Lompat ke konten

Mengenal NFT CryptoPunks Pilihan Investasi Unik

Mengenal NFT CryptoPunks Pilihan Investasi Unik

Memilih instrumen investasi tuh perlu perencanaan yang matang, salah satunya adalah mengenal NFT CryptoPunks, sebuah produk investasi masa kini.
Bagi yang masih mengikuti investasi konvensional, maka investasi menggunakan instrumen crypto/ kripto ini cukup viral karena ada yang melejit mendapatkan keuntungan sangat besar.
Tetapi jangan sampai salah mengambil keputusan, agar tidak boncos karena salah investasi.

Nah, supaya lebih jelas dengan investasi jenis ini, maka perlu diketahui masing-masing terminologi pada judul artikel ini.

Teman-teman tentunya sudah mengenal ya cryptocurrency atau aset kripto yaitu jenis-jenis mata uang digital yang keamanannya dijamin dengan kriptografi.

Aset kripto ini menjadi menarik bagi investor masa kini, karena para pemilik cryptocurrency ini bebas bertransaksi kepada siapa pun tanpa adanya pihak ketiga yang mengatur perputarannya. Meskipun begitu, segala bentuk transaksi yang dilakukan tetap dicatat dan dipantau oleh jaringan aset kripto yang dikenal dengan blockchain.

Berikut adalah aset kripto yang sering kita baca nama-namanya di berbagai media:

Tether (Rp 42,3 triliun)
Bitcoin (Rp 18,5 triliun)
Ethereum (Rp 14,2 triliun)
Dogecoin (Rp 6,8 triliun)
Terra (Rp 6 triliun)

Bitcoin sendiri merupakan aset kripto pertama yang diluncurkan ke masyarakat pada tahun 2009. Bitcoin diciptakan untuk menjadi sistem uang tunai peer-to-peer elektronik, artinya menghubungkan satu gawai ke gawai lainnya di internet tanpa adanya server.

Bitcoin awalnya dilepas ke public seharga $25 atau setara dua potong pizza di tahun 2010. Data terakhir, harga konversi 1 Bitcoin (BTC) ke IDR adalah Rp664.083.204 hari ini.
Itu sebabnya bermunculan aset kripto lain dengan harga lebih terjangkau yang bisa dipesan dari berbagai platform jual-beli aset kripto.

Belakangan muncul NFT yang berarti Non Fungisible Token, produknya bukan berupa mata uang digital tetapi image digital yang hanya diperjualbelikan menggunakan kripto.

Masih ingat kan Gozali yang viral dengan selfie tiap hari depan komputer sejak tahun 2017 hingga 2021? Foto selfienya tersebut ditawarkan di marketplace NFT OpenSea dan dinilai seharga 1,5 miliar rupiah.

Gozali bukan satu-satunya yang mengunggah karya digital ke block chain, artis hingga klub sepakbola turut mengunggah karya-karya NFT.

Bagi penggemar dan pengguna, NFT merupakan era baru koleksi digital. Cara ini merupakan langkah baru untuk mendukung artis, atlit, dan musisi tanpa melalui perantara pihak ketiga.

Bagi kreator, seniman, dan musisi, NFT memungkinkan mereka mendapat keuntungan langsung dari karyanya karena tidak ada potongan dari pihak ketiga seperti perusahaan rekaman, distributor, penerbit, dan lainnya.

Kecenderungan generasi muda yang selalu mencari hal-hal baru, melahirkan CryptoPunks, yaitu aset digital yang berupa gambar-gambar lucu.

Disematkan kata Punks, berasal dari kata “punk” yaitu sebuah gerakan subkultur, yang mulai muncul pada akhir 1970-an, dan sering dihubungkan dengan musik punk rock.

Punk, dianggap gerakan yang menekankan pada kreativitas, eksperimen, dan sikap anti-authoritarianisme serta sering kali dikenal dengan gaya pakaian, musik yang keras, serta sikap yang provokatif terhadap norma-norma sosial.

Dalam wujudnya, CryptoPunks adalah gambar seni piksel 24×24, yang dihasilkan secara algoritmik. Sebagian besar gambar seni tersebut adalah lelaki dan perempuan berpenampilan punky, tetapi ada beberapa tipe yang lebih jarang tercampur: Kera, Zombi, dan bahkan Alien yang aneh.

CryptoPunks memungkinkan kode komputer dieksekusi di blockchain dan hasil eksekusi disimpan selamanya. Biasanya kode dijalankan di server di suatu tempat dan pemilik aset harus mempercayai orang yang menjalankan server.

Hanya saja, menilai satu benda yang tak berwujud seperti CryptoPunks tentu tak hanya tergantung dengan kelangkaannya semata. Terlebih, komunitas kripto sejatinya sulit untuk mengukur harga satu aset yang tak berwujud seperti NFT.

CryptoPunks
nilai image #7613 adalah 71 ETH atau ~$164,191.76

Bagi kalian yang berminat dengan NFT, platform jual-beli aset digital ini bisa kalian cek di beberapa platform di bawah ini, yaitu:

OpenSea

OpenSea merupakan platform marketplace NFT paling besar dalam dunia crypto. Ia berbasis Ethereum dan memiliki jutaan koleksi NFT.

LooksRare

LooksRare adalah platform jual-beli NFT berbasis Ethereum yang baru saja diluncurkan pada akhir 2021. Keunikannya adalah token LOOKS yang akan memberikanmu imbalan.

SuperRare

SuperRare adalah platform NFT yang menjual koleksi-koleksi NFT yang artistik. Jika kamu ingin mengoleksi karya seni digital yang dibuat oleh seniman profesional, SuperRare merupakan platform yang perlu kamu kunjungi.

Immutable X

Immutable X merupakan platform marketplace NFT yang memanfaatkan teknologi layer-2 Ethereum. Biaya transaksi NFT pada Immutable X terbilang sangat murah dan ini salah satu alasan mengapa banyak yang menggunakannya.

Bagi kalian yang masih belum jelas dan lebih memahami apa itu CryptoPunks, bisa banget meluncur ke Crypto News yang bisa diakses di website PINTU. Kalian bisa mempelajari lebih jauh lagi tentang produk-produk NFT lainnya.

Produk-produk NFT tidak hanya gambar-gambar digital, tetapi ada yang berupa benda seni, jam tangan, patung, bahkan tiket nonton FIFA sebuah klub sepakbola terkenal, benda koleksi, hingga games.

macam-macam pilihan nft
macam-macam sistem nft

Sebelum mulai membeli NFT, kamu perlu membeli aset crypto di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli crypto pada aplikasi Pintu:

  • Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading
  • Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu
  • Buka halaman market dan cari koin favoritmu
  • Klik beli dan isi nominal yang kamu mau
  • Sekarang kamu sudah mempunyai aset crypto!
  • Pindahkan aset crypto menggunakan fitur kirim pada halaman wallet

Untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, bisa banget download PINTU sekarang!

PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor crypto baru dan kasual.

Semoga bermanfaat.

21 tanggapan pada “Mengenal NFT CryptoPunks Pilihan Investasi Unik”

  1. Muhammad Rifqi Saifudin

    Salah satu investasi menarik terkini nih NFT ini, kripto harganya fluktuatif banget tapi, harus bener-bener memang kriptografi sih sebelum terjun ke sini. Tapi keuntungan NFT ini bisa bikin kaya raya sih, hehe

  2. Mulai kenal kripto ini ketika Gazali dengan foto-foto NFT nya yang viral itu. Terus jadi nambah kosakata seperti Bitcoin, aset kripto, dan grup band dewa yang beli jas dengan kripto. Semakin lama investasi kripto semakin menjanjikan. Agaknya kita perlu melek juga minimal untuk wawasan saja. Ternyata bisa ya gunakan aplikasi pintu untuk investasi kripto.

  3. waktu awal-awal muncul investasi crypto, aku sendiri masih ga terlalu paham banget. Banyak membaca dari cerita temen temen blogger.
    Mungkin invest crypto ini bisa dijadikan salah satu alternatif lain jika ingin mencoba investasi yang ga biasa ya

  4. Aku kenal NFT ya gara2 viral NFT Gazali yg selfie setiap hari. Baru deh tuh cari tau perkembangan NFT dan gimana prosesnya pembuatan akun dll. Sekarang banyak investasi kripto ya, termasuk NFT CryptoPunks

  5. Wah, gilak ya 1 bitcoin dari $25, sekarang bisa segitu nilainya. Naiknya nggak kira-kira, jujur aku masih awam sih soal crypto dan teman-temannya ini. Tapi sebagai generasi masa depan mau nggak mau memang harus mengenal mereka.

  6. Saya setuju. Jangan dulu tergiur dengan keuntungan sangat besar. Memang investasi yang menjanjikan itu banyak banget iklannya kita jumpai
    Tetapi jangan sampai salah mengambil keputusan, agar tidak boncos karena salah investasi ya…

    1. Saat ini, banyak produk investasi yang bisa kita pilih ya mbak. Salah satunya ya nft ini
      Perlu bang Gilmot pelajari dulu sebelum investasi ya

  7. Sebagai orang yang belum terlalu memahami apa itu crypto, sepertinya saya harus main ke web mereka nih, Mba. Perkembangan era digital saat ini turut pula membawa nama crypto, ya, kan. Jadi, kita harus melek terkait hal ini.

  8. Bitcoin ternyata tidak menempati posisi teratas pemilik aset kripto. Padahal dari kelimanya, hanya nama Bitcoin yang familier. Itu ternyata karena Bitcoin merupakan kripto yang pertama dilepas ke pasaran. Saya baru tahu info NFT ini, terima kasih pencerahannya, Kak.

  9. Jujur dalam dunia NFT, saya baru kenal dengan platform Opensea. Walau belum pernah memiliki aset satu ini, tapi berkat gozali dan beberapa cerita teman, NFT ini sudah sering masuk ke pemberitaan. Bahkan beberapa artis lokal pun disebut-sebut sempat memasarkan koleksinya di sini. Menurut saya, NFT ini memang lebih unik. Ibarat koleksi seni, nilainya pun tak bisa ditebak.

  10. Walaupun belum coba dan memulai investasi di crypto ini, tapi pernah beberapa kali nonton video yang bahas gimana kelebihan dan kekurangan investasi di crypto. Jd makin banyak info lagi deh dr artikelnya bu hani

  11. dulu saya juga belajar tentang crypto ini mba, memang sangat menarik ya belajar soal ini, apalagi kalau yang suka dengan finansial cocok banget, sempat pengen invest di crypto juga, dan dulu awal-awal Ethereum itu paling tinggi )kalau saya tidak keliru) sekarang turun naik ya bergantian

  12. jadi ingat waktu booming nft itu para artis juga ikutan bikin token NFT. jujur kalau untuk crypto ini aku belum berani mbak soalnya masuk investasi dengan risiko tinggi jadi harus benar-benar mengerti sama cara investasinya

  13. wah kratif banget nih .
    aku jadi ingat debat cawapres beberapa waktu lalu ya. salah satu cawapres nyepil akan melakukan literasi crypto melalui anak muda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status