkenal dengan Gunung Rinjani yang megah, juga menyimpan pesona bawah laut yang tak kalah memukau. Bagi para pecinta snorkeling, Lombok menawarkan berbagai spot snorkeling terbaik dengan terumbu karang yang masih terjaga dan keanekaragaman hayati laut yang luar biasa.

  3. seru juga ya Snorkeling di Lombok. tapi sayangya beberapa tempat wisata belum dilengkapi dengan fasilitas umum yang memadai. semoga dapat perhatian dari pihak2 terkait agar meningkatkan minat wisatawan

  4. wah seru banget kak, snorkeling di Lombok memang gak salah, lautnya jernih-jernih begitu..btw, snorkeling gak harus bisa berenang ya?

    1. Ga harus bisa berenang kok. Kan pakai life vest, ya pasti ngapung. Tinggal pakai maskernya, lalu nunduk buat lihat ikan².
      Ntar minta bantuan awak perahu buat kembali naik ke perahu. Mereka orang lokal jago berenang…

  5. Wiwin Pratiwanggini

    Serunyaaaaaa snorkeling. Tapi saya tidak bisa berenang sehingga takut kalau mau masuk ke laut tuh.. Gimana bisa snorkeling yak 😀

  6. Snorkling tu seru banget. Liat ikan – ikan dan terumbu karang secara langsung. Lombok juga ternal sebagai spot snorkling terbaik setau aku

  7. Banyak juga ya perlengkapan buat snorkeling.
    Terlebih lokasi buat snorkeling pun tersedia indah di Nusantara kita ini
    Daku keknya belum berani nih, hihi.

  8. Seruuuu….baca dan lihat fotonya. Hehe… Alam bawah laut Indonesia memang indah ya, Mbak. Aku cuma lihat di film-film sih. Karena lihat foto Mbak di bawah air aja … aku yang merasa panik.

  9. Aku dulu ga sampe nyebur sih pas di Gili ini. Paling cuman naik perahu yg bawahnya ada kaca. Jd kita bs lihat apa aja di bawahnya. Termasuk patung bawah air itu.

    Tp ntr pas dkt pantai, kita bs snorkeling sepuasnya. Ganas jg ombaknya kalo pas di tengah. Aku msh phobia ama kedalaman laut soalnya. Wkwk. Jadi kangen ke 3 Gili ini pas ke Lombok.

  10. Banyak bangett pantai baguss di Lombok yaa mba, aku sendiri merencanakan ke Lombok sama suami udah lama tpi selalu terhalang sama agenda lain hiks. Semoga tahun depan bisa jadi kesana

  11. Patung bawah air di Gili Air tuh keren banget. Seru pasti ya bisa snorkling di Lombok. Mana pemandangannya indah juga. Entah kapan bisa ke Lombok. Dulu cuma Pewe yang ke Lombok, tapi ga explore dan snorkling karena ga sempat waktu itu.

  12. Gili-gili di Lombok memang gadak lawan sih, Mbak. Tapi aku belom pernah nyobain snorkelingnyaa sih, cuma jalan-jalannya aja, xixixi.. Kalo ikutan gini tuh, biayanya berapa sih Mbak? Penasaran juga pengen cobain, hehe..

  13. Membaca tulisan ini aku jadi kangen banget snorkeling di Lombok! Emang ya, bawah laut lombok memang sebagus itu.. dan sepengalamanku, kabanyakan ombaknya juga lumayan tenang

  14. Saya punya pengalaman snorkling itu sekali. Seru sih bisa melihat kehidupan di bawah laut. Apalagi kalau bisa lihat karang yang indah-indah. Cuma saya takut sama kedalaman.

  15. Aku punya saudara ((adiknya Bapak rahimahullah)) yang menikah dengan orang Lombok. Jadi pernah merasakan jadi anak pantai. Cailaaaah~
    Wkwkwk… tapi iya gitu, pertanyaanku waktu itu, “Kalau gak bisa renang, apa bisa snorkeling?”
    Dan ternyata jawabannya engga. Jadi pas ke Gili Lombok tuh aku cuma nemenin sepupsku menikmati keindahan alam bawah laut. Bahkan, main cano aja aku gaberani.
    Heuheuu.. kalau diinget-inget, pengen mengulang kembali, rasanyaa..

  16. Jadi kangen mantai nih kalau baca kisah perjalanan di air gini. Terakhir kali snorkeling gini di Nusa Lembongan tahun 2016. Udah lama bangeeeettt… Entah kapan bisa menikmati keindahan bawah air lagi. Moga2 dalam waktu dekat ya mbak…

  17. sudah lama saya tidak ke Lombok, alamnya memang ngangenin banget pengen banget rasanya balik lag ke sana buat liat alamnya, terakhir saya ke sana tahun 2022, pasti banyak tempat baru lagi di sana

  18. Indonesia tuh kaya akan tujuan wisata pantai yang masih bener-bener alami, bersih dan cantik yaaa.. selalu iri liat orang yang liburan ke lombok, semoga someday bisa ke lombok juga bareng keluarga. aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status