Lompat ke konten

Sejarah Singkat Es Krim Dari Masa Ke Masa

  • oleh

Sejarah singkat es krim – Ada beberapa mitos tentang asal-usul es krim. Ada yang mengatakan Marco Polo membawanya dari perjalanannya ke Timur Jauh. Yang lain mengatakan bahwa Catherine de Medici memperkenalkannya ke Prancis ketika dia menikahi Raja Henry II.

Namun sebenarnya es krim sudah dikenal jauh sebelumnya. Bentuk es krim yang paling awal memiliki sedikit kemiripan dengan es krim yang dikenal saat ini.

Alexander Agung dari Yunani kuno suka menikmati minuman dingin yang diberi madu atau anggur. Selama pemerintahan Nero di Roma dari 54-68 SM, es diambil dari pegunungan terdekat dan disimpan di lubang yang dalam yang ditutupi jerami.

Kaisar Dinasti Tang (618-907 M) diyakini sebagai orang pertama yang memakan semacam permen seperti susu beku. Terbuat dari susu sapi, kambing atau kerbau yang dipanaskan dengan tepung.

Kamper ditambahkan untuk meningkatkan tekstur dan rasa. Campuran tersebut kemudian dimasukkan ke dalam tabung logam dan dibenamkan ke dalam kolam es.

Pada abad pertengahan, orang Arab mengenal minuman dingin yang disebut sorbet. Minuman dingin ini sering dibumbui dengan ceri, delima, atau buah quince.

Seiring waktu sorbet terbawa ke Eropa dan menjadi populer di kalangan bangsawan Eropa. Orang Italia dikatakan sangat menguasai teknik pembuatan serbat, yang disusul kemudian oleh orang-orang Prancis.

Pada abad ke-17 di Italia dikenal sorbetto. Antonio Latini (1642-1692), seorang penanggung jawab dapur Raja Muda Spanyol di Naples, Italia, adalah orang pertama yang menulis resep sorbetto. Dia juga menciptakan sorbetto berbahan dasar susu.

Pada tahun 1686, seorang Sisilia bernama Francesco Procopio dei Coltelli membuka kafe pertama di Paris. Kafe tersebut memmperkenalkan gelato, serbat versi Italia. Kemudian Francesco Procopio dikenal sebagai Bapak Gelato Italia.

Sekitar waktu yang sama, orang Prancis mulai bereksperimen dengan dessert beku yang disebut fromage. Salah satu resep awalnya berbahan krim, gula dan air bunga jeruk. Selama abad ke-18 frozen fromage menjadi cukup populer di seluruh Prancis.

Kemungkinan besar es krim tiba di Amerika bersama pendatang Eropa pada awal 1700an. Pada tahun 1790, kedai es krim pertama dibuka di New York. Dari rakyat jelata hingga presiden menyukai dessert baru yang lezat dan menyegarkan ini.

Di Amerika Serikat sampai sekarang es krim masih sangat digemari. Beberapa produsen skala besar, menengah dan kecil bermunculan. Salah satunya adalah Victory Garden, spesialis es krim rendah lemak berbahan dari susu kambing.

Nah, itulah sejarah singkat es krim. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status