Lompat ke konten

Cara Membuat Website Mudah Dengan Platform WordPress

Cara Membuat Website Mudah Dengan Platform Wordpress

Cara membuat website di zaman serba digital ini sangat diperlukan, karena menjadi ujung tombak promosi untuk personal branding, perusahaan, atau toko online. Tentu saja ada langkah-langkah yang harus teman-teman lakukan agar website-nya nanti banyak dikunjungi orang dan toko onlinenya laris.
Kita bisa menghubungi jasa membuat website from scratch, bisa juga utak-atik membuat sendiri, melalui tutorial Youtube atau websiter lain.
Bila ingin membuat sendiri from scratch, kalian bisa menggunakan kode dan script atau pilihan platform Blogger, Medium, Weebly, serta WordPress. Kali ini saya menunjukkan cara membuat website dengan platform WordPress, karena menurut penelian, lebih 40% website dan toko online menggunakan WP.

Persiapan Membuat Website Mudah

WordPress muncul pertama kali pada tahun 2003, merupakan hasil pengembangan layanan publikasi online oleh Matt Mullenweg dengan Mike Little.
Platform WordPress bisa diakses secara free melalui website wordpress.com, bahkan bisa diunduh aplikasinya melalui apps playstore. Akibatnya teman-teman bisa semakin mudah ngeblog dari smartphone saja.
WordPress bisa diakses dari dua alamat yang berbeda sesuai kebutuhan, yaitu:

  • WordPress.com: untuk pengguna yang ingin membuat blog sendiri secara cepat dan punya alamat website.
  • WordPress.org: untuk pengguna yang ingin memodifikasi WordPress menurut kebutuhan sendiri atau ingin membuat blog menggunakan alamat dan server sendiri.

Saat ini WordPress adalah platform content management system terpopuler. Karena sifatnya yang open source (sumber terbuka).

Untuk membuat situs tersebut tentu saja ada persiapan terlebih dahulu agar waktu, tenaga, dan biaya pembuatan tidak sia-sia.

1-Konsep

Pertama teman-teman harus menyusun konsep terlebih dahulu. Situs yang akan dibuat harus sesuai tujuan dan manfaatnya. Misalnya situs toko online, website pribadi, perusahaan, website portfolio, forum, website pemerintahan, atau berita online.
Masing-masing situs yang berbeda tentu saja informasi yang akan ditayangkan perbeda fokusnya.

2-Nama Domain

Membuat nama domain bisa gampang-gampang susah dan membutuhkan waktu untuk brainstorming. Ada baiknya nama domain juga menampilkan brand yang menjadi ciri khas.
Bila nama toko online, pada nama domain sekaligus mencerminkan nama tokonya. Misalnya hijabkatun.com, mainananak.com, tastyfrozenfood.com, dan lain-lain

3-Struktur Kategori dan Informasi Website

Kategori adalah sub bidang yang akan dibahas nantinya pada situs. Misalnya untuk website mainan anak, bisa dipecah kategorinya untuk mainan anak bayi, menurut kategori usia, kategori material mainan, atau kategori harga.
Tujuannya untuk memudahkan pemilik laman mengisi informasi produk dan memudahkan klien mencari produk tertentu.

4-Webhosting Terpercaya

Bila kita memilih website dengan platform WordPress, maka harus juga berlangganan hosting agar situs bisa diakses. Ada beberapa pilihan hosting, mulai dari shared hosting, dedicated hosting, cloud hosting, atau VPN hosting.
Setiap jenis hosting mempunyai spesifikasinya masing-masing, mulai dari layanan jumlah situs, kuota, dan kecepatan.
Webhosting terpercaya juga memberi fasilitas bagi klien yang akan mengembangkan websitenya melalui platform WordPress dengan hosting khusus WordPress Hosting.

5-Membuat Akun WordPress

WordPress Softaculous
WordPress Manager by Softaculous

Nah, kalau teman-teman sudah mantap dengan nama domain dan siap membuat situs, salah satu langkah cara membuat website mudah adalah membuat akun WordPress melalui cPanel di hosting:

  • Cari perangkat lunak WordPress Manager by Softaculous
  • Install WordPress
  • Kaitkan nama domain
  • Lengkapi info nama site dan url domain
  • Tambahkan SSL
  • Buat landing page atau struktur blog menurut kategori

6-Product Knowledge

Situs cantik tidak lengkap bila tidak disertai dengan product knowledge yang mumpuni.
Bila situs yang dibuat adalah website toko online, maka pengelola laman harus meng-hire content writer yang paham betul produknya. Kemudian juga situs harus dilengkapi dengan call to action untuk memudahkan konsumen untuk mengetahui tentang produk, memesan, dan melakukan transaksi.

Penutup

Nah, itulah cara membuat website mudah dengan platform WordPress. Keuntungan situs yang telah ditingkatkan menjadi domain berbayar, maka kalian bisa memilih dan menyematkan plugin sesuai kebutuhan.
Plugin adalah kode software dengan fungsi tertentu yang memungkinkan aplikasi atau program untuk menjalankan fitur tambahan di aplikasi atau program WordPress tersebut.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status