Lompat ke konten

5 Cara Aman Konsumsi Vitamin C 1000 mg Setiap Hari

  • oleh

Konsumsi vitamin C 1000 mg perlu kehati-hatian bila kita akan mengonsumsinya tiap hari. Sumber vitamin C dari bahan alami merupakan sumber vitamin yang cukup mudah diperoleh. Misalnya dari buah-buahan atau sayur-sayuran segar dibeli dari pasar atau supermarket. Selain itu menurut ulasan ke lebih dari 11.000 orang, mengonsumsi 1.000-2.000 mg vitamin C per hari mengurangi durasi pilek sebesar 8% pada orang dewasa dan 14% pada anak-anak.

Dalam artikel ini akan dikupas mengenai seluk beluk vitamin C 1000 mg secara lengkap, meliputi manfaatnya, merk-nya apa saja, beserta dengan harganya.

Tips Aman Konsumsi Vitamin C 1000 mg

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh tetapi juga mudah larut oleh air. Oleh sebab itu bila kelebihan dosis, akan dibuang oleh tubuh melalui air seni.
Selain itu bila kelebihan dosis pun akan berakibat kurang baik untuk kesehatan tubuh.

Oke, pertama akan dimulai dari pertanyaan ini “Amankah konsumsi vitamin C 1000 mg setiap hari?”
Jawabannya, itu tergantung diri si pengkonsumsi, bisa jadi aman bisa jadi tidak, sebab kemampuan orang dalam menyerap vitamin C kedalam tubuh itu berbeda-beda.

Misalnya saja, kebutuhan vitamin C seseorang adalah 75 mg per harinya, namun kita ia mengkonsumsi 75 mg vitamin C, tetap saja orang tersebut kekurangan vitamin C.
Hal tersebut bisa disebabkan banyak faktor, salah satunya kemampuan tubuh dalam menyerap vitamin C, bisa jadi kekurangan vitamin C orang tersebut karena tubuhnya hanya bisa menyerap 37,5 mg vitamin C saja.

Dapat dikonsumsi sebelum dan setelah makan

Vitamin C yang dikenal pula sebagai asam aksorbat merupakan vitamin yang larut dalam air. Jika ada kelebihan vitamin C, maka tubuh akan membuangnya, bisa lewat urin, keringat dan jalur sekresi lainnya. Dengan demikian, waktu terbaik untuk minum vitamin C adalah di pagi hari, sekitar 30 menit sebelum makan. Buat teman-teman yang tidak terbiasa atau punya penyakit maag, bisa mengonsumsinya 2 jam setelah makan, supaya makanan dicerna terlebih dahulu.

Konsumsi bersama makanan apabila merasa mual

Konsumsi vitamin C 1000 mg, dalam dosis tinggi dalam keadaan perut kosong bagi yang tidak terbiasa atau memiliki penyakit maag, tak jarang akan menimbulkan rasa mual hingga muntah.

Untuk menghindari hal ini, konsumsi vitamin C bersama makanan pada waktu dan jam yang sama tiap harinya.
Jika mengonsumsi vitamin C dalam dosis yang tinggi (lebih dari 500 mg), ada baiknya untuk membagi dosis menjadi dua kali sehari. Bisa setengah dosis pada saat sarapan, dan sisanya konsumsi pada saat makan siang. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan penyerapan vitamin C, sehingga tidak terbuang banyak oleh tubuh melalui urin.

Hindari konsumsi vitamin C di malam hari apabila sulit tidur

Beberapa orang mengeluhkan mengalami kesulitan tidur ketika mengonsumsi vitamin C dengan dosis tinggi di waktu malam. Oleh sebab itu sebaiknya hindari konsumsi vitamin C di malam hari. Sebaiknya konsumsi vitamin C di pagi dan atau siang hari dengan dosis 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria.

Jangan konsumsi vitamin C sebelum olahraga

Asam askorbat memiliki kandungan antioksidan yang dipercaya dapat menghambat inflamasi yang terjadi saat sel otot bekerja ketika berolahraga. Namun inflamasi yang terjadi saat olahraga dibutuhkan tubuh untuk proses adaptasi dan perkembangan otot. Sehingga konsumsi vitamin C sebelum berolahraga dapat menetralisir keefektifan vitamin C tersebut.

Sertai konsumsi vitamin C dengan makanan kaya akan zat besi

Asam askorbat ternyata dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Hal ini bagus bagi teman-teman yang mengalami anemia atau kekurangan darah untuk mengombinasikan menu makanan bervitamin C dengan makanan yang kaya akan zat besi. Makanan kaya zat besi yang bisa dikonsumsi, seperti kacang-kacangan, tahu, daging merah, dan sayur berdaun hijau.

Harga Vitamin C 1000 mg

Mungkin, pertanyaan berikutnya yang akan muncul adalah vitamin “C 1000 harganya berapa?”
Harga vitamin C 1000 mg pada dasarnya di Indonesia cukup terjangkau, mulai dari ribuan sampai puluhan ribu rupiah, tergantung merk dan kemasan serta bentuknya.
Berikut adalah kisaran daftar harga beberapa merk vitamin C 1000 mg:

suplemen vitamin C
Vitamin C 1000 Now VCaps, harganya Rp 159.900,- per botol isi 100 kapsul
  • Vitamin C 1000 Now VCaps, harganya Rp 159.900,- per botol isi 100 kapsul. Keunggulan vitamin ini mengandung Bioflavonoid, yang bekerja secara sinergis untuk mendukung pemanfaatan Vitamin C.
  • You C 1000, harganya sekitar Rp 7.000,- sampai dengan Rp 10.000,- per botolnya.
  • Sidomuncul vitamin C 1000, harganya sekitar Rp 10.000,- sampai dengan Rp 15.000,- per dos, setiap dos berisi 6 pcs.
  • Blackmores Bio C 1000 mg, dijual dengan kisaran harga Rp 295.000,- per botolnya, setiap botol berisi 150 tablet.
  • Nat C 1000 mg, biasanya dijual pada kisaran karga Rp 156.000,- untuk 1 botol, dimana 1 botol berisi 30 tablet.
  • Nu health Vitamin C 1000, dipasaran harganya sekitar Rp 111.000,- untuk 1 botol, setiap botolnya berisi 30 kapsul.
  • Amunizer Drink Vitamin C 1000 mg, harganya sekitar Rp 7.500,- untuk 1 botol yang berisi 140 ml.
  • Hemaviton Vitamin C1000 mg, produk yang satu ini dijual dengan berbagai varian kemasan, dari yang bubuk, kaleng sampai dengan yang botolan. Untuk Hemaviton 1000 mg yang kaleng, dijual seharga Rp 39.000,- untuk 1 bundel-nya, dimana 1 bundel berisi 6 kaleng.

Penutup

website sesa.id
website sesa.id

Buat kalian yang bingung untuk membeli suplemen kesehatan, bisa banget ke website sesa.id atau download aplikasi sesa.id di appstore dan playstore.
Ada banyak pilihan suplemen dan vitamin termasuk vitamin C 1000 mg dengan harga bervariasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status