Lompat ke konten

Personal Color Test, Tren Memilih Warna Personal

Personal Color Test, Tren Memilih Warna Personal

Personal Color Test – Kita mungkin punya warna favorit yang tidak ada alasan kenapa suka, cuma suka aja sama warna tersebut. Bisa juga waktu kecil ketika bayi baru lahir, kalau perempuan, otomatis identik dengan warna pink. Sedangkan bayi laki-laki, akan dikenakan baju warna biru oleh Mamanya.

Bagi kenalan atau teman yang akan mengunjungi si Kecil yang baru lahir tersebut, karena belum tahu jenis kelaminnya, akan membelikan paket baju bayi warna kuning, atau apa saja selain pink dan biru.

Sejak di bangku sekolah bahkan kita diinformasikan kalau warna merah itu berani, sedangkan warna putih itu suci. Warna hitam untuk yang sedang berduka. Warna hijau identik dengan teduh dan sejuk. Lalu belakangan muncul, warna ungu adalah pilihan warna jomblo.

Akhir-akhir ini seliweran di beranda akun IG saya, tentang seseorang yang sedang dipilihkan warna personal yang cocok dengan warna kulit. Posisinya ada orang lain yang rupanya seorang konsultan, lalu mencocokkan beberapa pilihan warna kain sampel yang dipatut bersama depan cermin.

Kegiatan tersebut bernama personal color analysis, artinya konsultan tersebut sedang menganalisis warna yang cocok dengan seseorang.

Tahu ga personal color test ini ternyata dapat menambah rasa percaya diri seseorang bila menemukan tone warna yang cocok. Bisa berupa warna pakaian, sepatu, hingga make up.

Walaupun kulit orang Asia termasuk Indonesia rata-rata berwarna sawo matang, tetapi ternyata warna kulit tersebut ada tone gelap terang yang berbeda-beda.

Personal color test yang sedang marak itu adalah tes untuk mengetahui warna diri dari segi riasan (make up) hingga pakaian. Sering kita mengamati seseorang memakai warna baju tertentu, tetapi terlihat kurang cocok. Tetapi orang lain lagi memakai warna baju yang sama, fine-fine aja.

Nah, itulah sebabnya personal color cukup penting diketahui agar penampilan tetap terlihat maksimal. Kamu bisa melakukan personal color test online yang lebih mudah dan praktis.

Sebelum melakukan tes, kamu harus mengetahui dulu dasar dari tone kulit yaitu skin tone dan undertone.

Skin tone adalah warna kulit yang bisa langsung dilihat dan bisa berubah karena beberapa faktor. Macam-macam skin tone di antaranya adalah sawo matang, kuning langsat, beige atau creme dan putih pucat.

Sedangkan undertone berarti warna dasar kulit yang ditentukan oleh gen. Undertone tidak akan berubah sekalipun terpapar sinar matahari atau perawatan. Macam-macam undertone di antaranya adalah cool, warm, dan neutral.

Untuk mengecek undertone, kamu bisa berdiri di bawah sinar matahari dan perhatikan warna pembuluh darah di bawah pergelangan tangan.

Jika warnanya cenderung biru, maka termasuk cool undertone. Namun, jika warnanya cenderung keunguan berarti neutral undertone.
Orang dengan cool tone cenderung cocok dengan warna pink, lilac, biru, dan pastel yang lebih cerah.

Warm tone terdiri dari warna yang punya undertone kekuningan atau kehijauan. Orang dengan warm tone ini lebih cocok memakai warna oranye-coklat, kuning tua, khaki, dan coklat kemerahan.

Personal Color Test Bersama Wardah

Personal Color Test awalnya populer di Korea, sebagai negara yang warganya sangat perhatian dengan skin care. Tapi kalau mengamati warna kulit perempuan Indonesia dibandingkan dengan warna kulit perempuan Korea, perempuan Indonesia lebih beragam.

Di Indonesia kita bisa menjumpai warna kulit mulai dari putih, kuning langsat, krem, sawo matang, hingga warna yang lebih gelap.

Baru-baru ini saya diberi tahu anak saya untuk mencoba Wardah Color Expert. Menilik Wardah sebagai produsen kosmetik dan skin care Indonesia pastinya lebih paham dengan skin tone orang Indonesia.

Nah, buat seru-seruan, kalian bisa juga cek Personal Color kalian.

Langkah Mengetahui Personal Color

langkah tes warna personal

  • Kalian bisa melalui website atau smart phone ke sini https://personalcolor.wardahbeauty.com/
  • Pilih Basic (4 steps) atau Expert (7 steps)
  • Nanti akan muncul tampilan oval untuk memposisikan wajah kalian. Paling baik kalau di dekat jendela, supaya mendapatkan skin tone yang tepat terkena terang matahari
  • Tunggu beberapa saat
  • Isi nama dan alamat email untuk mendapatkan hasil personal color

Hasilnya akan dikirimkan ke email kalian berupa:

Color Palette & Color F/T Complexion

Personal color presciption saya, Hani, di Autumn Warm. Kebetulan waktu itu ceknya bareng anak, dia ada di Warm aja. Mungkin teman-teman lain kalau coba, beda lagi personal color-nya.

Nah, saya lalu di-email Color Palette, pilihan warna yang cocok. Kebetulan nih, warnanya saya suka semua. Hum…berikutnya kalau pilih baju, warna-warna yang ada di color palette deh…Hehe…

color palette
color palette dan color f/t complexion


Warna MakeUp

Maka Wardah menawarkan pilihan warna makeup yang pas untuk bibir, mata, dan blush on.

Perempuan secara alami pandai mematut. Walaupun mungkin di antara kalian ada yang tak suka dandan, minimal memerhatikan kebersihan dan perawatan dasar.

Kalian juga bisa mencari link-link color analysis dari berbagai website lainnya. Link-link tersebut lebih banyak pilihan untuk konsumen, terutama bagi yang mempunyai warna rambut dan warna mata berbeda.

Mencoba personal color test ini cukup seru dan dalam waktu singkat bisa mendapatkan pilihan warna yang cocok sesuai dengan tone warna kulit.
Color palette tersebut bisa banget menjadi dasar memilih warna pakaian hingga asesoris pelengkapnya.

Semoga bermanfaat.

Sumber:
https://travelingpetitegirl.com/personal-color-analysis/

15 tanggapan pada “Personal Color Test, Tren Memilih Warna Personal”

  1. Wah seru banget nih tes warna untuk personal diri gini. Jadi pengen tes warna yang cocok di bawah sinar matahari ???? tapi aku kalau baju lebih suka sama warna pastel sih, soalnya warnanya kalem.

    Wardah keren banget sih jadi tau warna apa yang cocok buat kita, ini membantu banget nih kalau mau pilih baju buat acara-acara.

  2. saya ikutan nybain, dan hasilnya warm, hehe saya hitam manis soalnya ya. seru aja sih, nyobain ini dan kadang suka ragu pilih tone make up. cukup mewakili dan menjawab keraguan pakai warna apa sebaiknya

  3. Ternyata warna yang cocok untuk pakaian dan yang akan diterapkan pada seseorang ternyata perlu diriset juga ya. Seru nih, semacam ada personal color test gini, jadi bisa secara detail mengetahui warna apa yang paling dominan dan match unk menjaga penampilan agar tetap profesional.

  4. Wah ternyata untuk tahu warna yang sesuai dengan kita ada bantuannya juga ya , keren jadi tahu warna yanh sesuai dengan karakter kita juga . mau coba test personal colour aku.

  5. Asik kalo ada personal color test ini ya, jadi kadang kalau beli lipstik takut jelek di wajah karena warna tone beda banget dengan hasilnya.

    Kalau masalah pakaian, aku suka yang netral alias hitam haha, karena dengan begitu mau warna kulit gak nyambung keknya ttp cakep dengan outfit hitam

  6. Saya punya beberapa warna favorit. Kayaknya seru juga ya kalau dikombinasikan bersama Wardah ini. Apalagi untuk warna lipstick kadang suka ga pede denga warna yang ditawarkan oleh sebuah brand.

  7. Seruuuu. Saya langsung tes dan hasilnya sesuai dengan warna kesukaan saya, tapi kok pilihan warna untuk saya banyak banget jenisnya, sampai bingung.
    Ataukah sayanya yg kurang paham cara mainnya? Entar deh saya coba lagi. Penasaran soalnya.

  8. jadi penasaran nih pengen tahu personal color saya apa, selama ini sih sukanya yang beige gitu, yang amanlah ya di kulit.
    tapi baca ini jadi pengen coba juga untuk tahu lebih lanjut warna apa sih yang cocok untuk makeup look saya *eaaa 😀

  9. Aku sudah coba juga nih buat ngecek warna apa aja yang cocok untuk kugunakan, termasuk ke warna make up yang pas. Setelah coba kuaplikasikan, emang jadi kelihatan lebih segar juga sih kulitku. Akhirnya datanya kusimpan dan kujadiin referensi tiap mau beli outfit baru nih sekarang.

  10. aku juga pernah lihat postingan serupa di IG teh, versi bule nya. dia nyobain sendiri sih setiap baju yang dia pakai warna apa yang paling bisa menonjolkan dan cocok dengannya. kalau yang versi indonesia nya, pernah lihat yang mba ma kerudungan. semua warna kerudung dia cobain. worth to try sih tapi effortnya luar biasa ya, wkwkwk. better nyobain di websitenya wardah tuh.

    tapi aku penasaran nih sama hasilnya, tingkat akurasinya gimana ya? mengingat hasil foto kameran kadang tone nya bisa naik atau turun tergantung kualitas kamera kan ya?

  11. dari dulu saya penasaran dengan personal color test ini, pas saya cek beberapa tesnya lumayan mahal ampe belasan juta gitu kalau di luar negeri, ternyata menemukan artikel ini, jadi penasaran pengen cobain juga ah tar biar tahu warna-warna yang cocok untuk diri saya

  12. Wah, saya jadi ikut penasaran sama personal color saya, nih. Mau coba yang tes di bawah terik itu dulu deh kayaknya, Mba. Selama ini nggak ngeh cara pemeriksaan itu, padahal cukup sederhana, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status