Lompat ke konten

Resort Residence, Hunian Nyaman Serasa Liburan

  • oleh

Pengertian resort residence adalah rumah sekualitas resort. Wah, seperti apa itu?
Biasanya yang namanya resort nadanya berbau liburan dan rekreasi.
Sebelum lebih jauh membahas tentang rumah resor, mari kita bahas dulu pengertian resort.

Pengertian Resort

Dalam ilmu arsitektur resort adalah tempat yang merupakan tujuan populer untuk liburan atau rekreasi, atau yang sering dikunjungi untuk tujuan tertentu.
Resort biasanya berkaitan dengan potensi alam atau potensi wisata di lingkungan sekitarnya.
Itu sebabnya ada resort gunung, resort lembah pegunungan, resort pantai, resort danau, dan lain-lain.

Jadi dalam mengolah ruang-ruang pada bangunan, lingkungan sekitar dan potensi alamnya merupakan arah pandangan terbaik dari dalam bangunan.
Misalnya arsitek yang mendesain hotel resor pantai, maka jendela hotel diupayakan arahnya ke pantai semua.
Kok bisa? Ya bisalah kalau arsiteknya jagoan, dia akan mengolah ruangan sedemikian rupa menghadap ke potensi alam terbaik.

Begitu pula misalnya fasilitas resort di pegunungan. Maka hunian di resort tersebut, bisa hotelnya atau cottage, menghadap ke potensi pandang (view) terbaik. Bisa ke arah matahari terbit atau matahari terbenam, ke arah tebing, ke arah hutan, dan lain-lain.

Potensi resort tidak selalu berkaitan dengan potensi pandang (view) tetapi bisa saja suasana lingkungan dan penunjangnya.
Misalnya kalau resort residence danau (Lake Recidence) tentunya dirancang dengan lingkungan udara bersih, tenang, ada ruang terbuka di sekitar danau, dan banyak pepohonan. Sehingga orang-orang yang berada di lingkungan tersebut terbawa suasana akan merasakan lingkungan yang nyaman dan bikin betah.

Kriteria Hunian yang Nyaman

Teman-teman mau tahu kriteria hunian yang nyaman seperti apa?
Berikut adalah kenyaman yang berkaitan dengan perasaan manusia yang ada di dalam bangunan.

1 – Kenyamanan Termal

Kenyamanan termal adalah perasaan nyaman berkaitan dengan suhu ruangan tempat kita berada. Misalnya suhu di dalam kamar, suhu di ruang keluarga dan lain-lain.
Di hotel-hotel yang ada AC-nya kita bisa mengatur suhu ruangan senyamannya kita, supaya tidak kedinginan atau kepanasan.

Suhu kenyamanan tiap orang memang berbeda-beda, tapi kira-kira antara 22-26 derajat Celsius.

Untuk ruangan yang tidak ber-AC, bisa memanfaatkan ventilasi silang. Artinya cukup udara yang bisa mengalir di dalam ruangan dengan desain jendela yang mudah dibuka dan letak bersilangan.

2 – Kenyamanan Visual

Kenyamanan visual artinya menata ruangan sehingga enak dilihat dan tidak membuat setres.
Resort residence yakni mendesain rumah sekualitas hunian resor tentunya harus mengatur tata letak rumah-rumah tersebut agar mendapatkan pemandangan yang baik.

3 – Kenyamanan Audial

Kenyamanan audial berkaitan dengan kenyamanan pendengaran.
Walaupun hal-hal yang berkaitan dengan kenyaman selalu melibatkan rasa, tetapi merupakan sesuatu yang bisa diukur.
Misalnya pendengaran manusia akan merasa bising bila suara yang didengar melebihi 80 dB (decibel). Suara yang melebihi 80 dB misalnya, suara pesawat, suara petir, dan lain-lain.

Nah, sudah jelas ya, rumah yang nyaman akan membuat penghuninya betah dan semangat berkarya,

Penutup

Teman-teman sedang mencari hunian yang nyaman sekualitas resor?
Jangan khawatir, resor tidak selalu mengandalkan ciptaan alam, tetapi bisa juga kita mendesain dan menciptakan lingkungan perumahan yang hasilnya sekualitas resor.

Contohnya adalah Botania Lake Residence di Sawangan, Depok. Kawasan seluas 4 Ha ini dibangun dengan ruang hijau 55% dari total lahan.
Terlihat ya bahwa pengembang sangat memerhatikan kenyamanan lingkungan dan membuat betah penghuninya. Banyak pepohonan di kawasan tersebut merupakan pemasok oksigen alami yang akan menurunkan suhu lingkungan, akibatnya kita tidak merasa gerah.

Selain itu kebijakan menerapkan underground utility adalah menanam semua jaringan utilitas (PLN, telepon, air) di dalam tanah. Maka tidak akan tampak kabel seliweran di atap rumah yang sering mengganggu pemandangan. Lingkungan secara visual akan tampak clean dan menyenangkan.

Botania Lake Residence Sawangan dibangun oleh PT Asia Mandiri Propertindo. Developer ini berkedudukan di Kota Jakarta Barat, dan siap menjual 142 unit hunian dengan konsep rumah tumbuh. Teman-teman bisa memilih dari 5 tipe rumah yang ditawarkan dengan beberapa rumah menghadap danau dengan pemandangan indah, hijau dan asrti, serta dinikmati setiap hari.

Bagi teman-teman yang akan meninjau ke lokasi, silakan datang ke Marketing gallery buka setiap hari dari pukul 09.00 s/d 17.00, Jl. Raya Muchtar No 7, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16511

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status