Lompat ke konten

Blogger Belajar Copywriting Agar Blog Ramai Pengunjung

Blogger Belajar Copywriting Agar Blog Ramai Pengunjung

Blogger belajar copywriting – Baru beberapa tahun ini saya menggeluti dunia ngeblog, menjadi author dari beberapa blog yang saya kelola. Awalnya blog yang isinya curhat atau informasi ringan tersebut saya tulis di blog non-TLD alias platform gratis. Kemudian setelah blog-blog tersebut saya daftarkan domainnya menjadi domain TLD, barulah saya berpikir monetize blog tersebut. Harapannya tentu saja agar blog tersebut menghasilkan. Sukur-sukur jadi penghasilan kan…

Banyak cara untuk akhirnya blog saya dilirik orang atau agensi yang menghubungkan dengan klien atau pemilik brand. Antara lain bergabung dengan komunitas blogwalking, mendaftarkan blog ke marketplace backlink, atau info dari teman…
Selain itu tentu saja saya berusaha optimasi blog agar mudah dicari di mesin pencari dan update dengan artikel berkualitas.

Langkah Optimasi Blog Melalui SEO

Optimasi blog mengikuti kaidah SEO (search engine oil optimization) adalah membuat konten blog agar cepat terindex oleh mesin pencari.
Berikut langkah-langkah agar artikel blog kita ramai pengunjung, yaitu:

1-Artikel mengandung kata kunci

Banyak teman-teman sesama blogger yang menulis artikelnya masih suka-suka menurut kata hati. Engga apa-apa juga sih, kalau artikel curhat, mah.
Tetapi buat blogger yang memerhatikan pageview atau pengunjung blog, ada baiknya menulis berdasarkan kata kunci yang memang dicari orang.

2-Kata kunci pada judul dan permalink

Buat judul semenarik mungkin, paling banyak 8 kata, usahakan kata kunci diletakkan di depan. Begitu pula dengan permalink-nya atau url-nya, harus mengandung kata kunci. Maksudnya supaya artikel kita mudah dicari di mesin pencari.

Selain itu kata kunci juga dicantumkan di sub-judul atau H2. Sebaiknya juga artikel ada H2, H3, hingga H4.

3-Judul tidak lebih dari 60 karakter

Silakan membuat judul tidak lebih dari 60 karakter ya, kira-kira 6-8 kata. Kata yang mengandung 3 huruf tidak dihitung sih. Misalnya ‘dan’, ‘itu’, atau angka di depan judul.

4-Menyebar kata kunci di artikel

Menyebar kata kunci di artikel mulai dari 100 kata pertama di pendahuluan. Kemudian di badan artikel dan di paragraf penutup.
Tapi jangan terlalu banyak juga sih, minimal 3 kata kunci, dan tergantung juga pada jumlah kata atau panjangnya artikel.
Ada yang menghitung sebanyak 10% dari jumlah kata. Kalau artikel 300 kata ya, 3 kata kunci.
Tapi tidak mutlak ya…

5-Kata kunci pada alt image

Banyak blogger atau penulis konten digital yang abai dengan menuliskan kata kunci pada alt image. Padahal tips ini cukup membantu untuk audiens yang mencari artikel melalui kata kunci.
Bila kata kunci juga tertera pada image, secara tidak langsung akan menyasar ke artikel, dibaca, maka akan menambah pengunjung.

Nah, kalau menulis artikel menurut kaidah SEO sudah dijalankan, masih ada hal lain yang perlu diperhatikan. Yaitu menulis semenarik dan sepersuasif mungkin. Tidak menutup kemungkinan dalam satu konten menghadirkan sekaligus content writing dan copywriting.

Pentingnya Blogger Belajar Copywriting

Bila sebelumnya kalau membuat konten blog asal menulis, ternyata cara saya ini belum sepenuhnya tepat. Sebagai blogger kita harus membuat konten yang informatif tentang objek, peristiwa, atau tempat tertentu. Bila ada artikel review produk tentu saja blogger belajar copywriting juga supaya artikelnya menarik.

Copywriting adalah tindakan atau pekerjaan menulis teks untuk tujuan periklanan atau bentuk pemasaran lainnya. Produk yang disebut copy atau sales copy adalah konten tertulis yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan pada akhirnya membujuk seseorang atau kelompok untuk melakukan tindakan tertentu.

Masalahnya, dalam menulis atau mengulas produk tersebut sebaiknya tidak blak-blakan jualan, tetapi harus secara harus, istilahnya soft selling. Nah, tentunya ada kiat-kiat kan untuk menuliskan kalimat persuasif yang tidak terasa jualan padahal jualan gitu.

Berikut adalah tips sederhana blogger belajar copywriting:

  • Pahami product knowledge (pengetahuan tentang objek yang akan ditulis). Misalnya akan menulis review produk perawatan tubuh, tentunya harus dicoba produknya.
  • Tentukan audiens. Kalau produk perawatan tubuh perempuan remaja, tentunya audiens yang disasar adalah remaja.
  • Gaya bahasa penting diperhatikan. Apakah artikel kita ditulis secara ringan dengan bahasa gaul atau untuk audiens dewasa.
  • Storytelling adalah menceritakan sesuatu dengan mengalir, sehingga orang yang membaca bisa membayangkan dengan jelas. Uraiannya yang tidak pointer atau deskriptif, tapi mengalir saja justru lebih menarik. Cerita pengalaman pribadi mengandung curhatan juga boleh…
  • CTA adalah singkatan dari call to action. Jadi misalnya menuliskan review produk perawatan tubuh, arahkan audiens untuk membelinya, beri link ke website, nomor kontak, dll.
bootcamp copywriting di skill academy
Bootcamp Copywriting

Buat teman-teman yang mau lebih paham lagi tentang copywriting bisa banget ikutan Bootcamp di Skill Academy Camp. Ada berbagai kelas untuk meningkatkan skill kalian.
Untuk kelas copywriting ditujukan bagi seseorang yang ingin berkarir sebagai content writer di dunia digital. Pelatihan ini akan mempelajari hal-hal yang diperlukan untuk menjadi content writer mulai dari menulis blog dan artikel website, sampai menulis caption untuk Facebook dan Instagram.

Penutup

Menjadi penulis konten (content writer) tampaknya menjadi profesi favorit di era digital sekarang ini. Profesi seperti ini membutuhkan skill copywriting yang mumpuni dan tentunya perlu belajar dari instruktur yang tepat.

Di Skill Academy Camp by Ruangguru, kalian akan mendapatkan instruktur yang kompeten pada bidangnya. Contohnya untuk kelas Copywriting yang akan dimulai bulan September 2022 ini harganya diskon hingga 83%, dari harga semula Rp 2.000.000,-
Biaya akhir sebesar Rp 350.000,- kalian akan belajar sebanyak 4X pertemuan, secara online melalui webinar. Kalian akan mendapatkan materi online video yang dapat diakses selamanya serta di akhir kelas akan mendapatkan sertifikat.

Semoga bermanfaat.

2 tanggapan pada “Blogger Belajar Copywriting Agar Blog Ramai Pengunjung”

  1. Terimakasih ilmunya. Bermanfaat banget bagi pula seperti saya. Semoga ke depan dapat menulis lebih baik lagi di Duni perbloggan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status