Lompat ke konten

Paket Wisata Lombok 3D2N Dari Pantai Hingga Gunung

Paket Wisata Lombok 3 hari 2 malam Dari Pantai Hingga Gunung

Paket wisata Lombok 3D2N merupakan salah satu paket wisata favorit di pulau Lombok. Walaupun demikian karena paket ini tergolong ringkas, teman-teman bisa banget lanjut mengambil paket 3 hari 2 malam lainnya hanya berbeda wilayah di pulau Lombok-nya.
Perlu diketahui, pulau Lombok yang luasnya mencapai 5.435 km², obyek wisatanya tersebar di berbagai wilayah, dengan potensi alam bahari, pegunungan, religi, adat-budaya, kerajinan, hingga kuliner. Jadi sangat memungkinkan paket 3 hari 2 malam di Lombok bagian barat, sambung paket 3 hari 2 malam di Lombok bagian timur.
Gimana? Setuju?

Obyek Wisata di pulau Lombok

Pulau Lombok merupakan salah satu pulau di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), ibukotanya Mataram. Pulau yang terkenal dengan istilah pulau 1000 masjid ini mayoritas penduduknya beragama Islam dan memang di mana-mana terdapat masjid. Bahkan sudah biasa ada 2 masjid didirikan berseberangan, sehingga shalat Jumat diselenggarakan bergantian tiap minggunya.
Untuk mencapai pulau Lombok bisa dicapai dari bandar udara internasional Internasional Zainuddin Abdul Madjid di Praya, atau dari beberapa pelabuhan laut yaitu: Pelabuhan Gili Trawangan, Pelabuhan Lembar, dan Pelabuhan Kayangan.

Obyek Wisata di Lombok bagian Barat

Pantai Tanjung Aan Lombok: Dari Airport Lombok menuju ke Pantai Tanjung Aan adalah 24,9 Km dengan waktu sekitar 42 menit. Pantai Tanjung Aan yang memiliki pemandangan yang indah dengan hamparan Pasir Putih, ombak yang tenang dan dikelilingi perbukitan hijau.

Pantai Seger Lombok: Pantai yang memiliki keindahan dengan perbauran antara sungai dan pantai, ada jembatan yang unik dan patung Putri Mandalika sebagai icon sejarah pantai seger yang indah.

Pantai Kuta Lombok: Di obyek wisata ini bisa melihat dengan langsung biru costa keindahan laut kuta lombok dan jernihnya air pantai Pantai Kuta Lombok, dan yang paling unik di pantai ini adalah bentuk pasirnya yang seperti butiran merica. 

Desa Sade Suku Sasak: Desa yang masyarakatnya mejalani kehidupan sehari hari dengan cara yang masih tradisional dan menjaga adat istidat.

Desa Sukarara: Di Desa Sukarare ini anda akan melihat proses pembuatan kain songket khas Pulau Lombok yang sudah banyak peminatnya baik dalam negri maupun mancanegara, bisa praktek menenun dengan menggunkan alat tenun tradisional.

Desa Banyumulek: Merupakan desa para pegerajin gerabah yang hasil karya mereka sampai ke daratan Eropa dengan motiv khas lombok dan kualitas terbaik serta unik. Berbagai macam jenis kerajinan gerabah tersedia disini.

Hutan Baun Pusuk: Di obyek wisata lombok yang satu ini anda dan keluarga bisa menikmati keindahan hutan tropis yang hijau dan kesegaran udara yang masih alami dan bisa memberi makan kacang ke kera – kera jinak di Hutan Baun Pusuk ini.

Gili Trawangan: Obyek wisata Lombok yang populer ini memberikan keindahan alam di pulau yang sangat indah, keindahan bawah laut yang tak di ragukan lagi menjadi idaman para pecinta diving. Beberapa aktifitas yang bisa dilakukan yaitu berkeliling Gili menggunakan sepeda ataupun cidomo (sejenis andong). Snorkeling untuk berintraksi langsung dengan indahnya biota laut Gili Trawangan seperti ikan-ikan, terumbu karang dan lainnya tentu semua itu masih alami dan terjaga dengan baik. 

Bukit Malimbu: Dari Bukit Malimbu ini Anda bisa menikmati keindahan Sunset dan pesona 3 Gili yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air dari kejauhan. 

Taman Narmada: Taman Narmada yang merupakan taman yang di bangun oleh kerjaan Bali dengan mengambil tema Gunung Rinjani dan Taman Narmada ini merupakan miniatur dari Gunung Rinjani.

Obyek Wisata di Lombok bagian Timur

Taman Wisata Pusuk Sembalun Lombok
Taman Wisata Sembalun Lawang, sumber: tjuputography.com

Desa Wisata Tete Batu di Lombok Timur: merupakan satu dari tiga desa yang ditunjuk mewakili Indonesia dalam Best Tourism Village, yakni lomba internasional dari United Nations World Tourism Organization (UNWTO).

Wisata Air Terjun Jeruk Manis Lombok: air terjun dengan tinggi sekitar 30 meter ini mengalir di lembah sempit bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani.

Wisata Alam Gili Kondo Lombok Timur: wisata di Lombok Timur menawarkan liburan ke beberapa pulau gili. Selain Gili Sunut, Anda juga bisa melebar ke Gili Kondo. Pulau kecil tak berpenghuni ini sangat menawan, rindang oleh pepohonan.

Pantai Pink Lombok Timur: Keunikan tempat wisata di Lombok Timur juga terlihat di Pantai Tangsi. Fenomena alam membuat pantai ini lebih terkenal dengan nama Pantai Pink atau Pink Beach. 

Taman Wisata Pusuk Sembalun Lombok: “Pusuk” adalah bahasa lokal untuk menyebut “puncak“. Sedangkan “Sembalun” adalah nama desa dan juga nama kecamatan tempat puncak tersebut berada. Menempati wilayah dataran tinggi pada ketinggian sekitar 1000 mdpl, taman wisata ini menawarkan lanskap molek perlembahan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Itinerary 3 Hari 2 Malam

Itinerary atau rencana penjadwalan paket wisata Lombok 3D2N di bawah ini adalah contoh bila kita berwisata di daerah Lombok Tengah dan Barat. Titik berangkat wisatanya mulai dari kedatangan melalui udara yaitu di bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid. Sedangkan akomodasi, ada banyak pilihan hotel di pulau Lombok, mulai dari hotel untuk backpacker, paket glamping, hotel berbintang, dan hotel resort tepi pantai.

Hari Pertama

  • Penjemputan di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid
  • Mengunjungi Rumah Tradisional Suku Sasak Sade
  • Makan siang Halal
  • Mengunjungi Pantai Kuta dan Tanjung Aan
  • Mengunjungi Kampung Tenun Sukarare
  • Makan Malam
  • Check in Hotel dan acara bebas

Hari Kedua

  • Sarapan di Hotel
  • Gili Trawangan Tour
  • Makan siang Halal
  • Foto Stop Di Bukit Malimbu
  • Mengunjungi Pantai Senggigi menikmati sunset dan berfoto di Pure Batu Bolong
  • Makan Malam
  • Kembali ke Hotel dan acara bebas

Hari Ketiga

  • Sarapan di Hotel
  • Penjemputan untuk belanja oleh-oleh
  • Drop ke Bandara
  • Tour Selesai

Bila kalian ingin melanjutkan perjalanan dengan berwisata ke daerah Lombok Timur, bisa digabung dengan jelajah ke Lombok utara yang juga kaya dengan objek wisata alam. Misalnya daerah kaki gunung Rinjani, air terjun, dan juga wilayah pantai.

Penutup

Sejak Mandalika di Lombok Tengah ditetapkan sebagai destinasi wisata super prioritas, maka imbasnya pulau Lombok mulai dilirik untuk dikunjungi. Banyak kegiatan yang sifatnya adalah seminar ilmiah atau pertemuan bisnis yang kemudian dilanjutkan dengan berwisata.
Itu sebabnya paket wisata Lombok 3D2N merupakan salah satu paket wisata favorit di pulau Lombok.
Padahal bila didata, masih banyak objek-objek wisata yang tidak cukup disambangi hanya selama tiga harian saja.

Di pulau Lombok potensi wisata alam tidak hanya pantai, dengan adanya gunung Rinjani yang merupakan gunung vulkanik aktif, menjadi daya tarik sendiri bagi pendaki atau susur gunung. Tentu saja dengan adanya peningkatan fasilitas pariwisata, seperti hotel, restoran, fasilitas umum, dan pembenahan objek-objek wisata lainnya.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status