Lompat ke konten

Kenali Istilah-istilah dalam Investasi Obligasi Pemerintah

  • oleh
Penting! Kenali Istilah-istilah dalam Investasi Obligasi Pemerintah

Investasi obligasi pemerintah – Investasi menjadi salah satu cara menarik yang bisa memberikan Anda keuntungan finansial di masa depan. Salah satu jenis investasi yang banyak dipilih adalah obligasi. Investasi ini merupakan investasi yang dananya ditempatkan pada instrumen surat utang. Anda bisa memilih jenis investasi obligasi pemerintah ini, namun sebelumnya, Anda perlu untuk mengenali istilah yang ada di dalamnya.

Istilah-istilah dalam Obligasi Pemerintah

Melakukan investasi obligasi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda perlu mempelajari banyak hal berkaitan dengan investasi ini termasuk beberapa istilah yang sering muncul.
Anda akan lebih mudah untuk menjalankan investasi apabila memahami istilah-istilah tersebut. Apalagi jika ternyata Anda menginvestasikan uang dalam jumlah besar. Ada sekitar 6 istilah penting dalam obligasi yang wajib diketahui antara lain:

1-Obligasi

Sebelum membahas lebih jauh tentang investasi ini istilah pertama yang wajib untuk Anda ketahui adalah obligasi. Banyak dari investor yang masih merasa bingung untuk memilih investasi ini karena bahkan definisi obligasi saja belum memahami.

Obligasi merupakan istilah yang sering dipakai di dunia keuangan. Istilah ini adalah untuk menyebutkan pernyataan hutang dari penerbit untuk pemegang obligasi. Di dalam pernyataan ini juga disebutkan janji untuk membayar pokok utang serta bunganya sesuai dengan waktu jatuh tempo yang sudah ditetapkan.

2-Nilai Nominal atau Nilai Par

Istilah berikutnya yaitu nilai nominal yang juga sering disebut dengan nilai par atau par value. Arti dari istilah ini adalah nilai pokok yang akan didapatkan pemegang obligasi ketika sudah jatuh tempo.

Untuk memudahkan pemahaman, misalnya saja sebuah perusahaan mengeluarkan surat utang sebesar 100 miliar rupiah. Setiap investor bisa membeli obligasi ini minimal sebesar 1 miliar rupiah. Jika telah ditetapkan harga jual 100% = 1 miliar, maka 100% tersebut yang merupakan nilai par.

Pada dasarnya harga obligasi secara umum selalu dinyatakan dalam satuan 100 atau setara dengan 100%. Harga 100 par kurang dari 100 diskon, dan lebih dari premium. Jadi dalam contoh 100 miliar ini, jika harga per harganya par atau 100 maka seseorang dengan nominal modal satu miliar akan mendapatkan obligasi sebesar 1 miliar.

Artinya nilai nominalnya sama dengan nilai obligasi yang diterima. Jika harganya premium Misalnya saja 110, berarti nilai nominal 1 miliar akan mendapatkan 1/100% = 0,91 miliar obligasi. Dengan kata lain, nilai nominal lebih besar dari obligasi.
Jadi untuk menyebut nilai par menggunakan persentase seperti ini. Ada yang melakukan transaksi 110%, 117% atau yang lainnya dengan patokan 100% sebagai nominal tetapnya.

3-Tingkat Bunga atau Kupon

Istilah berikutnya yaitu tingkat bunga atau disebut juga sebagai kupon. Arti dari istilah ini adalah imbal hasil yang harus diberikan kepada pemegang obligasi. Tingkat bunga ini akan dibayarkan setiap periode tertentu misalnya setiap semester atau setiap kuartal.

Jenis kupon bisa berupa fixed kupon atau ada juga yang berupa floating kupon. Hal yang membedakan adalah besar bunga sesuai dengan kesepakatan. Floating kupon biasanya berupa persentase kupon yang nilainya berubah-ubah sesuai dengan suku bunga Bank Indonesia.

4-Jatuh Tempo (Maturity Date)

Jatuh tempo atau sering disebut dengan maturity date adalah waktu yang telah ditetapkan untuk mengembalikan dana. Dana yang dikembalikan harus sesuai dengan nominal penerbit obligasi untuk pemegang obligasi.

Investor akan mendapatkan kembali dananya setelah masa jatuh tempo sekitar 12 bulan atau sesuai dengan jangka waktu yang dipilih. Perlu Anda ketahui juga bahwa semakin lama waktu jatuh tempo, bunga yang akan didapatkan juga akan semakin besar.

Banyak investor yang memilih menempatkan dananya pada obligasi pemerintah dengan jangka waktu lebih lama. Dengan menempatkan dana pada jangka waktu lama, investor akan mendapatkan kompensasi risiko sehingga bunganya juga lebih menguntungkan.

5-Penerbit atau Emiten

Untuk istilah yang satu ini sangat mudah dipahami karena penerbit tentu saja merupakan orang atau instansi yang memiliki utang kepada investor.

Setiap investor yang ingin membeli obligasi sebaiknya memilih penerbit terpercaya dengan peringkat efek yang tinggi. Hal ini untuk menghindari penerbit tidak membayarkan utangnya kepada investor. Jika Anda memilih obligasi dari pemerintah tentu akan merasa tenang karena sudah terjamin oleh Undang-undang serta memiliki peringkat efek yang baik.

6-Klaim Aset dan Pendapatan

Istilah klaim aset artinya adalah menjual aset penerbit obligasi apabila memang ternyata tidak mampu membayar utang kepada investor. Hasil penjualan aset kemudian akan diberikan kepada investor atau pemegang obligasi.

7-Wali Amanat

Wali amanat artinya adalah pihak yang mewakili pemegang obligasi. Tugas utama wali amanat yaitu melindungi pemegang obligasi agar terhindar dari kerugian.

Melakukan Investasi Obligasi Pemerintah Bersama DBS Treasures

investasi obligasi pemerintah
Investasi Obligasi Pemerintah

Anda sudah mengetahui tentang berbagai macam istilah dalam investasi obligasi. Definisi obligasi dapat disimpulkan sebagai jenis investasi yang cukup menguntungkan terlebih jika Anda memilih obligasi pemerintah. Untuk bisa menjalankan investasi obligasi dengan mudah, Anda bisa mulai bersama perbankan prioritas DBS Treasures.

Ketika Anda memilih investasi ini, artinya uang Anda akan digunakan oleh pemerintah dan akan dikembalikan setelah jatuh tempo beserta dengan tingkat kupon sesuai jangka waktu yang telah disepakati.

Fitur & Keuntungan dari Investasi Obligasi Bersama DBS Treasures

Beberapa potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari investasi ini adalah:

Diterbitkan oleh Pemerintah

Investor akan merasa tenang karena investasi ini diterbitkan oleh pemerintah dan dijamin dalam Undang-undang.

Beragam pilihan

Memiliki jangka waktu sesuai preferensi serta beragam pilihan mata uang IDR, USD, dan EUR.

Kupon Reguler

Setiap investor memiliki potensi untuk mendapatkan kupon secara periodik dari penerbit obligasi.

Potensi Capital Gain

Apabila terjadi kenaikan harga obligasi, Anda bisa menjualnya untuk mendapatkan potensi keuntungan sebelum masa jatuh tempo.

Kupon kompetitif

Jika dibandingkan dengan rata-rata bunga deposito berjangka, kupon yang diberikan relatif lebih kompetitif dan lebih tinggi.

Tanpa biaya tambahan

Investasi ini juga tidak ada biaya tambahan kecuali selisih harga jual dan beli.

Transaksi 24/7 via Aplikasi digibank by DBS

Anda bisa melakukan transaksi jual beli produk obligasi melalui Aplikasi digibank by DBS kapan saja dan di mana saja selama 24 jam.

Penutup

Jenis investasi ini memang sangat menarik untuk para investor yang ingin mendapatkan potensi keuntungan yang cukup besar di masa depan. Anda bisa merasakan banyak kemudahan berinvestasi obligasi pemerintah dengan yakin bersama DBS Treasures.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status