Lompat ke konten

Cara Mengganti Oli Pada Mesin Kapal Tempel Suzuki

  • oleh

Seperti kendaraan pada umumnya, mesin kapal tempel atau motor tempel juga perlu dirawat secara berkala. Salah satu perawatan yang wajib dilakukan adalah mengganti oli. Setidaknya lakukan penggantian oli ketika Anda sudah mencapai mencapai jarak tempuh 2.500 km atau sekitar 3 atau 4 bulan sekali. Tujuannya tentu agar gigi atau gear mesin atau motor tempel Anda bisa awet dan tahan lama.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan jika Anda ingin ganti oli perahu motor Anda sendiri:

Siapkan oli dan alat-alat

Pertama tentunya Anda harus menyiapkan alat-alat standar seperti aneka kunci, obeng, pisau atau parang untuk berjaga-jaga jika dibutuhkan untuk membuka kemasan oli. Siapkan oli berkualitas baik seperti oli Ecstar keluaran Suzuki. Oli ini hadir dalam tiga varian, yaitu pelumas mesin 4-tak V7000 dan 4-tak V5000 semi sintetik. Serta 2T V2000 yang direkomendasikan untuk mesin motor tempel 2-tak.

Buka penutup gearbox mesin motor tempel

Gear box pada mesin motor tempel berada di bagian ekor mesin. Letaknya tidak berjauhan dengan perbatasan sambungan body dan ekor, hanya satu jengkal di bawah di ujung ekor. Pada gearbox mesin motor tempel, terdapat penutup yang hanya bisa dibuka dengan menggunakan kunci pas. Setelah penutup tersebut berhasil dibuka, pastikan permukaan ekor mesin jauh dari permukaan air kemudian biarkan oli bekas mengalir keluar dari mesin. Tunggu beberapa saat hingga oli bekas tersebut habis semua lalu isi dengan oli baru.

Perlu Anda ketahui juga bahwa ada teknik khusus untuk memasukkan oli baru ke mesin motor tempel, sebab kesalahan pada saat memasukkan isi oli ke gearbox bisa menyebabkan gigi pada mesin jadi mudah rusak. Selain cara sederhana mengganti oli mesin tempel di atas, catat juga teknik mengganti oli mesin tempel di bawah ini:

  1. Jika umumnya mengganti oli mesin sepeda motor dilakukan lewat lubang bagian atas, pada mesin motor tempel lubang ini terdapat pada bagian bawah. Langkah pertama cara menuangkan oli baru yang benar adalah tentunya memastikan telah memasukkan moncong kemasan oli ke dalam lubang tersebut. Kemudian tuangkan secara perlahan oli ke dalam gearbox.
  2. Jika saat proses pengisian oli terdapat cairan yang meluap dari lubang atas gearbox, ini bisa jadi akibat kandungan gas belum sepenuhnya keluar. Tetap lanjutkan pengisian oli, sambil menutup lubang atas gearbox dengan ibu Jari hingga celah udara tertutup dan pengisian selesai.
  3. Setelah selesai gearbox terasa sudah penuh oleh oli, tutup lubang gearbox bagian bawah kemudian biarkan kipas mesin berputar secara perlahan agar kandungan gas ketika pengisian oli bisa keluar.
  4. Setelah Anda merasa yakin gearbox benar-penuh,tutup lubang sebelah atas,kemudian pastikan kedua penutup gear box telah tertutup dengan kuat dan erat agar air tidak masuk ke gearbox.

Itulah cara dan teknik menukar oli mesin bagi mesin motor tempel, namun ada baiknya jika Anda tidak yakin melakukan penggantian oli sendiri Anda bisa mengunjungi bengkel resmi Suzuki Marine terdekat di kota Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status