Lompat ke konten

Cara Asik Belajar Finansial Melalui Money & Finance Games

Cara Asik Belajar Finansial Melalui Money & Finance Games

Money & Finance Games – Banyak orang yang menganggap belajar finansial atau keuangan itu sulit, karena kita bersinggungan dengan menghitung dan hal-hal abstrak. Memahami keuangan memang perlu logika, nalar, kesabaran, dan ketekunan. Seringkali kita memerlukan latihan berulang baru paham. Itu sebabnya belajar keuangan bisa dipahami asalkan sabar dan tekun.

Di sisi lain, guru di sekolah atau orang tua di rumah sering menganggap anak-anak belum perlu belajar tentang uang, seolah nanti dianggap mata duitan. Padahal dalam keseharian kita tak lepas dengan hitung-menghitung membeli sesuatu.

Nah, bisakah anak-anak mulai diajarkan tentang finansial supaya mereka tidak canggung?
Ternyata sangat bisa yaitu melalui Money & Finance Games dari mortgagecalculator.org.

Sebetulnya kalau kita perhatikan banyak hal di kehidupan sehari-hari selalu berkaitan dengan keuangan, sehingga harusnya tidak perlu menghindar.

Orang sering mengaitkan keuangan dengan berhitung, penjumlahan-pengurangan, perkalian-pembagian, dan hal-hal yang berkaitan dengan angka-angka. Walaupun tidak sepenuhnya benar, memang dengan melatih kebiasaan berhitung, akan membiasakan otak untuk berpikir secara terstuktur dan runut. Kita akan terbiasa bertindak sistematis, teliti, cermat, cepat, dan tidak ceroboh.

Hitung-menghitung dalam kehidupan kita dijumpai misalnya belanja ke tukang sayur. Tentang berapa kilo barang yang dibeli dikali harga per kilo. Atau sebaliknya bila kita hanya membeli sedikit, berapa yang harus dibayarkan. Bila terbiasa menghadapi kegiatan jual-beli, maka kita jadi terbiasa menghitung cepat tanpa harus mengandalkan kalkulator atau alat hitung lainnya.

Bagi anak-anak dengan mengenalkan keuangan sejak dini, mereka akan belajar mengelola uang saku atau bisa juga belajar bisnis. Melalui mengelola uang dengan benar, maka mereka akan lebih hemat dan bijaksana membelanjakan uangnya.

Money and finance games adalah permainan yang bertujuan untuk membantu orang belajar tentang manajemen keuangan, investasi, atau mengasah kemampuan dalam mengambil keputusan finansial. Permainan ini sering digunakan dalam program pelatihan atau seminar untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam hal keuangan.

Contoh permainan money and finance games antara lain:

  • Monopoly: Permainan papan yang mengajarkan tentang manajemen keuangan dan investasi. Pemain harus membeli, menjual, dan mengelola properti untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.
  • The Game of Life: Permainan papan yang menirukan kehidupan nyata, termasuk karir, keluarga, dan keuangan. Pemain harus mengambil keputusan tentang investasi, asuransi, dan pengeluaran sehari-hari.
  • Stock Market Game: Permainan simulasi investasi saham yang mengajarkan tentang bagaimana membeli, menjual, dan mengelola portofolio investasi.
  • Budget Hero: Permainan online yang mengajarkan tentang pengelolaan keuangan pribadi dan kebijakan publik. Pemain harus membuat keputusan tentang pengeluaran, pajak, dan kebijakan publik untuk mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.

Permainan ini dapat membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan keuangan, serta membantu orang belajar mengambil keputusan finansial yang bijaksana. Namun, perlu diingat bahwa permainan ini hanya simulasi, sehingga tidak selalu mencerminkan kondisi keuangan yang sebenarnya dan hasilnya tidak bisa dijadikan jaminan dalam pengambilan keputusan finansial yang sebenarnya.

Teman-teman, berikut ini adalah contoh permainan tentang uang dan finansial dari mortgagecalculator.org/moneygames/, sebuah website gratis yang bisa dicoba langsung tanpa harus diunduh terlebih dahulu.

Jenis-jenis permainannya banyak pilihan, mulai dari menghitung sederhana, hingga permainan yang menampilkan konsep baru, termasuk permainan saham, Bitcoin, hingga NFTS.

Grocery Cashier

grocery cashier
bermain belajar sebagai kasir toko

Grocery Cashier adalah permainan ketika anak -anak dapat berlatih penambahan dan pengurangan sejak muda dengan mengoperasikan mesin kasir virtual. Jadi kalian seolah-olah di sini memerankan seorang kasir di toko virtual.

Cara memainkannya mudah, setiap barang yang muncul di conveyor belt, tinggal mengetikkan angka harga item lalu menekan tanda (+) di tombol. Begitu muncul item berikutnya, tambahkan harga item, dan tekan tanda (+).

Untuk memasukkan payments, kita harus klik dan menekan tombol pada mesin kasir.
Sama halnya dengan mesin kasir sungguhan, maka jumlah harga belanjaan akan muncul di layar. Permainan ini menggunakan mata uang dollar dan tidak perlu repot memikirkan pecahannya.
Selanjutnya tinggal klik TOTAL.
Saat memasukkan jumlah, kita tidak perlu memasukkan apa pun untuk setelan desimal jika harga produk adalah angka dolar & tidak harus memasukkan uang untuk produk yang dihargai dalam dolar dan koin.

Jika pelanggan membayar melalui voucher hadiah maka masukkan jumlah voucher hadiah dan tanda minus (-). Kita tidak membuat perubahan untuk pelanggan yang bermain dengan voucher hadiah. Cukup masukkan jumlahnya, tanda (-), lalu klik tombol DONE di sebelah kanan. Nanti akan muncul angka kembalian yang harus dibayarkan ke konsumen.

Jika pelanggan membayar dengan uang, masukkan jumlah yang mereka bayar dan kemudian klik tombol PAY. Selanjutnya kita mengklik tagihan dan koin yang terkait dengan jumlah yang harus dibayar, selanjutnya klik tombol DONE setelah selesai.

Setiap pelanggan akan mewakili level yang berbeda pada setiap permainan. Semakin lama kita memainkan permainan ini, dan jumlah item tambah banyak yang harus dihitung oleh kasir, maka waktu yang diselesaikan akan semakin cepat. Tujuannya adalah agar kita bisa menghitung dengan cepat.

Cash Back

belajar jual-beli
belajar sebagai penjual yang memberikan kembalian ke pembeli

Cash Back adalah permainan jual-beli, ketika pemain memberi pelanggan uang kembalian yang benar menggunakan uang kertas dan koin.

Sebelum mulai bermain, pilih untuk menonton tutorial atau langsung bermain.
Pilih pengaturan yang ingin kalian mainkan termasuk tingkat kesulitan (mudah, sedang, atau sulit), petunjuk, dan jika kalian ingin menunjukkan jumlah uang kembalian.
Pilih tagihan dan koin yang diperlukan untuk berjumlah dengan benar ke jumlah perubahan pelanggan.
Ketuk tombol GIVE CHANGE.
Jawab sebanyak mungkin pertanyaan dengan benar sampai kalian kehabisan waktu.
Kalian dapat menjawab pertanyaan dengan berbagai kombinasi uang yang berbeda selama jumlah akhir total sesuai dengan waktu yang ditentukan.
Di akhir permainan, akan terlihat jumlah penjualan yang kita peroleh.

Contoh permainan dengan konsep bermain saham dan NFT

Permainan Money & Finance Games ini asyik dimainkan karena bikin penasaran. Apalagi pada jenis permainan yang dibatasi oleh waktu. Maka kita harus dapat berhitung cepat untuk mendapatkan poin yang tinggi.
Jenis permainan yang tak kalah seru dengan konsep baru yaitu bermain saham, Bitcoin, atau NFT perlu dipelajari terlebih dahulu aturan mainnya.
Masih ada lusinan pilihan permainan lain yang bisa kalian jumpai di mortgagecalculator.org video daring yang menyenangkan, gratis, dan bebas iklan untuk anak-anak dalam kategori berikut:

  • Game Real Estate: beli dan jual properti, buat kota LEGO yang berkembang pesat, dan bersihkan kekacauan atau kuman. Anda juga dapat membangun struktur yang stabil, atau menggunakan dinamit untuk meledakkan struktur.
  • Game Simulasi Bisnis Makanan: jalankan kedai kopi, toko kelontong, pertanian, atau restoran lain.
  • Game Simulasi Bisnis: membangun bisnis pertambangan, menjalankan toko perhiasan, menjadi penjual bunga, atau menjadi penguasa perusahaan.
  • Game Pengembangan Perangkat Lunak: Game STEM yang mengajarkan anak-anak tentang logika pengkodean bersama dengan cara perangkat lunak dibuat dan diuji, bersama dengan game idle clicker yang berfokus pada membangun bisnis startup yang sukses
  • Game Politik Kantor: game clicker ragdoll yang aneh dapat digunakan untuk menjelaskan persaingan internal, resolusi konflik & pembangunan tim, dan pelari tanpa akhir
  • Game Seru Lainnya: game favorit lainnya yang tidak cocok dengan salah satu kategori di atas – daur ulang, energi hijau, dan beberapa game terkait makanan

Nah, teman-teman itulah beberapa contoh kategori games di mortgagecalculator.org. Silakan memilih dan mencoba ratusan permainan di sana.

Semoga bermanfaat.

33 tanggapan pada “Cara Asik Belajar Finansial Melalui Money & Finance Games”

  1. Wah seru dan mendidik ya game nya mbak Hani. Saya mau coba juga ah. Apalagi nggak harus install ya. Jadi, hemat space dan pengguna lepi kaya aku bisa selingan hiburan tanpa pindah perangkat.

  2. Bener juga ya, belajar melalui game emang menarik. Nanti saya coba, menyesuaikan dengan ketertarikan anak yang berubah-ubah. Sekarang lagi seneng editing, udah lama nih blm bosen. Nanti coba kenalin ini ah, apalagi nggak harus download anak-anak pasti seneng karena nggak harus hapus aplikasi kesukaan mereka.

    Soalnya perjanjian di saya kalau mau nambah game harus hapus game lama yang nggak dimainkan lagi.

  3. Seru juga ya permainannya, aku baru tau malah ini ada game yang bisa bantu anak belajar ngitung uang dan belajar finance. Taunya monopoli aja udah dan anakku di rumah lagi keranjingan ngajak main monopoli terus, kayanya diajakin main online ini boleh juga nih.

  4. Saya juga suka main game keuangan dari mortgagecalculator.org/moneygames/
    Biasanya saya main bersama anak-anak sambil belajar tentang keuangan, cara belajar asik memang melalui game ya kalau anak sekarang

  5. Justru dari game seperti itu mereka bisa belajar dengan lebih baik. Saat santai dan bahagia ilmu mudah masuk ke otak. Simulasi yang menyenangkan memberi pengalaman nyata pada anak. Hmmm… Kalau dipake dengan benar game pun memberi manfaat, ya?

  6. Seru banget permainannya! Ini sih bukan cuma anak kecil. Orang dewasa juga bisa bersenang-senang ngegame di sini. Hitung-hitung refreshing dari kepenatan aktivitas sehari-hari.

  7. Wah banyak juga ya mba daftar permainan yang bisa dipilih. Dengan cara ini, mengenalkan anak pada konsep keuangan bisa dilakukan dengan menyenangkan!

    1. Fenni (rejekingalir.com)

      Nah ini bikin senengnya karena pilihan games nya yang banyak. Bisa jadi temen kala waktu senggang biar gak mumet

  8. Sekarang semakin mudah mengenalkan literasi keuangan kepada anak-anak ya, Mbak. Banyak game edukatif. Jadi anak-anak mudah memahami karena sambil bermain. Dan memang game monopoli itu jadi pelopornya

  9. Aiih seru banget yaa mbaaa gamenya. Andai aku bisa bikin game edukasi kayak gini jugaa wkkwwk tapi ga perlu repot bikin sih, udah ada di sini semua soalnyaa. jadi kangeen pengen main lagii

  10. Wah saya butuh money and finace games nih kayaknya. Dari kemarin-kemarin selalu ngeluh karena literasi keuangannya buruk. Sekarang waktunya belajar dan berlatih. Bisa sambil main money and finance game.

  11. Game itu gak selamanya berdampak buruk buat anak. Kalau game untuk belajar tentang financial gini malah bagus. Semakin mudah untuk mengajarkan literasi keuangan ke anak nih.

  12. Keren banget nih konsepnya. Bermain sekaligus belajar. Kalo lgsg pake uang beneran ya bs aja rugi tuh krn kita ngasal belanjain.

    Kalo pake uang mainan, kita bakalan tahu tuh kalo uangnya ga dipake sesuai peruntukan.

    Ahh pengen main game ini semuanya ahhh. Pasti seru.

  13. Finansial adalah pengetahuan yang nggak mudah. Sayangnya, kita harus paham benar soal ini. Biar keuangan kita bagus dan teratur.

    Oleh karena itu, pilih belajar finansial sambil main tuh pasti asyik dan mudah pahamnya.

  14. Untuk melek keuangan mengenalkan dan mengajarkan tentang uang dan keuangan kepada anak sejak dini penting banget… Menarik nih, ternyata ada banyak media untuk mengenalkan terkait keuangan seperti monopoly ya.

  15. Permainan Grocery Cashier merupakan cara yang seru dan interaktif untuk membantu anak-anak belajar tentang matematika keuangan sejak dini. Dengan mempraktekkan keterampilan menambah dan mengurangi dalam situasi nyata, mereka dapat merasa lebih percaya diri dan terampil dalam mengelola uang di masa depan.

  16. Game yang kayak gini nih yang dibutuhin di rumah. Anak anak itu emang sulit sih kalau udah main game, tapi kaalau melatih menejemen dan untuk pengenalan ini game rekomendasi banget

  17. Saya juga pernah coba tuh maen game Cash Back di Money Finance games ini. Asli memang seru, ga kerasa lagi belajar tentang literasi finansial dasar kalau bentuknya dalam game gini. Anak-anak juga sepertinya bakal suka banget kalau sistemnya gini

  18. Aku sejak dulu nggak diajarin tentang konsep keuangan, eh pas gede jadi bingung. Untung ya sekarang serba mudah, ngenalin tentang keuangan bisa pakai game. Seru juga nih buat dimainkan sama keponakan.

  19. Setuju kak, kalau belajar finansial lewat game itu emang lebih menyenangkan dan aku suka tuh yang game kasir di mortgage calculator ini. Seru nyari kembaliannya

  20. Asiknya main di mortgagecalculator.org tuh websitenya aman banget gak ada pop-up iklan yang mengganggu dan ringan juga.. Gak perlu instal apps dan tarraaa.. bisa langsung dimainkan bersama si kecil dengan seru karena gamesnya edukatif.

  21. aplikasi ini benar-benar banyak manfaatnya. Anak-anak dan orang tua pasti senang memainkanya. Selain dapat hiburan juga dapat pelajaran tentang memange uang agar sesuai dengan fungsinya hihi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status