Lompat ke konten

5 Buah-buahan Pantangan Bagi Penderita Diabetes

  • oleh
durian

Buah-buahan merupakan makanan sehat. Tetapi ada jenis buah-buahan pantangan bagi penderita diabetes, karena kandungan gulanya sangat tinggi. Diabetes merupakan penyakit kronis, sekarang ini sebaran usianya bahkan mulai dari kelompok anak-anak hingga orang dewasa. Diabetes yang tidak terkendali memiliki konsekuensi cukup serius.

Hal tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit komplikasi seperti: penyakit jantung, penyakit ginjal, sampai kepada kebutaan.

Penyakit diabetes tidak bisa disembuhkan, tetapi dapat dikontrol dengan baik selama kalian menjaga pola makan dan pola hidup sehat. Salah satu cara mengontrol gula darah yaitu dengan memerhatipan apa saja pantangan bagi diabetes, seperti makanan manis atau buah dan sayur yang mengandung gula tinggi.

Penderita diabetes harus benar-benar memperhatikan asupan makan yang dikonsumsi setiap hari. Makanan terlalu manis seperti kue, permen dan soda merupakan makanan yang harus dihindari bagi penderita diabetes.

Namun tahukah Anda? Makanan yang terlihat sehat, seperti buah jenis tertentu juga termasuk kedalam makanan yang harus dihindari pada penderita diabetes.

5 Buah-buahan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Buah merupakan makanan yang sehat akan tetapi ada beberapa diantaranya yang mempunyai kadar gula sangat tinggi. Penderita diabetes harus menghindari mengonsumsi buah tersebut.

Lantas apa saja sih jenis buah yang harus dihindari pada penderita diabetes? Mari simak artikel berikut untuk mengetahui jenis buah yang harus dihindari pada penderita diabetes!

Durian

durian
Gambar 1. Buah Durian (Sumber: Canva)

Buah pertama yang tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes adalah buah durian. 100 gram daging durian terdapat 27 gram karbohidrat, 147 kkal, serta 5 gram lemak.

Penderita diabetes yang mengonsumsi buah durian dapat meningkatkan kadar gula darah secara mendadak. Sindrom Hiperglikemia Hiperosmolar Diabetic akan terpicu jika durian dikonsumsi dalam jangka panjang. Hal ini sangat fatal bagi tubuh.

Sindrom Hiperglikemia Hiperosmolar Diabetic yaitu pengentalan darah pada penderita diabetes karena tingginya kadar gula darah dalam tubuh.

Pada fase tersebut tubuh akan mengeluarkan kelebihan gula darah melalui urin sehingga menyebabkan kalian selalu merasa haus. Apabila gejala ini dibiarkan akan berdampak buruk pada penderita hingga mengalami kematian.

Ceri

ceri
Gambar 2. Buah Ceri (Sumber: Canva)

Ceri merupakan buah manis yang memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi. Buah ceri merupakan buah yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Walaupun ceri tidak tumbuh di Indonesia, buah-buahan ini sering tersedia di beberapa supermarket.

Dalam 1 cangkir ceri manis mengandung 25 gram karbohidrat setara dengan 6 sendok teh gula. Jumlah karbohidrat tersebut dapat menaikkan kadar gula darah secara drastis.

Semangka

semangka
Gambar 3. Semangka (Sumber: Canva)

Buah selanjutnya yang tidak boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes adalah buah semangka. Semangka memiliki rasa yang manis dan sangat enak.

Namun, buah semangka memiliki angka glikemik yang sangat tinggi yaitu 76, sehingga mengandung kadar gula yang tinggi. Maka dari itu bagi penderita diabetes akut tidak disarankan untuk mengonsumsi buah tersebut.

Nanas

nanas
Gambar 4. Buah Nanas ( Sumber: canva)

Buah yang tidak boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes selanjutnya yaitu nanas. Nanas memiliki indeks glikemik yang tinggi, dimana dalam 150 gram nanas terdapat 15 gram gula dan 19 gram karbohidrat.

Sehingga tidak baik jika teman-teman yang memiliki gula darah yang tinggi mengonsusmsi buah nanas.

Mangga

5 Buah-buahan Pantangan Bagi Penderita Diabetes
Gambar 5. mangga (Sumber: canva)

Buah yang tidak boleh dikonsumsi pada penderita diabetes selanjutnya yaitu buah mangga. Buah yang berwarna kuning dan memiliki rasa manis ini memiliki kandungan gula tinggi. 100 gram mangga terdapat 14 gram gula yang dapat memperburuk keseimbangan gula darah.
Kandungan gula dan kalori yang terdapat pada mangga dapat menaikkan kadar gula darah menurut Pengurus Besar Persatuan Diabetes Indonesia (PB PERSADIA). Sehingga penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya.

Nah, teman-teman, demikian 5 macam buah-buahan pantangan bagi penderita diabetes. Mulai dari buah mangga, ceri, nanas, durian dan semangka. Tidak berarti penderita diabetes harus berhenti mengonsumsi buah-buahan, tetapi lebih baik pilih buah-buahan yang dapat menetralisir gula darah Anda.

Jika ingin mengobati diabetes secara alami dan optimal, kalian bisa juga mengonsumsi ramuan herbal Bio Insuleaf yang tidak memiliki efek samping dan bisa dikonsumsi dari umur 5 sampai 60 tahun.

Bio Insuleaf bisa dipesan melalui halaman Instagram @bioinsuleaf.official. Selain itu juga bisa memesan di marketplace Tokopedia Bio Insuleaf dan Shopee Bio Insuleaf.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status