Lompat ke konten

Parafrase Online Memudahkan Proses Penulisan Karya Ilmiah

Parafrase Online Memudahkan Proses Penulisan Karya Ilmiah

Di dunia pendidikan, penulisan karya ilmiah merupakan tuntutan yang harus dipenuhi baik oleh pengajar maupuan peserta didiknya. Parafrase online akan sangat membantu proses penulisan yang mengharuskan pembuat karya ilmiah melakukan parafrase.

Parafrase merupakan proses menulis ulang dengan gaya penulisan sesuai dengan karakter penulis. Parafrase merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh penulis dengan menyebutkan kembali informasi dari sumber lain tapi menggunakan kata-kata sendiri.

Apa Itu Parafrase?

Seringkali dosen, guru, maupun siswa karena berbagai alasan melakukan hal tidak terpuji, yaitu mengakui karya orang lain sebagai milik sendiri untuk mendapatkan kredit, nilai, maupun keuntungan lainnya. Hal tersebut disebut sebagai plagiarism, yang berdampak buruk pada keaslian karya. Adapun plagiat sendiri maksudnya adalah meniru sebagian atau seluruh karya orang lain tanpa menyertakan sumber yang jelas.

Bahkan di dunia kampus, mengambil karya tulisan sendiri untuk karya ilmiah dengan judul berbeda pun, bisa disebut sebagai self plagiarism.
Hal ini bisa menjadi kendala tersendiri bagi dosen yang aktif menulis dan telah menerbitkan banyak karya ilmiah, jurnal, maupun buku.
Apalagi sekarang tersedia banyak software untuk menguji keaslian sebuah karya tulis untuk mencek kemungkinan plagiarism.

Menurut Kamus Oxford Advanced Leaner’s Dictionary, parafrase merupakan “cara mengekspresikan apa yang telah ditulis dan dikatakan oleh orang lain dengan menggunakan kata-kata yang berbeda agar membuatnya lebih mudah untuk dimengerti.”

Itu sebabnya di dunia kampus, parafrase merupakan salah satu cara meminjam gagasan/ide dari sebuah sumber tanpa menjadi plagiat.
Tentunya pengutipannya harus menggunakan kata-kata sendiri tetapi mengungkapkan ide yang sama. Dalam dunia tulis menulis aktivitas ini merupakan hal yang biasa dan legal.
Menuliskan dalam gaya bahasa sendiri akan memperoleh alur yang menjadi kesatuan dengan keseluruhan materi jurnal atau buku.

Menurut OWL Purdue sebuah website yang banyak memberikan ulasan tentang menulis buku akademis, parafrase didefinisikan sebagai berikut:

  • Kemampuan seseorang untuk menulis ulang ide atau gagasan orang lain dengan kata-katanya sendiri dan ditampilkan dalam bentuk yang baru,
  • Merupakan cara yang legal dan syah dalam meminjam gagasan orang lain,
  • Sebuah pernyataan ulang (restatement) yang lebih lengkap dan detail dibandingkan dengan sebuah ringkasan.

Langkah Parafrase Mencegah Plagiarism

Tidak semua dosen atau pengajar mudah menulis sebuah karya ilmiah atau jurnal. Padahal tugas dosen salah satunya juga membimbing mahasiswa untuk menyusun makalah seminar, skripsi, atau tugas akhir.

Oleh sebab itu kita perlu mengetahui langkah menulis yang efektif, termasuk langkah parafrase, agar tulisannya bisa dipahami oleh pembacanya.

Secara garis besar, urutan cara parafrase manual adalah membaca kalimat, menulis gagasan ulang dengan kalimat berbeda, bandingkan untuk mengecek kesamaan gagasan, dan tulis sumbernya.

Berikut ini cara memparafrase kalimat dengan teknik menulis efektif, seperti yang diberikan dari berbagai sumber:

  1. Bacalah teks sumber sampai kalian memahami benar isi teks tersebut
  2. Lebih bagus lagi membaca topik yang sama dari sumber berbeda-beda
  3. Cari kata kunci yang sesuai dengan artikel ilmiah, jurnal, maupun bagian buku yang akan kalian susun
  4. Pelajari berbagai sinonim kata dan cara mengubah sifat kalimat
  5. Buatlah kalimat sendiri dan tulis kembali makna dari teks sumber yang kalian pahami
  6. Bandingkan antara teks asli dari sumber dengan teks hasil tulisan sendiri
  7. Baca berulang-ulang dan bisa dicek kembali melalui software plagiarism checker, untuk antisipasi bila ada kalimat yang sama.
  8. Menggunakan website parafrase online

Jika masih memiliki kesulitan dalam cara memparafrase kalimat, maka mulailah berlatih dari tingkatan yang termudah terlebih dahulu, yakni parafrase kalimat.

Penutup

Pada dasarnya, parafrase adalah suatu upaya untuk menuliskan kembali gagasan maupun pokok bahasan menggunakan bahasa dan kata-kata sendiri. Bisa juga merupakan langkah menceritakan kembali kalimat orang lain dengan cara berbeda, tanpa mengubah substansinya.
Umumnya orang melakukan parafrase untuk menghindari tuduhan plagiasi.

Menggunakan website parafrase online Indonesia akan memudahkan pekerjaan menulis artikel ilmiah atau jurnal, di tengah tugas akademisi yang menumpuk.

Rewriter.id adalah tool parafrase online Indonesia yang dirancang khusus untuk membantu kalian menghasilkan artikel secara cepat dan GRATIS untuk berbagai kebutuhan, mulai dari membuat esai, mengerjakan tugas, menulis jurnal hingga menyusun skripsi. Lengkap dengan tutorial penggunaannya!

Semoga bermanfaat.

Sumber foto Photo by Judit Peter

7 tanggapan pada “Parafrase Online Memudahkan Proses Penulisan Karya Ilmiah”

  1. Alhamdulillah semakin banyak aplikasi seperti ini, akan semakin bagus untuk membantu para dosen, guru maupun siswa untuk lebih mudah membuat karya tulis. Tentu mencegah plagiarsme.

  2. Memang banyak mbak, civitas akademika yang memplagiasi tulisan orang lain untuk karya tulis ilmiah. Agak piye gitu ya. Kalau diparafrase setidaknya ia tahu yang ditulis dan punya effort sendiri.
    Saya juga kadang menulis ulang artikel blog untuk blog lainnya kok Mbak. Tapi manual gitu, seperti memberi tanggapan ke artikel sendiri. hahaha
    Mau coba yang ini aaah… kayaknya lebih cepat selesainya.

  3. Wah bermanfaat banget Bu, terima kasih informasinya
    Menuliskan kembali sebuah gagasan tidak masalah asal ditulis dengan bahasa sendiri bukan plek ketiplek ya kan
    Parafrase ini membantu ya, menuliskan kembali dengan penulisan yang berbeda tanpa mengubah makna

  4. Wah udah lama gak baca yang serius begini
    Memang ya kalau untuk tulisan ilmiah seharusnya lebih teliti dan berhati-hati
    Jangan sampai jatuhnya jadi plagiasi ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status