Lompat ke konten

ASUS ROG Phone 8 Series, Performa Tak Terkendali Content Creator

  • oleh
ASUS ROG Phone 8 Series, Performa Tak Terkendali Content Creator

Selepas purnabakti setahun yang lalu, untuk mengisi kegiatan selain ngeblog dan menulis buku, saya pun mulai belajar edit video. Sekarang ini ngeblog rasanya kurang, kalau hanya nulis-nulis doang. Harus pula disertai image kece, bagus lagi ada videonya yang ngelink ke artikelnya. Semua itu hal-hal baru bagi saya si generasi ke sekian di atas generasi Z yang lebih menguasai menggunakan gadget.

Ya iyalah gen Z itu sejak lahir sudah mengenal internet dan ponsel pintar. Sedangkan saya, becandanya adalah generasi mesin tik.

Selain itu, sesekali saya traveling bersama teman-teman kuliah atau ikut tour ditemani suami. Tentu saja harus ada dokumentasi yang jernih hasil jalan-jalan tersebut. Paling mudah memang mengabadikan setiap momen menggunakan HP saja. Tinggal ambil ponsel dari kantong, atur sudutnya, klik-klik, selesai. Kalau perlu selfie tipis-tipis.

Tak mau berlindung di balik kata “gaptek”, maka saya berusaha mempelajari menggunakan gadget, walaupun lebih lambat. Ikut kelas-kelas edit video yang menggunakan kecanggihan smart phone. Tapi ternyata semakin canggih aplikasi yang diinstall membutuhkan pula smart phone yang mumpuni. Terpaksa saya pakai 2 device untuk edit video, karena HP-nya ngelag.

belajar edit video
belajar edit video pakai 2 device, karena ngelag 🙁

Mencari ponsel yang awet dan ringan, baru-baru ini ASUS meluncurkan seri ROG Phone 8. Sudah tahu kan ROG (Republic of Gamers) adalah ponsel yang diciptakan khusus untuk para gamers.
Seperti kita ketahui smartphone gaming adalah jenis ponsel yang paling diincar untuk mendapatkan pengalaman ngegame yang lancar, kencang, dan tanpa ngelag. Spesifikasinya tentu saja harus prima.

Kalau buat ngegame saja aman, bayangan saya, buat edit video atau membuat dokumentasi hasil jalan-jalan, sepertinya tidak ada masalah.
Mari kita cek apa saja kelebihan ASUS ROG Phone 8 series ini ya…

More Than Just a Game

Ngegame yang dulunya dicaci, sekarang ini bahkan diakui banyak nilai positifnya. Dalam menggunakan ponsel ketika ngegame ini, seseorang harus fokus, cermat mengatur strategi, dan harus cepat memutuskan sesuatu.

Apalagi desain barunya lebih tipis 15% dibandingkan generasi sebelumnya dan daya tahannya pasti lebih dari perangkat ponsel yang selevel. Bagi gamers yang berdedikasi maka seri ROG Phone 8 tentunya sangat memikat untuk meningkatkan pengalaman mereka dalam mobile gaming.

Tetapi ASUS ROG Phone 8 ini, lebih dari sekadar permainan, lho. Ponsel premium ponselnya lebih ramping, lebih ringan, dan dirancang mudah digunakan oleh semua pengguna. Bisa nih, ponsel ini dipakai untuk streaming Youtube dan membuat konten traveling.

Ultra-bright Display

display asus rog phone 8
display ASUS ROG Phone 8, sumber: ASUS

Kelebihan lain dari ASUS ROG Phone 8 adalah memiliki layar AMOLED fleksibel 6.78” 165 Hz dan bezel ultra tipis 2500-nit dengan penyegaran adaptif LTPO.

Selain itu sistemnya dapat menyesuaikan untuk merefresh secara otomatis dari 1 hingga 120 Hz, tergantung pada tugas yang sedang dikerjakan untuk mengurangi konsumsi daya.

Kelebihan lainnya adalah mempunyai kecepatan sampling sentuh 720 Hz yang sangat halus. Cocok banget sat-set dipakai ngegame engga ngelag dan untuk ambil photo shot pun bisa langsung jadi.
Bagi gamers yang sering ngegame siang-siang, ternyata hal ini bisa dilakukan tanpa masalah, karena kecerahan tertinggi ditingkatkan menjadi 2500 nits.

ASUS bekerjasama dengan Pixelworks®, sebuah perusahaan pemrosesan visual terkemuka untuk mengatur akurasi warna, sehingga akan menampilkan hasil foto yang tak tertandingi.
Wah, jadi makin kepo saja nih saya. Ingin mencobanya untuk foto-foto kala traveling.

hasil foto ROG Phone 8
hasil foto malam hari ASUS ROG Phone 8, sumber: ASUS

Performa Pendinginan Efisien

snapdragon
Snapdragon® 8 Gen 3, sumber: ASUS

Bagi gamers boleh dibilang anti banget HP yang cepat panas sehingga ponsel jadi lemot dan ngelag, bisa-bisa kalah terus dong ngegamenya.

Istimewanya ASUS ROG Phone 8 ini performanya tak terkendali, yaitu menggunakan Snapdragon® 8 Gen 3, 8533 Mbps LPDDR5X RAM, UFS 4.0 yang melampaui pesaing di kelasnya.

Cara kerjanya, Hp ini dilengkapi dengan Rapid-Cooling Conductor revolusioner yang merupakan bagian dari kecanggihan desain termal GameCool 8, sehingga akan mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang.

Berita baiknya lagi, ROG Phone 8 adalah ponsel gaming pertama di dunia yang memilki IP68. yang dibuat untuk tahan terhadap debu dan air. Ini pas banget untuk iklim tropis kita yang lembab dan berdebu.

Saya jadi ingat waktu tahun lalu ke Lombok, hop-on hop off tour dari pulau ke pulau takut banget HP kena air, hingga harus dimasukkan kantong plastik. Memudahkan banget kalau jalan-jalan pakai ROG Phone 8 ya…

AI Kamera Tingkat Pro

gimbal stabilizer
gimbal stabilizer ASUS ROG Phone 8, sumber: ASUS

Terima kasih buat ASUS ROG Phone 8 yang mengeluarkan desain ponsel bukan hanya untuk gamers, tetapi juga buat streamer dan content creator.

Mereka ini perlu AI kamera tingkat Pro yang kamera utamanya Sony 50 MP dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0; 13 MP ultrawide yang memiliki lensa bebas. Dilengkapi pula dengan 32 MP telephoto dengan 3X optical zoom, artinya bisa mengambil objek dari jauh setara dengan camera profesional.

Lensa yang dilengkapi dengan OIS internal ini memberikan hasil yang jernih dan tajam, bahkan dalam kondisi minim cahaya dengan mode Night Photography.
Lengkap banget kan, engga perlu bawa-bawa stabilizer, kita bisa streaming sambil jalan kaki tanpa goyang, baik siang maupun malam hari.

Selain itu, teknologi OZO Audio memberi pengguna pilihan untuk menghilangkan suara angin untuk rekaman luar ruangan yang jernih, atau menangkap 3D Surround spatial audio dengan ketepatan tinggi.

Fitur yang Disempurnakan AI

Sekarang zamannya serba AI (artificial intelligence) yang merambah di segala bidang. Dalam dunia penulisan kita mengenal Chat GPT dan Gemini. Bahkan Gemini dilengkapi pula dengan fitur mengolah image.

Nah, ROG Phone 8 Series ini fitur-fiturnya disempurnakan dengan AI, supaya gamers bisa tetap bermain dengan mengalihkan mode ke latarbelakang (background mode). Fungsinya untuk menangkap moment penting dengan X-Capture dan menangkap text dengan X-Sense.
Dilengkapi pula dengan AI Grabber kini juga dapat mengambil teks langsung dari game menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition.

Fitur-fitur penting lainnya adalah AI Noise Cancellation, AI Wallpaper, dan Semantic Search untuk gaya hidup.

AniMe Vision

light macro
AniMe Vision, sumber: ASUS

AniMe Vision adalah fitur pencahayaan mini-LED yang terletak dicasing belakang ponsel yang dapat diprogram dengan 341 LED, yaitu layar yang dapat menampilkan animasi yang telah diatur atau dibuat oleh penggunanya.
Seri ROG Phone 8 terbaru ini memiliki elemen unik, termauk logo Aura RGB Lighting (ROG Phone 8) yang memungkinkan penggunanya berkreasi maksimal.

Inilah tabel spesifikasi lengkap dari ROG Phone 8 Series yang bisa kalian cek satu per satu kelebihan ponsel gaming andalan ini.

tabel ASUS ROG Phone 8
tabel spesifikasi ASUS ROG Phone 8
hasil kamera ASUS ROG Phone 8 Series, setajam ini!, sumber: ASUS

ASUS ROG Phone 8 Series ini benar-benar ponsel yang serba bisa dan layak diincar semua kalangan. Gamers, streamer, content creator, tua-muda, termasuk saya yang semangat sedang mempelajari hal-hal baru. Sebagai generasi yang tidak ingin membebani generasi di bawah saya, HP ini cocok buat kalian yang engga mau dibilang generasi “gaptek”.

Nah, kira-kira berapa ya harga ASUS ROG Phone 8 Series ini? Pantengin terus artikel ini dan media sosial @asusorg.id, karena dalam waktu dekat akan segera launching.

Engga sabar kan?

Ternyata ada berita terbaru, bahwa ASUS ROG Phone 8 Series akan diluncurkan secara offline tanggal 20 Maret 2024, di FX Sudirman. Setelah peluncuran, para penggemar ROG Phone 8 dapat mengunjungi booth yang tersedia untuk menjadi salah satu yang pertama merasakan pengalaman menggunakan ROG Phone 8 Series.

Lewat kolaborasi bersama dengan PUBG Mobile, ROG menyelenggarakan event launching ROG Phone 8 bersamaan dengan 6th Anniversary atau perayaan ulang tahun ke-6 dari PUBG Mobile yang juga bertepatan dengan peluncuran update terbaru PUBG Mobile Versi 3.1: Skyhigh Spectacle.

Akan ada banyak acara menarik dalam peluncuran ini antara lain : PMIC (PUBG Mobile Influencer Championship), Jawara Tournament By Tangerang Community, WOW Tournament, Cosplay Competition, kehadiran guest star spesial BTR Ryzen, BTR7 dan Coach Justin, juga terdapat Giveaway berhadiah ROG Phone 8 dan banyak quiz lainnya!

ketajaman ASUS ROG Phone 8 bahkan kondisi 100% crop saat launching, 20 Maret 2024

Harga & Ketersediaan ROG Phone 8

  • ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black – Rp10.999.000
  • ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey – Rp10.999.000
  • ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black – Rp14.999.000
  • ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black – Rp19.999.000

Promo ROG Phone 8

First Sale Promo

  • Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp10.999.000.
    Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS
  • Offline dan Online.
    Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store
    Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

Consumer Launch Sales Promo

  • Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp10.999.000.
  • Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG Phone 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Maret hingga 23 Maret 2024.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status